Dirilis

08 Mei 2020

Penulis

Rindang Arum Lestari

Di era globalisasi sekarang tidak sulit bagi perempuan jika ingin mencari pekerjaan yang cocok. Beragam pekerjaan tersedia untuk wanita dalam berbagai bidang, baik kesehatan, teknik, manajemen, hukum, bahkan pemerintahan. Baik yang sifatnya wirausaha maupun bekerja kepada orang lain.

Dikutip dari www.femina.co.id, berdasarkan penelitian, ada beberapa pekerjaan yang memang cocok dikerjakan oleh wanita, dan dianggap lebih bertanggungjawab jika wanita menempati posisi tersebut.




Apa saja ya kira-kira pekerjaan yang cocok untuk wanita zaman now?

1. Auditor keuangan
Auditor keuangan terdiri dari auditor internal dan eksternal. Keduanya sama-sama memiliki peran penting dalam mengelola laporan keuangan. Pekerjaan ini sangat cocok diduduki oleh kaum hawa dan termasuk pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Janne Chung dan Gary S Monroe dikutip dari jurnal penelitiannya menyatakan dalam jurnalnya bahwa perempuan lebih efektif dan lebih efisien dalam memproses informasi dan mengerjakan tugas yang kompleks karena perempuan lebih memiliki kemampuan untuk membedakan dan mengintegrasikan keputusan. Sedangkan laki-laki relatif kurang mendalam untuk menganalisis inti dari suatu keputusan.  

2. Public Relation Executive
Profesi Public Relation atau Hubungan Masyarakat di Indonesia menjadi pekerjaan yang banyak diminati. Tugasnya adalah mewakili perusahaan untuk menggambarkan citra perusahaannya, mengelola hubungan baik secara internal dan eksternal. Seorang PR bertugas membuat siaran pers dan menangani awak media.

Menurut penelitian yang di kutip dari artikel www.republika.co.id,  profesi public relation memang direkomendasikan untuk wanita dikarenakan pekerjaan ini membutuhkan komunikasi sebagai skill utama. Perempuan dinilai lebih dalam kemampuan komunikasi verbal dan persuasi yang lebih baik daripada pria. Ini adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang tinggi, karena perusahaan pun menuntut Anda bisa menangani krisis ketika perusahaan dilanda masalah.

Mengutip dari www.wolipop.detik.com, Profesor komunikasi di Cal State Fullerton dan anggota Public Relations Society of America, Dennis Gaschen mengatakan, PR menjadi profesi yang pas untuk wanita karena sebagai pelajar, perempuan berkomunikasi, mengamati, mendengarkan dan menulis lebih baik ketimbang pria.

3. Social media manager
Pekerjaan yang cocok untuk wanita yang lain, adalah social media manager. Sebagai social media manager, Anda harus memikirkan strategi sebelum menjalankan sebuah media sosial. Anda juga bertugas untuk membangun awareness untuk brand yang Anda kelola. Jam kerjanya pun cukup fleksibel.

Sehari-harinya, Anda akan berhubungan dengan tim internal seperti content writer, art director, account executive hingga vendor klien untuk dapat menyampaikan pesan yang efektif sesuai dengan permintaan klien.

Meski terlihat mudah, pekerjaan ini cukup menarik karena selalu membutuhkan kreativitas dan daya imajinasi Anda dalam membuat ide dan gagasan.

4. Customer service
Sudah tidak asing bagi kita melihat pekerjaan customer service banyak digeluti oleh perempuan, seperti di hotel, bank, dan rumah sakit. Anda mungkin hanya melihat sekilas bahwa pekerjaan ini hanya bertatap muka dengan konsumen saja. Profesi customer service salah satu pekerjaan mulia karena Anda membutuhkan kesabaran yang tidak main-main saat menghadapi pelanggan dengan berbagai macam complain. Karena hal itulah pekerjaan ini banyak dilakoni oleh perempuan karena perempuan dikenal dengan kesabarannya yang lebih ekstra dibandingkan laki-laki.




5. Wirausaha
Apakah wirausaha merupakan pekerjaan yang cocok untuk wanita?

Di Indonesia budaya patriarki cukup kuat.  Budaya ini menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama baik dalam bidang politik, hak sosial bahkan ada anggapan bahwa dunia usaha dianggap sangat maskulin dan keras sehingga lebih cocok untuk pria. Wanita sering dinilai terlalu lemah untuk bisa bertahan dalam kerasnya dunia usaha dan bersaing dengan kaum laki-laki. Hal ini yang membuat wirausaha wanita kerap diremehkan.
Padahal pandangan seperti itu tidaklah tepa wanita justru memiliki peluang jadi wirausaha yang sukses karena sifat alaminya.

