Dirilis

18 Maret 2021

Salah satu ide usaha bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan, sekaligus bisa menyalurkan hobi membuat pernak-pernik adalah usaha souvenir. Membuat dan menjual souvenir memang memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terutama jika Anda yang memang tinggal di kawasan wisata.
Souvenir juga tidak hanya diidentikkan dengan oleh-oleh saja, melainkan juga bisa menjadi buah tangan saat ada berbagai acara besar. Kebanyakan untuk event-event khusus dan spesial seperti pernikahan, sebagai oleh-oleh, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana langkah-langkah dalam menjalankan usaha ini? Mari kita bahas pada kesempatan kali ini.

Tips Memulai Usaha Souvenir untuk Pemula

Bagi Anda yang menaruh minat dan ingin menjalankan usaha souvenir, berikut tips yang dapat diaplikasikan, yaitu:

1. Tentukan Jenis Produk

menentukan souvenir yang akan dijual
Karena souvenir sendiri ada segudang jenis mauun tipe, sebaiknya Anda segera menentukan produk yang akan dijual tersebut. Anda bisa memulai dengan survey kebutuhan dan minat pasar, kemudian mencari supplier yang memiliki produk tersebut dan cocok untuk diajak kerjasama. Atau mungkin jika Anda memang memiliki keahlian khusus untuk membuat sebuah souvenir yang unik, langkah usaha tersebut bisa kita mulai dari sini.

2. Menyiapkan Modal

Langkah usaha souvenir berikutnya yang juga merupakan syarat beberapa bisnis lainnya adalah modal. Modal itu sendiri bisa disesuaikan dengan anggaran kita atau bisa berdasarkan budget yang ada. Bagi Anda yang memiliki passion dan keahlian di bidang ini, maka keahlian tersebut pun dapat menjadi modal utama.

3. Membuat Perencanaan Usaha

buat perencanaan usaha souvenir

Salah satu bagian penting dari mengawali sebuah usaha adalah membuat perencanaan usaha. Berbagai hal bisa kita siapkan sebagai trik sukses memulai bisnis. Beberapa poin yang bisa kita siapkan adalah:

-    Penjelasan inti atau garis besar usaha
-    Membuat analisa pesaing
-    Menghitung budgeting
-    Perencanaan operasional dan manajerial
-    Dan berbagai strategi usaha lainnya.

4. Menentukan Lokasi

Salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan dalam sebuah usaha adalah lokasi. Jika memang kita memiliki biaya yang cukup untuk menyewa lokasi tertentu, sebaiknya pilihlah tempat yang strategis, mudah dilihat dan dijangkau konsumen atau berdekatan dengan bisnis pendukung lainnya. Seperti lokasi rias pengantin, wo atau pusat oleh-oleh.
Namun sebetulnya, usaha souvenir ini pun dapat kita mulai dari rumah, bahkan memanfaatkan sosial media pun bisa, artinya kita akan berjualan by order atau hanya jika ada pesanan.

5. Eksekusi

Langkah berikutnya adalah kita mulai menjalankan bisnis tersebut. Pada saat eksekusi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

a.    Membeli atau Menyiapkan Bahan Baku

Saat pelaksanaan, kita bisa memulai dengan membeli bahan souvenir dari supplier atau membeli bahan baku untuk dibuat souvenir. Setelah dibeli, tentu saja bisa langsung dibuat dan disiapkan supaya bisa segera dipasarkan.

b.    Mempertimbangkan Jumlah dan Harga

Langkah awal adalah memperhitungkan serta menyiapkan berapa kiranya kita dapat memproduksi atau memesan souvenir tersebut, kemudian hitunglah harga beli ataupun HPP bagi yang memproduksi sendiri, untuk kemudian kita menentukan margin dan harga jualnya. Jadi, dengan begitu Anda bisa mengetahui harga jual yang pas untuk produk Anda.

c.    Strategi Pemasaran

Tips usaha souvenir berikutnya adalah tentang menyusun strategi promosi. Bagaimana agar bisnis kita diketahui dan dipilih oleh calon konsumen. Pertama, kita bisa mengedepankan value atau sesuatu yang unik dari produk yang dijual.
Kedua, kita bisa mulai memasarkannya melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, bahkan menggunakan Ads, endorse influencer dan lain sebagainya. Atau berikutnya, kita pun dapat memasarkan melalui offline seperti cetak brosur, spanduk dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara memulai usaha souvenir dari awal untuk para pemula. Usaha ini memang memiliki peluang yang besar untuk dijalankan. Hanya saja, memang dibutuhkan persiapan, trik, strategi, dan teknik yang tepat agar usaha bisa berjalan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id sebelum memulai usaha ini. Dengan begitu, Anda bisa melakukan persiapan usaha dengan lebih matang.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikelola dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS