Dirilis

09 November 2023

Penulis

Januar Rusdianto

Saat ini kita sudah masuk di kuartal akhir 2023. Sebagian Anda tentu sudah mulai melakukan evaluasi usaha 2023 dan menyiapkan strategi usaha 2024. Tapi, jika Anda belum melakukannya, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam melakukan evaluasi usaha akhir tahun.
Anda bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan, penjualan produk, kepuasan pelanggan, perkembangan pasar, sumber daya manusia, dan persaingan usaha.

 

Evaluasi Usaha Akhir Tahun

Sebagai pelaku usaha, sudah seharusnya Anda melakukan evaluasi usaha pada akhir tahun. Tujuannya agar Anda mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan usaha Anda, dan Anda punya dasar untuk bersiap menghadapi tantangan usaha tahun depan.
Evaluasi dalam usaha bisa dilakukan dengan melihat beberapa hal.

 

1.    Kinerja keuangan 


Hal pertama yang perlu Anda lihat dalam melakukan evaluasi usaha adalah melihat kinerja keuangan usaha. Dalam melakukan evaluasi kinerja keuangan ini, Anda bisa melihat laporan keuangan usaha. 

  • Pertama: membaca, memahami, dan mengevaluasi laporan rugi laba. Laporan rugi laba memberikan informasi keuangan Anda dalam periode waktu tertentu. Dalam laporan ini, Anda bisa melihat jumlah keuntungan atau kerugian, pendapatan, pengeluaran dan beban lainnya. Lihatlah perkembangan rugi laba usaha Anda dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun. Jika terus menurun, Anda perlu segera mencari tahu secara rinci penyebab terjadinya penurunan. 
  • Kedua: Melihat perubahan modal. Dalam melihat perubahan modal usaha Anda perlu mengevaluasi jumlah modal awal, tambahan investasi, laba rugi yang dihasilkan dan jumlah modal yang ditarik. Dengan melakukan evaluasi terhadap perubahan modal ini akan membuat Anda dapat mengetahui kondisi modal yang sebenarnya dan bisa mengetahui apakah usaha Anda maju atau tidak. 
  • Selanjutnya Anda bisa melakukan evaluasi terhadap arus kas. Laporan arus kas akan dalam satu periode tertentu akan membuat Anda bisa melihat prediksi dari kas usaha Anda ke depannya. Anda bisa melihat arus dari kas pendapatan dan kas pengeluaran, jika cendrung menurun maka Anda perlu melakukan evaluasi dan membuat strategi untuk memperbaiki arus kas di kemudian hari. 


 

2.    Penjualan produk 

Hal kedua yang perlu Anda lakukan dalam melakuan evaluasi usaha adalah melakukan evaluasi terhadap tercapai atau tidaknya target penjualan produk dan layanan. 

Dalam melakukan evaluasi terhadap penjualan bisa dilakukan dengan melihat jumlah penjualan dalam satu periode tertentu dan dibandingkan dengan periode yang lain. 

Anda bisa melihat data terkait dengan produk apa yang paling laku, siapa yang membeli produk tersebut, kanal penjualan apa yang memberikan kontribusi penjualan terbanyak, siapa anggota tim penjualan yang mencapai target, produktifitas dari anggota tim penjualan dan ativitas penjualan yang dilakukan.  

Dengan melihat data-data tersebut Anda bisa melakukan evaluasi terhadap hal-hal yang tidak dan kurang efektif dalam startegi penjualan serta hal-hal yang sangat mendorong pertumbuhan penjualan produk. Hal ini sangat penting dalam merencanakan startegi penjualan untuk tahun berikutnya, karena strategi penjualan yang efektif akan menghasilkan penjualan yang mencapai target dengan biaya yang sedikit. 

 

3.    Kepuasan pelanggan 

Mempertahankan pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal merupakan startegi untuk bisa mempertahankan pertumbuhan usaha yang terbaik. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan evaluasi terhadap kepuasan dari pelanggan Anda. 