Misalkan saja, wanita lebih cenderung berhati-hati dan berpikir panjang saat membuat keputusan bisnis. Begitu pula saat menjalin relasi bisnis, tak bisa dipungkiri kalau perempuan adalah sosok yang mampu menarik perhatian. Tak heran kalau Bank Indonesia mencatat bahwa dari total 57,83 juta UMKM di Tanah Air, 60% di antaranya dikelola perempuan. Hebat, kan?

Kembali lagi, kodrat perempuan memang menjadi seorang istri atau ibu. Inilah yang sering membuat seorang wanita galau jika disuruh memilih keluarga atau usaha. Tahukah Anda, saat ini sudah banyak sekali usaha yang bisa dilakukan di rumah dan memiliki hasil fantastis. Misalkan saja menjadi seorang blogger atau penulis online, berjualan baju di media sosial hingga layanan katering rumahan. Penghasilan tetap didapat dan tugas jadi ibu rumah tangga tak terlupakan.

a. Penulis
Pekerjaan sebagai penulis, sangat cocok untuk dilakoni wanita karena pekerjaannya fleksibel, yaitu kapan saja dan di mana saja.

Tantangannya adalah Anda dituntut untuk selalu memiliki ide yang segar, pintar merangkai kata-kata, bahkan out of the box. Mengutip dari www.cermati.com, profesi menulis cocok untuk wanita karena wanita lebih terbuka saat mengutarakan pikirannya. Dibandingkan pria yang cenderung lebih lugas, pola pikir wanita cenderung lebih kompleks sehingga memudahkan dalam menulis.

Profesi menulis tidak hanya untuk menulis buku saja. Di zaman digitalisasi saat ini, banyak profesi penulis yang tersedia. Sebagai contoh adalah penulis artikel online, penulis skenario film.

Anda juga bisa mengelola website sendiri untuk menjadi penulis. Anda bisa memilih topik yang Anda gemari untuk dituliskan pada website dan bisa menghasilkan uang lewat menulis. Bahkan, pekerjaan mengelola media sosial juga membutuhkan kemampuan menulis loh!

b. Make-up Artist
Pekerjaan yang cocok untuk wanita yang ini bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang wanita banget adalah Make-up Artist. Wanita dinilai lebih mengetahui dengan baik soal riasan wajah dan tampilan. Pekerjaan make-up artist pun banyak digeluti banyak wanita karena dipercaya memiliki prospek yang baik.

Seorang make-up artist akan selalu dibutuhkan jika ada event seperti pernikahan, perlombaan, dan wisuda. Profesi ini adalah salah satu yang bisa Anda geluti secara otodidak tanpa harus mengenyam pendidikan. Anda bisa memulai karier sebagai make-up artist dengan menjadi beauty assistant terlebih dahulu.

Di Indonesia, sangat banyak sosok wirausaha wanita yang mencetak sukses dibidang- yang identik dengan laki-laki. Yang mungkin tak banyak orang tahu adalah Alamanda Shantika Santoso. Wanita ini adalah seorang programmer handal yang ada di balik kesuksesan perusahaan transportasi online raksasa, GO-JEK. Konon, Vice President GO-JEK ini bahkan sudah akrab dengan coding sejak usia 14 tahun!

Wanita lain yang juga sukses di usaha startup adalah Diajeng Lestari. Ia adalah istri Achmad Zaky (pendiri Bukalapak). Wanita berhijab berusia 33 tahun ini adalah pendiri e-commerce khusus fashion perempuan muslim, HijUp.com.

Sosok wirausaha wanita asal Indonesia lain, yang sukses adalah Dian Pelangi. Wanita 28 tahun ini adalah salah satu desainer berbakat yang dikenal publik internasional. Karya-karya Dian sering tampil di berbagai ajang fashion dunia. Berkat Dian, fashion muslim Indonesia menjadi sangat dikenal masyarakat global.

Tentu menjadi sosok yang sukses seperti para wirausaha wanita di atas, tidaklah diperoleh secara mudah. Diperlukan komitmen dan semangat baja hingga membuat mereka dikenal sebagai pengusaha bermental baja. Anda pun bisa mengikuti jejak mereka menjadi seorang wirausaha wanita yang berhasil.

Bagi Anda yang sudah mantap ingin menjadi wirausaha namun masih bingung usaha apa yang hendak dipilih. Silakan buka fitur Peluang Usaha Baru di Daya.id.

Nah, adakah profesi-profesi di atas yang sesuai dengan kemampuan Anda? Apapun profesi yang Anda pilih, pastikan sudah sesuai minat dan skill yang dimiliki ya. Anda bisa mengetahui apakah pekerjaan Anda sudah sesuai passion atau belum pada artikel apakah pekerjaan Anda saat ini sesuai dengan passion Anda di daya.id. Jalani pekerjaan yang telah Anda pilih dengan sungguh-sungguh ya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS