Dirilis

25 November 2021

Penulis

Wulan

Menjadi trader banyak dijalani oleh orang zaman sekarang karena menjanjikan keuntungan yang cepat. Trader adalah seseorang yang membeli dan menjual instrumen investasi melalui pasar modal. Trader sendiri berasal dari kata trading yang berarti perdagangan sehingga prinsipnya tidak jauh dari kegiatan jual beli pada umumnya. Saat harga turun akan dibeli dan ketika naik maka mereka akan menjualnya.

Memang terlihat mudah dan sederhana namun sebenarnya profesi trader tidaklah sepele. Bukan hanya asal beli dan jual lagi, seorang trader harus juga memahami tentang perhitungan risiko agar bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Kemampuan analisa risiko yang bagus membantu trader mendapatkan keuntungan tinggi.
 

Pengertian dan Risiko Trader


Seperti disebutkan di atas bahwa pengertian dari trader adalah seseorang yang melakukan aktivitas jual beli berbagai instrumen investasi. Seorang trader biasa melakukan transaksi jual beli instrumen investasi seperti saham misalnya dalam hitungan jam saja dengan memperhatikan fluktuasi harganya di pasar modal.

Trader bisa saja membeli saham pada pagi hari dan menjualnya lagi sore hari ketika harganya mengalami kenaikan. Seorang trader tidak bertujuan untuk mendapatkan return jangka panjang melainkan hanya mencari keuntungan dari selisih harga saat membeli instrumen investasi dan harga ketika menjualnya lagi.

Risiko yang paling umum dihadapi oleh trader adalah harga instrumen investasi seperti saham yang relatif fluktuatif atau naik turun. Harga saham bisa saja bergerak sangat cepat dalam hitungan jam saja dan jika tidak dianalisis dengan baik trader bisa saja mengalami kerugian karena penurunan harga yang tajam. Untuk memperkecil risiko tersebut biasanya trader melakukan diversifikasi atau membeli instrumen investasi yang berbeda misalnya reksa dana dan saham.

Tips dan Cara Menjadi Trader Sukses


Anda berminat untuk menjadi seorang trader? Keuntungan yang cukup besar bisa saja Anda dapatkan dengan menjadi trader namun pahami dulu bagaimana cara yang tepat. Inilah beberapa tips dan cara untuk menjadi trader sukses.
 

1. Bekali Diri dengan Pengetahuan Trading

Langkah pertama untuk bisa sukses menjadi seorang trader tentu saja memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Jadi sebelum menjadi trader bekali diri lebih dulu dengan pengetahuan tentang trading itu sendiri. Pahami bagaimana cara kerjanya dan apa saja resikonya. Pastikan Anda belajar tentang trading dari sumber yang benar.
 

2. Pilih Instrumen yang Tepat

Meskipun bisa mendapatkan keuntungan besar dalam jangka waktu singkat tapi resiko kerugiannya juga cukup besar. Kecuali Anda sudah tepat dalam memilih instrumen investasinya. Berbagai instrumen investasi biasa dilirik oleh para trader yaitu saham, reksa dana, forex, emas dan indeks. Bagi trader pemula sebaiknya mulai saja dengan produk investasi berupa saham.
 

3. Memilih Broker yang Tepat

Sukses tidaknya trader juga dipengaruhi oleh broker yang dipilihnya. Puluhan bahkan ratusan broker yang bisa ditemukan namun pastikan Anda memilih yang telah memiliki reputasi bagus bukan abal-abal. Lihat apakah broker tersebut sudah legal dan terdaftar di OJK atau belum. Tentu saja Anda harus memilih yang legal untuk menghindari penipuan.
 

4. Mulai dengan Modal Kecil Dulu

Sangat tidak disarankan mempertaruhkan terlalu banyak uang pada trading apalagi kalau Anda masih pemula. Mulai saja dulu dengan modal yang tidak terlalu besar dan pilih instrumen investasi yang harganya mahal.

Modal yang besar belum menjamin keuntungan besar kalau Anda tidak jeli melihat peluang dan melakukan analisa. Sebaliknya dengan modal kecil Anda juga bisa mendapatkan keuntungan besar kalau sangat paham dengan cara kerja dan risiko trader.

Dari informasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa trader adalah orang yang melakukan jual beli instrumen investasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Meski bisa mendatangkan keuntungan, namun perlu dipahami juga mengenai resiko dari trading. Maka dari itu, selalu pastikan sudah memahami betul seputar trading dan manajemen resikonya sebelum menjadi trader. Anda bisa berkonsultasi pada perencana keuangan Daya.id seputar investasi dan trading selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS