Dirilis

11 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bisnis furniture atau mebel adalah salah satu jenis bisnis yang memiliki potensi sangat menjanjikan untuk dijalani. Kebutuhan masyarakat akan berbagai produk mebel atau furniture membuat bisnis ini tidak akan pernah kehilangan pasarnya. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika bisnis yang satu ini juga membutuhkan modal yang tidak sedikit dan persaingan yang ketat.

Persaingan yang tinggi dalam bisnis ini membuat Anda harus pandai mencari strategi dan persiapan yang matang sebelum memutuskan terjun ke bisnis furniture ini. Tanpa strategi dan persiapan yang matang, bisnis yang Anda rintis bisa saja gagal memenangkan persaingan dan menembus pasar. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis mebel ini?


 

Cara Memulai Bisnis Furniture dengan Langkah Cerdas dan Tepat Sasaran

Supaya hasil dari bisnis furniture ini bisa berjalan dengan sukses dan keuntungan yang tinggi, maka Anda hanya perlu menerapkan langkah cerdas berikut ini dengan benar:

 

1. Menyusun Rencana dengan Matang

Bisnis apapun yang dijalankan, harus diawali dengan rencana yang tepat. Begitu juga ketika Anda akan memulai bisnis furniture tersebut. Dengan rencana yang tepat maka segala hal yang Anda lakukan di awal akan membantu Anda untuk mengambil keputusan penting di tengah perjalanan dalam membangun bisnis.  Maka susun rencana dengan baik agar Anda bisa memulai bisnis mebel dengan segala persiapan yang sangat matang.

 

2. Menentukan Target Pasar

menentukan target pasar bisnis furniture
Anda juga harus tahu siapa target pasar yang cocok untuk bisnis mebel tersebut. Misalnya skala rumah tangga atau perorangan, perusahaan jasa, dan sebagainya. Dengan menentukan target pasar di awal maka hal itu akan mempengaruhi persiapan lainnya dalam memulai bisnis mebel itu. Anda juga akan memilih lokasi dengan mudah jika target pasarnya jelas. Target pasar yang pas dan jelas sangat berpotensi baik dalam suatu bisnis.


 

3. Memiliki Lokasi Strategis

Lokasi juga hampir selalu menjadi penentu kesuksesan bisnis yang tak boleh diabaikan. Maka pilihlah lokasi yang strategis supaya peluang suksesnya pun semakin besar. Tingkat persaingan bisnis yang harus Anda hadapi di lokasi yang dipilih nantinya juga bisa menjadi pertimbangan. Semakin baik peluang bisnisnya maka bisnis itu akan semakin berkembang.

 

4. Menyiapkan Modal yang Cukup

menentukan target pasar bisnis furniture
Dalam menjalankan bisnis mebel ini, memang memerlukan modal yang besar. Tapi hal itu bisa disesuaikan dengan skala bisnis yang dijalankan saat itu. Maka siapkanlah modal yang cukup sehingga Anda tak harus menghadapi masalah keuangan di awal menjalankan bisnis mebel tersebut.


 

5. Menerapkan Sistem dan Strategi yang Tepat

Terapkan juga sistem kerja yang tepat di dalam bisnis supaya bisnis bisa berjalan dengan baik. Hal itu akan sangat memudahkan Anda ketika menjalankan bisnis di awal. Gunakan juga strategi bisnis yang tepat dan bisa membantu meraih angka penjualan maksimal dalam bisnis tersebut.

 

6. Menjaga Kualitas Produk

Pastikan Anda selalu bisa menjaga kualitas produk agar bisa memenangkan persaingan yang ketat dalam bidang furniture. Selalu produksi barang mebel atau produk furniture yang memang berkualitas dan awet. Produk yang berkualitas ini akan membuat para konsumen loyal dan Anda bisa menjalin kerjasama yang baik dengan mereka.

Itulah beberapa cara memulai bisnis furniture atau mebel yang bisa dilakukan. Pada dasarnya, bisnis ini memang potensial, namun juga membutuhkan modal dan persiapan yang matang untuk benar-benar terjun di dalamnya. Diharapkan berbagai langkah memulai bisnis mebel diatas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis ini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai bisnis ini.

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan bekal dan pengetahuan yang matang untuk menjalankan usaha ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS