Dirilis

16 November 2020

Usaha jasa pariwisata merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Bahkan hampir semua jasa pariwisata di Indonesia ramai akan peminat. Ramainya usaha ini tidak terlepas dari fakta bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa, beserta keragaman dan juga keunikan budayanya yang kini menjadi daya tarik para wisatawan domestik, sampai mancanegara.

Rata-rata usaha jasa pariwisata tersebut melayani banyak pelanggan, entah itu pelanggan dari domestik, regional, maupun mancanegara. Adanya keragaman tempat wisata di Indonesia sendiri, secara otomatis mempengaruhi usaha jasa pariwisata. Tapi namanya juga usaha, semuanya tergantung pada permintaan dan keunikan penawaran yang berikan. 

Jenis-Jenis Usaha Jasa Pariwisata Paling Laris di Indonesia

Sektor pariwisata yang ada di Indonesia ini telah tumbuh dan berkembang menjadi suatu industri yang sangat penting, dan dapat diandalkan untuk menambah devisa negara. Karena pesatnya jumlah penikmat tempat pariwisata di Indonesia, berikut ini beberapa jenis usaha jasa pariwisata yang paling laris di Indonesia: 

1. Bisnis Penginapan 

usaha jasa pariwisata penginapan

Usaha jasa pariwisata yang pertama tentunya bisnis penginapan. Bisnis penginapan ini merupakan fasilitas yang terdapat di tempat pariwisata yang memiliki reputasi regional sampai mancanegara. Jadi, biasanya para wisatawan yang berkunjung kesana tidak hanya dari domestik saja, tapi juga banyak dari luar negeri.

Bisnis penginapan ini bisa berupa hotel atau hanya sebatas homestay saja. Jika penginapan yang ditawarkan nyaman, banyak fasilitasnya, dan juga harganya terjangkau, pasti banyak pula para wisatawan yang akan menggunakan penginapan tersebut. Saat ini desain dari penginapan juga menjadi salah satu kunci sukses dalam mendorong wisatawan dalam memilih penginapan, mereka sangat menyukai penginapan yang memiliki tema tertentu dan instagramable. 

Untuk mempromosi kan penginapan, Anda bisa bekerjasama dan mempromosi kan penginapan di banyak website dan aplikasi penginapan yang ada seperti Airy rooms, Pegi pegi, Trivago dan sebagainya. 

2. Bisnis Kuliner 

Berbicara tentang pariwisata, pasti erat kaitannya dengan usaha jasa pariwisata yang satu ini, yaitu bisnis kuliner. Disetiap tempat wisata pasti menawarkan berbagai macam kuliner yang wajib dicoba. Lagipula, jika seharian di tempat wisata, perut akan terasa lapar, satu-satunya pilihan terbaik yaitu untuk makan di restoran atau rumah makan di sekitar pariwisata tersebut. 

Itulah mengapa bisnis kuliner ini memiliki peluang yang cukup besar dalam sektor pariwisata. Untuk lebih mewakili tempat wisata tersebut, Anda bisa menyuguhkan makanan yang khas di daerah tersebut atau masakan yang menjadi kebanggaan di daerah tersebut. 

Untuk mempromosikan rumah makan, Anda bisa meminta testimoni dari para pembeli dan mempostingnya di sosial media Anda atau mereka. Dengan begitu Anda bisa mempromosikan usaha Anda dengan gratis dan semakin banyak pelanggan yang datang dari luar wilayah Anda. 

3. Bisnis Tour Guide

tour guide untuk jasa pariwisata

Usaha jasa pariwisata ini sangat erat hubungannya dengan komunikasi. Dengan adanya tour guide ini para wisatawan asing menjadi lebih mengerti tentang tempat wisata yang mereka kunjungi. Mereka juga jadi lebih mudah untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan tempat pariwisata tersebut, termasuk dengan tempat foto terbaik untuk sosial media mereka dan tempat membeli souvenir yang murah. Karena foto dan oleh-oleh merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari liburan.  

Biasanya usaha jasa pariwisata ini sebagian besar berada pada tempat wisata yang sudah bertaraf internasional. Seperti di Bali atau Lombok, tak heran mengapa disana banyak sekali yang menawarkan jasa tour guide. Jika Anda melihat sudah banyak pesaing di sekitar tempat usaha Anda, Anda bisa membuat layanan yang berbeda dalam membuka usaha ini seperti memberikan layanan untuk makan di tempat yang jarang wisatawan ketahui atau melibatkan tamu Anda di aktivitas masyarakat setempat. 

4. Persewaan Kendaraan

Bisnis yang satu ini sepertinya juga sangat bermanfaat pada banyak tempat wisata di Indonesia. Entah itu kendaraan roda empat, roda dua, boat, perahu, dan sebagainya. Apalagi di Indonesia ini berbeda dengan susana di luar negeri. 

Karena terik matahari yang sangat menyengat, membuat orang-orang termasuk juga para wisatawan menjadi malas untuk berjalan kaki. Oleh karena itu mereka memilih menyewa motor atau mobil untuk memudahkan transportasi. Kunci sukses dalam bisnis ini adalah kualitas dari kendaraan yang Anda sediakan, baik secara kebersihan, kondisi mesin kendaraan dan keamanan. Anda juga perlu menginformasikan kepada pelanggan, nomor emergency yang bisa mereka hubungi jika terjadi hal-hal yang tidak inginkan.  Jika anda menyediakan jasa persewaan kendaraan dengan pengemudinya, pastikan kebersihan dan perilaku dari pengemudi dalam menghadapi tamu Anda. 

5. Persewaan Perlengkapan

Jika Anda memilih membuka usaha jasa pariwisata di daerah pantai, Anda bisa juga membuka bisnis persewaan perlengkapan. Barang-barang yang bisa Anda sewakan seperti perlengkapan untuk menyelam, snorkeling, kamera bawah air dan lain-lain. Biasanya pada musim liburan, bisnis ini meraup keuntungan yang cukup banyak. 

Itulah beberapa jenis usaha jasa pariwisata yang sangat laris di Indonesia. Bersyukurlah kita berada di Indonesia yang penuh dengan tempat pariwisata. Dengan begitu, peluang untuk membuka usaha pun juga semakin banyak. Apabila Anda membutuhkan tambahan modal untuk merintis bisnis ini, bisa menggunakan produk keuangan pinjaman berjangka dari Bank BTPN, yang memang bisa menjadi solusi tepat bagi para pengusaha pemula. 

Jika Anda membutuhkan masukan yang lebih mendalam terkait dengan bisnis Pariwisata ini, Anda bisa bertanya dengan para ahli di Daya.id ini. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi pengembangan usaha Anda bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk rutin mengunjungi Daya.id! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

23 November 2020

Wah bisa jadi ide menarik nih. Thanks Daya.id :)

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS