20 November 2017
Dirilis
Penulis
Daya Tumbuh Usaha
Sebagai pelaku usaha, Anda patut waspada jika pelanggan mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakpuasannya terhadap pelayanan. Mari cegah sejak awal dengan menjalankan empat solusi berikut:
1. Dengarkan Pelanggan
Jadikan saran, pujian, atau keluhan pelanggan sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi dalam mengelola usaha dan melayani mereka.
2. Respons Cepat
Jangan sekali-kali menunda jawaban ketika pelanggan bertanya soal produk atau jasa, apalagi saat mereka mengeluh dan menyarankan sesuatu.
3. Jaga Kepercayaan
Menjaga kualitas produk berarti menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan setia.
4. Puji Penampilannya
Membahagiakan pelanggan tak harus selalu memberi diskon, coba amati apa yang mereka pakai dan yakinkan bahwa pilihan mereka sudah tepat.
Bagaimana dengan pelanggan yang datang ke toko Anda? Apakah sudah dilayani dengan baik?
1. Dengarkan Pelanggan
Jadikan saran, pujian, atau keluhan pelanggan sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi dalam mengelola usaha dan melayani mereka.
2. Respons Cepat
Jangan sekali-kali menunda jawaban ketika pelanggan bertanya soal produk atau jasa, apalagi saat mereka mengeluh dan menyarankan sesuatu.
3. Jaga Kepercayaan
Menjaga kualitas produk berarti menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan setia.
4. Puji Penampilannya
Membahagiakan pelanggan tak harus selalu memberi diskon, coba amati apa yang mereka pakai dan yakinkan bahwa pilihan mereka sudah tepat.
Bagaimana dengan pelanggan yang datang ke toko Anda? Apakah sudah dilayani dengan baik?
Sumber:
Materi Manajemen Pemasaran Usaha Mikro (MPA)
Nawawi
21 October 2024
banyak manfaat pembelajaran yang saya dapat dari membaca artikel ini terimakasih daya
Balas
.0
NURUL ANAM
16 October 2024
banyak manfaat pembelajaran yang saya dapat dari membaca artikel ini terimakasih daya
Balas
.0
Nasir
16 October 2024
hidup sehat adalah pilihan semua orang bukan saya apakah menjual pasir laut itu harus
Balas
.0
NURUL ANAM
16 October 2024
sukses butuh proses panjang jangan iri dengan koruptor salam 271t
Balas
.0
valentina
16 October 2024
daya.id selalu menginspirasi orang banyak
Balas
.0