Untuk melakukan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan, Anda bisa melihat data keluhan/complain dari pembeli, hal-hal apa yang sering dikeluhkan oleh pembeli, produk/layanan yang dikeluhkan dan waktu terjadinya keluhan. 

Jika Anda mempergunakan kanal pemasaran digital seperti ecommerce, maka Anda bisa melihat rating dan evaluasi yang diberikan pembeli Anda di kanal tersebut. Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan survei singkat terhadap pelanggan setia Anda, Anda bisa bertanya terkait dengan kesan mereka terhadap produk, layanan dan harapan mereka ke depannya terhadap usaha Anda. 

Jika dari hasil evaluasi ini Anda melihat hasil yang kurang menyenangkan, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap proses usaha baik dari pembuatan produk, penjualan, purnajual, dan cara komunikasi Anda ke pembeli. 

 

4.    Perkembangan pasar

Untuk membuat usaha Anda tetap maju dan berkembang, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap perkembangan yang terjadi di pasar. Evaluasi bisa Anda lakukan dengan melihat jumlah pembeli dan pelanggan baru, jumlah pembeli lama, tren yang sedang terjadi, harga dan potensi serta kebutuhan pasar. Dengan melakukan evaluasi terhadap perkembangan yang terjadi di pasar membuat usaha Anda akan tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

 

5.    Sumber daya manusia


Usaha yang sukses selalu didukung oleh kinerja dan kompetensi karyawan yang produktif, bisa mencapai target yang ditetapkan dan memiliki kemampuan untuk bersaing. Dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja sumber daya manusia, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap key performance indicator (target pencapaian individu) dari setiap karyawan. 

Untuk karyawan yang tidak mencapai target yang ditetapkan, Anda bisa melihat menganalisa permasalahan dari karyawan tersebut sehingga tidak bisa mencapai target, hasil dari analisa tersebut bisa Anda tindaklanjuti dengan proses mentoring, coaching dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Anda bisa membaca lebih lanjut terkait cara membuat karyawan menjalani proses yang Anda tetapkan di Daya.id.
 
 

6.    Pesaing  

Dalam menjalankan usaha, Anda harus waspada dan memperhatikan perilaku dari pesaing dan perkembangan pasar. Dalam melakukan evaluasi terhadap pesaing, Anda perlu memperhatikan siapa pesaing Anda yang paling kuat, produk apa yang diunggulkan pesaing, strategi apa yang sedang dilakukan oleh pesaing, strategi apa yang sedang Anda jalankan untuk mengantisipasi pergerakan pesaing dan memprediksi startegi apa yang akan dilakukan oleh pesaing ke depannya. 

Dengan memahami yang akan dilakukan oleh pesaing akan membuat Anda bisa dengan lebih tajam dalam membuat startegi dan melihat peluang untuk menang dalam persaingan.

Evaluasi terhadap kinerja usaha Anda sangat perlu dilakukan untuk dapat melihat, apakah usaha Anda sudah berjalan dengan target yang Anda tetapkan? atau apakah usaha Anda sudah sesuai dengan model bisnis yang Anda buat? Dengan evaluasi yang tepat dan cermat, Anda bisa membuat strategi yang jauh lebih tajam untuk usaha Anda di tahun 2024. 

Jika anda ingin mendiskusikan cara dan hasil evaluasi usaha Anda di tahun 2023 anda buat secara lebih lanjut dengan kami. Silakan bertanya kepada business coach yang ada di Tanya Ahli daya.id, dan ikuti seminar seminar kewirausahaan yang dilakukan oleh daya. Silakan daftarkan juga diri Anda untuk akses gratis ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Artikel : Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

09 Desember 2023

Keren informasi nya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ferri kurniawan

15 November 2023

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Budiyanto

14 November 2023

๐Ÿ‘

Balas

. 0

RENI DIANITA

14 November 2023

Luar biasa sekali pokok nya mantap

Balas

. 0

RENI DIANITA

14 November 2023

Luar biasa sekali pokok nya mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS