Dirilis

04 Agustus 2020

Tipe kepribadian yang dimiliki oleh seseorang memang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk bidang pekerjaan. Jika Anda memiliki sifat introvert atau tertutup, maka tidak semua jenis pekerjaan cocok dilakukan oleh Anda. 

Pasalnya, orang dengan sifat introvert biasanya akan kesulitan jika harus bekerja secara tim dengan banyak orang, atau harus melayani konsumen secara langsung. Maka dari itu, orang dengan tipe ini harus mencari pekerjaan yang cocok untuk introvert. 

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Anda bisa mengawalinya dengan mencari jenis-jenis peluang usaha yang sekiranya cocok dengan sifat atau kebiasaan Anda. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert yang bisa Anda coba jalani dengan modal kecil :

1. Desain Grafis

pekerjaan yang cocok untuk introvert sebagai desainer
Jika Anda adalah tipe orang yang introvert tetapi memiliki kreativitas visual yang menarik, maka Anda bisa mencoba bidang desain grafis. Pekerjaan ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi, seiring dengan permintaan yang juga tinggi dalam bidang bisnis digital.

Jika Anda memilih untuk membuka usaha desain grafis sendiri maka Anda bisa mencoba memulai pekerjaan ini dengan mencari klien terlebih dahulu. Jika sudah ada klien yang masuk, Anda memerlukan beberapa jenis aplikasi yang akan membantu pekerjaan Anda seperti misalnya Illustrator dan InDesign, Corel, Adobe Photoshop dan lain sebagainya.

2. Coder atau Ahli Komputer

Memiliki keahlian khusus dalam bidang komputer, maka Anda bisa menjadi seorang coder. Pekerjaan ini memerlukan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Kesabaran dan fokus juga menjadi kunci utama dalam melakukan pekerjaan tersebut. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah seperti sebagai desain grafis. 

Bahkan Anda bisa mempelajarinya sendiri dengan menggunakan sumber daya online yang free atau tidak berbayar, seperti misalnya Udemy atau Code Academy.

3. Berjualan Secara Online

online shop sebagai pekerjaan yang cocok untuk introvert

Berdagang tapi tidak berhubungan secara langsung dengan konsumen merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert, dan salah satunya adalah berjualan secara online. Anda bisa berjualan apa saja secara online, baik makanan maupun kebutuhan fashion. Karena Anda hanya menghadapi pembeli secara online saja, maka sikap introvert Anda tidak akan mengganggu pekerjaan. 

Jika Anda tidak punya produk yang ingin dijual, Anda bisa mencoba menjadi Dropshipper atau Reseller, yakni dengan menjualkan barang milik orang lain, dan Anda dapat mengambil untung dari sana.

4. Sebagai Konsultan Media Sosial

Tahukah Anda bahwa media sosial juga bisa menghasilkan uang, seperti misalnya menjadi seorang konsultan sosial media. Pekerjaan ini juga cocok untuk orang yang sifatnya introvert. 

Anda hanya perlu pengetahuan dasar mengenai strategi pemasaran yang sederhana di instagram, memberi motivasi pada mereka yang berbisnis melalui instagram, dan lain sebagainya. Anda bisa memasarkan layanan yang Anda miliki ini melalui instagram, blog dan media lainnya. Target pasar Anda adalah orang-orang yang memiliki bisnis secara online.

Bahkan jika Anda sudah mulai terbiasa dan ahli dalam bidang sosial media, Anda juga bisa menjadi ahli digital marketing seperti Rhein Mahatma. Dan jelas itu menjadi penghasilan yang menjanjikan bagi Anda apabila digeluti dengan serius.

5. Copywriter

Bisa menulis dengan narasi yang baik dan rapi? Maka Anda bisa mencoba salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan tulis menulis, yang biasa disebut dengan copywriter. Pekerjaan ini juga tidak akan berhubungan langsung dengan pelanggan/konsumen atau dengan orang banyak.

6. Blogger

Pekerjaan yang cocok untuk introvert yang terakhir adalah dengan menjadi seorang blogger. Untuk bekerja di bidang ini, dibutuhkan keterampilan dalam bidang pemasaran konten yang baik, misalnya bagaimana caranya membuat sebuah konten yang menarik perhatian para pembaca melalui blog. 

Itulah 6 rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert dengan modal kecil. Sebelum mencari pekerjaan, ada baiknya jika Anda benar-benar mempertimbangkan jenis pekerjaan tersebut dengan kepribadian yang Anda miliki. Sehingga, pekerjaan yang dijalankan nantinya bisa membuat nyaman dan menyenangkan untuk dikerjakan. 

Namun yang harus Anda ingat bahwa dalam menjalani dunia usaha butuh ilmu agar tidak salah langkah dan demi memiliki usaha yang sukses. Informasi yang bermanfaat tentang dunia usaha tersebut ada di dalam Daya.id. Untuk itu, Anda perlu mendaftar di Daya.id dan mempelajari segala informasi yang tersedia tanpa batasan jumlah informasi yang bisa Anda baca. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS