Dirilis

20 November 2017

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Sebagai pelaku usaha, Anda patut waspada jika pelanggan mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakpuasannya terhadap pelayanan. Mari cegah sejak awal dengan menjalankan empat solusi berikut:

1. Dengarkan Pelanggan
Jadikan saran, pujian, atau keluhan pelanggan sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi dalam mengelola usaha dan melayani mereka.

2. Respons Cepat
Jangan sekali-kali menunda jawaban ketika pelanggan bertanya soal produk atau jasa, apalagi saat mereka mengeluh dan menyarankan sesuatu.

3. Jaga Kepercayaan
Menjaga kualitas produk berarti menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan setia.

4. Puji Penampilannya
Membahagiakan pelanggan tak harus selalu memberi diskon, coba amati apa yang mereka pakai dan yakinkan bahwa pilihan mereka sudah tepat.

Bagaimana dengan pelanggan yang datang ke toko Anda? Apakah sudah dilayani dengan baik?

Sumber:

Materi Manajemen Pemasaran Usaha Mikro (MPA)

Penilaian :

5.0

75 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Nawawi

21 October 2024

banyak manfaat pembelajaran yang saya dapat dari membaca artikel ini terimakasih daya

Balas

. 0

NURUL ANAM

16 October 2024

banyak manfaat pembelajaran yang saya dapat dari membaca artikel ini terimakasih daya

Balas

. 0

Nasir

16 October 2024

hidup sehat adalah pilihan semua orang bukan saya apakah menjual pasir laut itu harus

Balas

. 0

NURUL ANAM

16 October 2024

sukses butuh proses panjang jangan iri dengan koruptor salam 271t

Balas

. 0

valentina

16 October 2024

daya.id selalu menginspirasi orang banyak

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS