Dirilis

14 Maret 2018

Pendapatan terus menurun, kena tipu rekan usaha, anggota keluarga sakit keras, piutang lama tak dibayar. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?

 

Sesungguhnya saat seorang pelaku usaha memilih menyerah, maka dia bisa dikatakan gagal. Kenapa? Karena sebelum menjalankan usaha, pelaku usaha yang baik seharusnya tahu risiko apa saja yang akan dihadapi dan apa antispasi untuk bangkit.

 

Nah, jika saat ini Anda sedang menghadapi masalah, berikut ini beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan semangat:


1. Kuatkan Niat Menggapai Mimpi

Anda tentu memiliki mimpi yang ingin dicapai, bukan? Misalnya mimpi menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi, memiliki cabang usaha di beberapa tempat, membahagiakan keluarga dengan membeli rumah untuk tempat tinggal, dan lain sebagainya. Jika Anda memutuskan untuk menyerah, semua mimpi itu tidak akan tercapai. Oleh karena itu, saat Anda merasa terpuruk, ingat kembali mimpi Anda, segeralah bangkit dan fokus untuk mencapainya.


2. Yakin dan Berpikirlah Positif

Pelaku usaha tangguh sadar kalau risiko atau masalah akan selalu ada. Tapi dia yakin dengan dirinya bahwa ia bisa selalu bangkit dan bisa mengantisipasi saat risiko itu datang.

 

Jangan terjebak dengan pemikiran “Bagaimana jika begini, bagaimana jika begitu, dan seterusnya,” karena bisa-bisa Anda tidak pernah bertindak, dan hanya hal negatif yang terus tertanam ke pikiran Anda. Percayalah, akan selalu ada alasan pembenaran untuk menjawab keraguan. Tapi Anda harus yakin dan selalu berpikir positif, selalu ada terang sehabis gelap, selalu ada pelangi setelah hujan, dan badai pasti berlalu.


3. Jangan Merasa Rendah Diri

Kenapa harus merendahkan diri Anda sendiri? Misalnya dengan mengatakan kalau usaha Anda adalah usaha kecil-kecilan, usaha sampingan, usaha kecil yang belum berkembang, dan sebagainya. Yang perlu Anda tanamkan, usaha Anda adalah usaha yang akan besar dan sukses.

 

Ketika usaha Anda sedang jatuh, lekas bangkit, terus coba cara dan hal baru, terus belajar, dan terus kembangkan diri.


4. Berperilaku Seperti Pengusaha Sukses

Apa yang Anda rasakan tatkala memiliki barang yang biasa digunakan artis atau bisa berlibur di lokasi favorit tokoh terkenal? Umumnya orang akan merasakan bangga dan percaya diri, karena seolah dirinya sama dengan tokoh tersebut.

 

Begitu juga dengan usaha. Miliki perilaku dan mental seperti pengusaha sukses idola Anda. Niscaya Anda akan lebih percaya diri dalam berwirausaha, dan dalam menghadapi masalah-masalah yang datang.


5. Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Salah satu yang bisa meruntuhkan semangat adalah saat membanding-bandingkan diri dengan orang lain. “Usaha saya sudah lama, kenapa dia yang baru mulai langsung kaya?”

 

Anda tidak perlu membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang punya cerita dan pengalamannya masing-masing, dan Anda tidak mengetahuinya persis. Jadi jangan dipikirkan. Kalau mau, belajarlah kepada mereka. Yang penting adalah fokus kepada bagaimana membangun usaha Anda sendiri.


6. Fokus Kepada Jalan Keluar Bukan Kepada Masalah

Ada dua kalimat yang juga bisa membuat orang menyerah, yaitu cepat-cepat mengatakan, “Saya tidak bisa...” “Saya tidak punya...”.

Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Jika Anda berpikir tidak bisa, maka Anda tidak akan bisa. Maka itu, sebaiknya fokuslah kepada keyakinan kalau Anda bisa menghadapi masalah. Dan terus bangun kemampuan Anda.

 

Jika Anda sepakat dengan keenam saran di atas, sekarang masalah Anda adalah apakah Anda mau atau tidak mau menjalankannya. Segeralah bangkit, jangan menyerah, dan ayo segera wujudkan mimpi-mimpi Anda.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS