Dirilis

05 Juni 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Ketika Anda ingin memulai usaha, apakah Anda sering bingung memikirkan ide usaha yang inovatif dan belum ada sebelumnya? Karena keasyikan, akhirnya Anda malah tidak jadi memulai usaha Anda?

Terkadang untuk memulai usaha, Anda bisa memulai dengan ide usaha yang sudah ada lho! Berikutnya, Anda bisa melakukan inovasi pada produk Anda. Salah satunya adalah usaha mie ayam. 
Usaha mie ayam sendiri terkenal dengan usaha yang tak nyaris pernah mati, karena peminatnya yang selalu ada dan dapat berasal dari kalangan manapun. Meskipun persaingannya ketat karena banyak penjual lain, jangan patah semangat dulu! Dengan persiapan yang matang, tentunya Anda bisa menjadi pebisnis mie ayam yang sukses. Apa saja sih yang harus dipersiapkan? Yuk simak penjelasan berikut!

 

4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Usaha Mie Ayam

Memulai usaha mie ayam memang gampang-gampang susah. Namun dengan mempersiapkan beberapa hal berikut, tentunya akan membantu Anda dalam memulai usaha mie ayam menjadi lebih mudah!

 

1.    Ciptakan Cita Rasa yang Lezat!

Jika membahas mie ayam, tentunya rasa adalah hal yang paling utama! Untuk memulai usaha mie ayam, tentu Anda harus percaya diri dengan kelezatan resep mie ayam buatan Anda. Karena persaingannya yang ketat, tentu Anda harus unggul dalam hal rasa. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk mie ayam Anda!

Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk mencicipi dan menilai masakan Anda sebelum di jual secara umum. Anda juga bisa mengikuti kursus atau belajar untuk menciptakan rasa mie ayam yang enak. 

 

2.    Tentukan Lokasi

Untuk menentukan lokasi berjualan mie ayam, sebenarnya terbilang cukup fleksibel. Anda bisa berjualan dengan gerobak, di halaman rumah, menyewa ruko, atau membuka stand di tempat perbelanjaan. Anda bisa memilih lokasi untuk berjualan dengan mempertimbangkan modal yang Anda miliki. 

Jika memiliki modal yang sedikit, Anda dapat berjualan menggunakan gerobak baik keliling atau berdiam di tempat-tempat yang ramai seperti sekolah, kampus, pasar, perkantoran, maupun kompleks perumahan. Anda juga bisa memulai bisnis mie ayam di halaman rumah, dengan cara seperti ini Anda hanya tinggal menunggu pembeli untuk datang ke rumah Anda. Jika Anda memiliki modal yang cukup banyak, Anda bisa menyewa ruko di tempat yang strategis, hingga membuka cabang di foodcourt tempat perbelanjaan yang ramai pengunjung.

 

3.    Hitung Modal dan Rencana Keuntungan

Usaha mie ayam merupakan salah satu usaha yang memiliki modal tidak terlalu besar. Untuk modal awal anda harus mempersiapkan gerobak, meja, kursi, alat masak, dan peralatan makan. Kemudian untuk modal operasional, Anda harus mempersiapkan bahan baku, minyak, gas, air, dan listrik. Tentunya modal yang Anda perlukan dapat berubah sesuai kebutuhan Anda. Rata-rata modal awal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha mie ayam adalah mulai dari Rp10 juta. 

Setelah menentukan modal, Anda dapat merencanakan keuntungan yang ingin didapatkan. Usaha mie ayam sendiri merupakan usaha yang berisiko rendah, dan memiliki potensi pendapatan yang besar. Rata-rata penjual mie ayam bahkan bisa balik modal dalam waktu 1 – 3 bulan lho!

 

4.    Jangan Lupakan Marketing!

Usaha mie ayam memiliki target pasar yang luas, orang-orang dari bermacam kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa tentunya banyak yang menyukai mie ayam. Karena itu, Anda harus punya rencana pemasaran atau marketing yang baik. Anda bisa melakukan berbagai cara, seperti melakukan promo, menggunakan spanduk menarik, hingga melakukan inovasi pada menu mie ayam Anda. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan toko mie ayam anda pada layanan pesan antar makanan seperti GoFood, Grab Food, dan Shopee Food. Dengan cara seperti ini Anda dapat mendapatkan konsumen yang lebih luas.

Nah, itu tadi 4 tips yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha mie ayam. Adakah beberapa tips di atas yang berhasil memberikan inspirasi bagi Anda untuk memulai usaha mie ayam Anda sendiri?

Intinya jangan ragu untuk memulai usaha mie ayam Anda sendiri, karena usaha ini memiliki banyak kelebihan diantaranya, tidak perlu kemampuan khusus, mudah untuk dijalankan, dan memiliki peluang yang sangat luas.

Apabila anda masih memiliki pertanyaan mengenai usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluan usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS