Dirilis

14 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Jika Anda sedang merasa bingung atau stuck ingin memulai bisnis bidang apa, usaha bengkel las bisa menjadi salah satu alternatif usaha dengan prospek yang cukup menjanjikan. Mengapa? Karena pembangunan infrastruktur pasti tidak akan berhenti. Sehingga jasa las pasti dibutuhkan untuk mengelas bahan material seperti besi, baja, dan sebagainya. Apakah Anda tertarik membuka usaha ini? Untuk itu, simak pembahasannya kali ini, ya.

 

Tips Membuka Usaha Bengkel Las yang Dapat Dilakukan

 

1. Melakukan Persiapan

lakukan persiapan usaha bengkel las
Langkah awal memulai usaha, tentu kita harus mempersiapkannya. Pun untuk bisnis bengkel las ini. Dimulai dengan memperhitungan kesiapan tempat ataupun alat-alat yang dibutuhkan, seperti:
 
  • Mesin las listrik
  • Generator
  • Mesin potong
  • Gerinda
  • dan lain sebagainya.

2. Melakukan Perhitungan Bahan Baku dan Ongkos Lainnya

Selanjutnya, kita bisa memperhitungkan bahan baku dan ongkos tukang untuk setiap proyek yang dibuat. Misal untuk las kanopi berapa, pagar berapa, termasuk untuk biaya operasional juga pekerjanya.

 

3. Melakukan Perhitungan Harga Jual

tentukan harga jasa bengkel las
Setelah kita memperhitungkan bahan baku serta ongkos lainnya, atau bisa dianggap sebagai HPP (Harga Pokok Penjualan), kemudian kita bisa menentukan harga jualnya. Umumnya, dari pembuatan satu barang saja, kita bisa mendapat keuntungan sekitar Rp500 ribuan, tergantung jumlah juga tingkat kerumitan dari permintaan pelanggan itu sendiri.

Selain keuntungan yang didapat dari penjualan berbagai kebutuhan gedung atau rumah tersebut, usaha bengkel las masih bisa mendapat keuntungan dari besi sisa potongan yang tidak bisa digunakan lagi, dan kemudian dijual pada pebisnis besi tua bekas.

 

4. Pastikan Kualitas Produk dan Layanan

Satu hal yang tak boleh dilewatkan oleh bisnis manapun adalah kualitas. Kualitas Lah yang nantinya akan mendatangkan pelanggan yang repeat order. Dengan pelanggan yang puas terhadap jasa Anda, maka angka penjualan tetap baik dan menjadi pilihan dibanding berbagai jenis bisnis serupa.

Sejalan dengan baiknya kualitas produk, pelayanan pun harus menjadi perhatian utama. Bantulah mereka dengan hati, buat mereka nyaman. Karena kenyamanan pelanggan adalah salah satu penentu kesuksesan bisnis.

 

5. Lakukan Marketing atau Pemasaran

Tips sukses membangun usaha bengkel las adalah pemasaran. Terdapat banyak cara untuk mempromosikan bisnis ini agar diketahui banyak orang. Bisa offline maupun online. Seperti contohnya kartu nama, spanduk atau baliho, dan lain sebagainya untuk offline, juga penggunaan website, media sosial, iklan dan forum bisnis online, atau menggunakan budget khusus untuk Ads.

Bahkan, selain melalui online dan offline tadi, kita pun dapat menjemput bola atau mencari konsumen langsung dengan cara mendatangi rumah yang baru dibangun/renovasi untuk menawarkan pembuatan kanopi, dan lain-lain, sehingga kita tahu apa yang diinginkan calon konsumen dan dapat berkomunikasi langsung agar bisa memberikan solusi yang tepat sasaran. Salah satu triknya adalah dan berkomunikasi dengan lebih dekat kepada para konsumen, sehingga Anda bisa memahami apa keinginan pelanggan. Selain itu, kita bisa menjalin relasi dengan beberapa usaha lainnya. Misal usaha jasa bangun dan renovasi rumah atau dengan berbagai perusahaan lain yang terkait.

Demikian informasi mengenai langkah yang bisa ditempuh saat memulai dan mengelola usaha bengkel las. Dalam menjalankan bisnis apapun, kuncinya adalah mau melangkah, tidak mudah menyerah dan tetap konsisten. Banyak yang sudah mencoba dan membuktikannya sendiri, bahwa bisnis yang satu ini dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini agar persiapan dan jalannya usaha bisa berjalan lebih optimal.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS