Dirilis

19 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam dunia usaha, ketika Anda memiliki satu usaha yang sudah berada dalam tingkat yang cukup stabil dan sukses, maka ekspansi pasar adalah kegiatan yang bisa dilakukan. Dengan melakukan ekspansi pasar, maka usaha yang Anda jalankan berpotensi mendapatkan pasar baru untuk memasarkan produknya. Hasilnya, usaha yang dimiliki bisa lebih berkembang dan besar. Inilah pengertian ekspansi pasar dan cara melakukannya untuk usaha.


Pengertian Ekspansi Pasar 


Jika dilihat dari asal katanya, ekspansi adalah kegiatan untuk memperluas suatu hal. Jadi,, ekspansi pasar adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan ataupun pengusaha dalam rangka memperluas pasar baru bagi produknya. Ekspansi pasar ini biasanya dilakukan pada daerah atau area geografis baru sehingga diharapkan konsumen di tempat tersebut bisa mengenal produk yang ditawarkan. 

Ekspansi pasar adalah suatu strategi yang sangat penting untuk perusahaan agar tetap tumbuh dan berkembang. Dengan memasuki pasar baru, maka diharapkan jumlah pembeli potensial perusahaan menjadi bertambah dan memungkinkan perusahaan mendapatkan lebih banyak pendapatan. 


Strategi dan Cara Melakukan Ekspansi Pasar


Mengingat menambah pasar baru bagi produk Anda bukanlah hal yang mudah sebaiknya ketahui dulu bagaimana strategi untuk melakukannya sebagai berikut ini.


1. Rencanakan dengan Matang

Segala hal berkaitan dengan usaha Anda sebaiknya dilakukan melalui pemikiran yang matang sehingga tidak ada salah perhitungan nantinya. Begitu juga kalau ingin melakukan ekspansi pasar, buatlah rencana sematang mungkin. Lihat bagaimana kondisi usaha saat ini apakah potensi mendapatkan keuntungannya besar apabila melakukan ekspansi pasar. 

Buatlah analisa terlebih dahulu apakah perusahaan memang sudah berada dalam taraf yang stabil dan matang untuk berekspansi. Jangan lakukan ekspansi pasar dulu kalau usaha Anda sedang sulit atau lebih sering rugi. Kuatkan dulu pasar Anda saat ini baru lakukan ekspansi.


2. Aktif Melakukan Promosi

Ketika melakukan ekspansi pasar produk yang Anda tawarkan bisa jadi sama kualitasnya dengan yang sebelumnya atau malah lebih bagus. Namun sebagus apapun produk yang ditawarkan kalau tanpa disertai promosi hanya akan percuma saja.

Tunjukkan pada konsumen apa kelebihan produk Anda tersebut dan mengapa mereka harus membelinya. Buat konsumen percaya bahwa produk Anda layak untuk dibeli dan digunakan. Lakukan promosi sesering mungkin agar konsumen merasa yakin untuk membelinya.


3. Cari Target Pasar yang Baru

Apa yang harus dilakukan ekspansi pasar? Yang jelas Anda harus mencari dulu potensi target pasar baru untuk produk Anda. Setelah jelas mendapatkan target pasar yang akan dibidik barulah Anda lakukan ekspansi pasar. Target pasar baru bisa sama dengan yang sebelumnya atau memilih kalangan yang berbeda. Begitu juga dengan jenis produknya, bisa memperluas pasar menggunakan produk lama ataupun produk baru. Semua disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan.


4. Analisa Pasar Sasaran 

Setelah menentukan target pasar yang baru, maka analisa pasar tersebut. Analisis dengan matang bagaimana tingkat pertumbuhan pasar, pesaing, potensi keuntungan, dan hambatan apa yang sekiranya bisa menghambat proses ekspansi pasar nantinya. Dengan analisa yang lengkap dan matang, proses ekspansi bisa dilakukan dengan lebih lengkap. 


5. Membuka Cabang

Menjangkau konsumen baru bisa dilakukan dengan membuka cabang di tempat lain, entah di dalam maupun luar kota. Cabang di kota yang sama biasanya berfungsi untuk menunjang pelayanan di tempat utama. Sedangkan cabang yang dibuka di kota lain adalah bentuk ekspansi pasar yang sesungguhnya dimana Anda akan mendapatkan konsumen baru.


6. Melakukan Kerja Sama

Ekspansi pasar bisa dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain, baik perorangan maupun perusahaan lainnya. Kerjasama akan memudahkan Anda mencari peluang pasar yang baru terlebih lagi jika sebelumnya Anda belum berpengalaman di bidang tersebut.

Itulah pengertian dan cara melakukan ekspansi pasar. Ekspansi pasar adalah bagian dari strategi usaha yanDiolah dari Berbagai Sumber
g sebaiknya dipertimbangkan dulu secara matang dan tepat. Jika perencanaan untuk ekspansi pasar dilakukan secara tepat dan akurat potensi kerugian bisa diminimalisir dan keuntungan yang didapatkan lebih besar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara melakukan perluasan pasar yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber
 

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS