20 November 2017
Dirilis
Penulis
Daya Tumbuh Usaha
Sebagai pelaku usaha, Anda patut waspada jika pelanggan mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakpuasannya terhadap pelayanan. Mari cegah sejak awal dengan menjalankan empat solusi berikut:
1. Dengarkan Pelanggan
Jadikan saran, pujian, atau keluhan pelanggan sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi dalam mengelola usaha dan melayani mereka.
2. Respons Cepat
Jangan sekali-kali menunda jawaban ketika pelanggan bertanya soal produk atau jasa, apalagi saat mereka mengeluh dan menyarankan sesuatu.
3. Jaga Kepercayaan
Menjaga kualitas produk berarti menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan setia.
4. Puji Penampilannya
Membahagiakan pelanggan tak harus selalu memberi diskon, coba amati apa yang mereka pakai dan yakinkan bahwa pilihan mereka sudah tepat.
Bagaimana dengan pelanggan yang datang ke toko Anda? Apakah sudah dilayani dengan baik?
1. Dengarkan Pelanggan
Jadikan saran, pujian, atau keluhan pelanggan sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi dalam mengelola usaha dan melayani mereka.
2. Respons Cepat
Jangan sekali-kali menunda jawaban ketika pelanggan bertanya soal produk atau jasa, apalagi saat mereka mengeluh dan menyarankan sesuatu.
3. Jaga Kepercayaan
Menjaga kualitas produk berarti menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan setia.
4. Puji Penampilannya
Membahagiakan pelanggan tak harus selalu memberi diskon, coba amati apa yang mereka pakai dan yakinkan bahwa pilihan mereka sudah tepat.
Bagaimana dengan pelanggan yang datang ke toko Anda? Apakah sudah dilayani dengan baik?
Sumber:
Materi Manajemen Pemasaran Usaha Mikro (MPA)
Berikan Komentar
Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Hendratno
09 Agustus 2023
Keren banget
Balas
.0
Kasanan Abidin
05 April 2023
Good Keren
Balas
.0
Arrino Fatra
21 Oktober 2022
Artikel yg sangat bagus
Balas
.0