Dirilis

20 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi makanan lezat, seperti pisang goreng. Salah satu usaha dibidang kuliner yang cukup mudah dijalankan dan membutuhkan modal kecil adalah usaha jualan pisang goreng. Lalu, bagaimana cara memulai usaha pisang ini?

Cara Memulai Usaha Jualan Pisang Goreng dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, inilah cara memulainya:

1. Siapkan Modal dan Pilih Bahan Baku yang Berkualitas

usaha jualan pisang
Langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Modal ini nantinya akan Anda gunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, dan biaya lainnya. Inilah rincian modal usaha yang bisa dijadikan referensi saat akan membuka usaha ini:

Biaya sewa tempat                          Rp     300.000
Beli peralatan                                  Rp  1.000.000
Beli perlengkapan                            Rp     500.000
Beli pisang                                      Rp       30.000
Beli bahan-bahan                             Rp     100.000
Bayar listrik dan air                           Rp       70.000
Biaya promosi                                  Rp     200.000
Total                                            Rp  2.200.000

Jadi, kisaran modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sebesar Rp. 2.200.000. Namun, jumlah ini bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada harga bahan-bahan dan peralatan yang nantinya Anda beli. Tidak hanya itu, dalam menjalankan usaha ini Anda juga harus memperhatikan bahan baku yang digunakan.

Gunakan bahan baku yang berkualitas dan memilih buah pisang yang masih fresh. Menggunakan bahan baku seperti ini akan membuat cita rasa pisang goreng menjadi lebih enak dan lezat sehingga mendatangkan banyak pembeli. Selain pisang, bahan baku lain yang dibutuhkan yaitu tepung terigu, gula pasir, minyak goreng, garam dan sebagainya. Dengan bahan baku yang berkualitas, olahan pisang yang Anda buat bisa menjadi lebih enak.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Keberadaan peralatan ini akan membuat proses produksi pisang goreng bisa berjalan secara efektif dan efisien. Adapun beberapa peralatan yang harus dipersiapkan yaitu etalase jualan. kompor, tabung gas, wajan untuk menggoreng, spatula, peniris minyak, nampan, talenan, baskom dan peralatan lainnya.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

siapkan modal usaha jualan pisang
Sebenarnya usaha jualan pisang goreng merupakan usaha skala rumahan. Artinya usaha ini bisa dibuka di rumah. Namun, jika Anda ingin mencari lokasi lain juga tidak masalah. Akan tetapi, pemilihan lokasi tidak bisa dilakukan sembarangan karena pemilihan lokasi yang tepat bisa meningkatkan omset yang didapatkan.

Anda disarankan untuk memilih lokasi yang strategis, ramai dan mudah dijangkau. Contohnya seperti di dekat jalan raya, dekat sekolahan, dekat rumah sakit, taman kota dan sebagainya. Dengan memilih lokasi yang strategis, potensi ramainya pembeli juga menjadi semakin besar.

4. Lakukan Inovasi Pada Olahan Pisang Goreng

Usaha satu ini sangat menjanjikan sehingga banyak orang memanfaatkan peluang tersebut untuk menjalankannya. Kondisi ini kemudian membuat persaingan antar penjual pisang goreng menjadi ketat. Maka dari itu, supaya usaha Anda bisa diminati banyak pembeli sebaiknya lakukan inovasi.

Anda bisa membuat inovasi dengan menghadirkan menu-menu unik. Misalnya Anda menjual pisang goreng aneka rasa pada tepung pisang atau pada pilihan topping pisang. Rasa yang bisa digunakan seperti blueberry, cappuccino, tiramisu, green tea atau keju. Dengan inovasi ini, olahan pisang Anda bisa tampil beda dan menarik perhatian pembeli.

5.  Gencar Melakukan Promosi

Dalam menjalankan usaha ini tidak cukup hanya dengan menjual pisang goreng dengan cita rasa yang enak dan lezat saja, melainkan juga membutuhkan promosi. Promosi ini dilakukan supaya usaha yang Anda jalankan bisa dikenal banyak orang sehingga mendatangkan banyak konsumen. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Selain itu, Anda juga bisa menyebar brosur, memasang banner atau spanduk.

Nah itulah informasi tentang cara memulai usaha jualan pisang dengan modal kecil. Pada dasarnya, usaha ini punya peluang yang sangat bagus untuk dijalankan. Tinggal bagaimana Anda mempersiapkan jalannya usaha agar bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS