Dirilis

07 Agustus 2022

Penulis

Peni hidayah

Banyak alasan yang bikin pengusaha bergabung ke dalam komunitas pengusaha, seperti ingin pasarnya semakin luas, bisnisnya semakin berkembang, dan lain sebagainya. Memang benar tidak rugi bagi Anda pengusaha yang memanfaatkan komunitas pengusaha untuk bisnisnya.

Baca juga: 6 alasan Anda sebaiknya bergabung ke komunitas pengusaha

Begitu banyak komunitas pengusaha di Indonesia yang bisa Anda ikuti. Tapi tentu Anda perlu memilih mana yang sesuai kebutuhan, benar-benar bisa membuat Anda berkembang dan mencapai tujuan bisnis Anda. 

Bagaimana cara memilih komunitas yang tepat? Paling tidak ada dua hal yang bisa Anda perhatikan:

  1. Memiliki visi dan misi yang jelas, salah satu ciri komunitas yang baik adalah yang memiliki visi serta misi yang jelas. Kenapa? Karena akan terarah kemana mereka akan membawa para anggotanya setelah bergabung bersama komunitas mereka.
  2. Bermanfaat bagi bisnis Anda, jika bergabung dengan komunitas pengusaha, pasti ada manfaat yang bisa Anda dapatkan. Baik itu untuk Anda maupun bisnis Anda.


 

Komunitas Tangan Di Atas

Sekali lagi, Anda bisa menemukan beberapa komunitas pengusahan yang berpotensi membantu mengembangkan bisnis Anda. Tapi sebagai pertimbangan, ada satu komunitas pengusaha yang bisa coba Anda ikuti, yaitu, komunitas Tangan Di Atas (TDA).

Kenapa sih komunitas TDA bisa Anda pilih kalau ingin bergabung ke komunitas pengusaha? Komunitas TDA adalah sebuah komunitas pengusaha terbesar di Indonesia yang didirikan pada Januari 2006 sebagai wadah bergabungnya para wirausahawan muda serta orang-orang yang berminat pada dunia wirausaha.  Komunitas TDA disebut sebagai komunitas terbesar di Indonesia karena saat ini sudah hadir di 61 kota di seluruh wilayah Indonesia bahkan tersebar juga di 4 manca negara, seperti TDA Singapura, TDA Hongkong, TDA Mesir, dan TDA Australia. 

Selain itu, komunitas ini memiliki visi dan misi yang jelas, yaitu:

 

1.    Visi Komunitas TDA

Harapannya komunitas TDA ini bisa menjadi komunitas pengusaha terkemuka yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

 

2.    Misi Komunitas TDA

  1. Tumbuh kembangkan semangat kewirausahaan
  2. Membentuk pengusaha yang tangguh serta sukses
  3. Menciptakan sebuah sinergi di antara sesama anggota dan antara anggota dengan pihak lain, berlandaskan prinsip high trust community
  4. Menumbuhkan jiwa sosial dan berbagi di antara para anggota
  5. Menciptakan pusat sumber daya bisnis yang berbasis teknologi


Nah, jika Anda bergabung ke dalam komunitas TDA, ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan:
 

  1. Jaringan luas. Anda bisa silaturahmi dengan member TDA di seluruh Indonesia. Sehingga Anda bisa manfaatkan untuk menambah jaringan pemasaran. Silaturahmi dapat, sisi bisnis pun Anda dapat.
  2. Diskon mengikuti event. Anda bisa mendapatkan diskon di spesial event offline dan online TDA, seperti Pesta Wirausaha dan seminar, pelatihan, workshop lainnya. Dari event tersebut berarti Anda menambah sarana untuk memperkenalkan produk Anda, memiliki kenalan yang lebih banyak, pemasaran yang lebih bergengsi, sekaligus menambah ilmu terkait menjalankan bisnis.
  3. TDA passport. Mendapatkan akses Premium Aplikasi Keanggotaan TDA Passport di playstore & Appstore.
  4. Edukasi terkait bisnis. Anda bisa upgrade diri Anda dengan ratusan materi bisnis berkualitas dan lengkap di TDA TV dan TDA Podcast.
  5. Mentoring bisnis. Anda bisa mendapatkan mentoring melalui Kelompok Mentoring Bisnis (KMB). Manfaat seperti ini yang jarang ditemukan. Anda berkumpul bersama pengusaha lain, berdiskusi bersama membahas permasalahan dalam bisnis dan bersama menemukan solusi dengan didampingi para mentor. 
  6. Program sosial. Adanya pogram sosial, kepedulian dan kemanusiaan (TDA Peduli)
  7. Support grup. Antar anggota saling support dan mendukung bisnis dalam program Beli TDA.


Tidak ada ruginya jika Anda bergabung dengan komunitas pengusaha. Selain informasi terkait bisnis Anda juga bisa meningkatkkan kapasitas diri Anda selaku pengusaha agar dapat menjalankan bisnis dengan baik dan semakin berkembang. 

Anda bisa bertanya terkait cara mengembangkan bisnis melalui komunitas dengan cara berkonsultasi dengan praktiksi dan trainer UKM di website www.daya.id. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi usaha dan keuangan lainnya secara gratis dan sangat mudah dari Daya.id. Yuk daftar ke Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS