Dirilis

16 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bisnis makanan online menjadi salah satu jenis bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Ini dikarenakan setiap orang pasti butuh makan setiap harinya. Jika serius menjalankan bisnis ini maka keuntungan yang akan diperoleh cukup banyak. Namun, bagi pemula memulai bisnis makanan bukan sesuatu yang mudah karena ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. 

Bisnis makanan online banyak diminati karena kemudahan dalam pemasaran maupun prosesnya. Sebab, bisnis makanan dengan sistem online, kebanyakan tidak membutuhkan sewa tempat. Cukup dari rumah saja, bisnis ini sudah bisa dijalankan. Pemanfaatan teknologi internet adalah kuncinya. 


 

Cara Bisnis Makanan Online dan Cara Memasarkannya 

Inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis makanan online: 


 

1. Tentukan jenis Makanan yang akan Dijual  

tujuan menu bisnis makanan online  

Seperti yang diketahui jika bisnis makanan memiliki cakupan yang sangat luas. Dimana ada banyak jenis makanan yang bisa dijual, mulai dari makanan tradisional, makanan sehat, Chinese food hingga makanan western. Maka dari itu, penting untuk menentukan jenis makanan apa yang akan dijual.  

Jika sudah menentukan jenis makanan yang dijual, maka akan mudah bagi Anda untuk memikirkan tahap selanjutnya. Baik dari segi mempersiapkan modal, strategi pemasaran, dan sebagainya.  


 

2. Buat Rencana Bisnis yang Tepat  

Rencana bisnis atau business plan cukup penting untuk dibuat sebelum membuka bisnis makanan ini. Meski masih rencana tetapi Anda harus membuat konsepnya dengan baik. Rencana bisnis ini akan dijadikan pedoman dalam menjalankan bisnis. Selain itu, keberadaan konsep bisa digunakan untuk membantu Anda mendapatkan suntikan dana dari investor. Isi dari business plan secara umum diantaranya adalah:  
  1. riset pasar dari bisnis yang akan dijalankan  
  2. membuat profil bisnis  
  3. menentukan tujuan bisnis makanan  
  4. rinci kisaran modal yang dibutuhkan 
  5. catat seluruh kebutuhan peralatan bisnis makanan  
  6. tentukan strategi pemasaran


 

3. Siapkan Modal yang Dibutuhkan  

siapkan modal bisnis makanan online

Menjalankan bisnis makanan ini mengharuskan Anda untuk memiliki modal. Artinya sebelum membukanya maka harus mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Modal yang dikeluarkan akan digunakan untuk membeli bahan, peralatan memasak dan sebagainya.  

Menjual makanan secara online berarti tidak perlu mengeluarkan modal untuk sewa tempat. Artinya modal yang harus dipersiapkan nominalnya tidak terlalu besar. Namun, kisaran modal yang harus Anda siapkan setidaknya adalah sebagai berikut:  




Jadi modal yang harus dipersiapkan untuk membuka bisnis ini sebesar Rp 3.830.000. Namun perlu diingat bahwa ini hanyalah kisaran saja. Besarnya modal ini juga akan bergantung pada jenis makanan apa yang akan Anda jual dan peralatan apa saja yang mungkin masih akan Anda butuhkan.  


 

4. Tentukan Target Pasar  

Dalam menjalankan suatu bisnis yang fokus pada penjualan produk maka harus menentukan target pasarnya seperti apa. Perlu diketahui jika target pasar ini sangat mempengaruhi bisnis makanan yang dijalankan. Penentuan target pasar juga mempengaruhi besaran modal yang harus dikeluarkan. 

Misalnya, Anda akan menjual bisnis makanan online spesialis makanan sehat atau catering sehat. Maka target pasar Anda adalah laki-laki atau perempuan usia 20-35 tahun yang senang melakukan gaya hidup sehat dan berolahraga dan diet. Target konsumen menengah ke atas.


 

5. Selalu Perhatikan Cita Rasa, Kualitas, dan Kebersihan  

Dalam menjalankan bisnis makanan online, jangan lupa untuk selalu memperhatikan cita rasa makanan, kualitas bahan, hingga kebersihan makanan yang dijual. Hal ini penting untuk diperhatikan karena 3 unsur itulah yang akan menentukan kepuasan pelanggan Anda dan membuat konsumen kembali lagi memesan makanan yang Anda jual.  

Supaya bisnis makanan itu terus berkembang jangan lupa untuk terus melakukan inovasi. Misalnya menambah menu makanan yang dijual atau memodifikasi menu makanan.  


 

6. Lakukan Promosi Via Sosial Media 

Cara memasarkan makanan online pastinya dengan memanfaatkan keberadaan internet. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk, namun media yang paling tepat untuk dipakai adalah sosial media marketing. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna sosial media sangat banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan serta memasarkan produk makanan yang dijual.  

Sosial media yang bisa digunakan yaitu Facebook, Instagram, Twitter atau Whatsapp. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan layanan seperti Go-Food atau Grabfood untuk menawarkan makanan yang Anda jual kepada pelanggan.  


Itulah informasi tentang panduan cara bisnis makanan online dan cara memasarkannya. Pada dasarnya, bisnis ini memiliki peluang yang besar untuk dijalankan. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara memulai bisnis yang baik dan benar selengkapnya.   


Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

9 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

07 Pebruari 2022

Kereen

Balas

. 0

Iswahyu Wahono

10 November 2021

Sippp🙏

Balas

. 0

Ike Herlina Kristiyanti

10 November 2021

👍

Balas

. 0

aris setyawan harsanto

10 November 2021

👍

Balas

. 0

Indra Mauliza

09 November 2021

Wow

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS