Dirilis

10 Juni 2023

Penulis

Ahmad Husnil Fikri

Dalam dunia industri seperti sekarang ini, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dikatakan sangat menunjang aktivitas bisnis usaha yang dilakukan. Sebab dalam menjalankan bisnis di pasaran, seorang pebisnis umumnya tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga dengan memiliki partner / rekan bisnis, maka akan membantu pengelolaan bisnis dan dapat mengembangkan usaha jangka panjang. Jika Anda saat ini sedang butuh partner bisnis untuk menjalankan bisnis Anda, maka sebaiknya perlu menyimak beberapa tips cari rekan bisnis yang tepat. Untuk itulah, di artikel berikut akan kita bahas secara lengkap bagaimana cara memilih partner bisnis yang tepat agar dapat menunjang perkembangan dan kemajuan bisnis yang Anda jalankan nantinya.

 

Tips Cari Partner atau Rekan Bisnis yang Tepat

Perlu Anda ketahui, bahwa memilih partner bisnis umumnya tidak semudah yang kita bayangkan. Hal ini dikarenakan ketika kita sudah salah dalam memilih rekan bisnis, maka usaha yang Anda jalankan justru akan rentan mengalami kerugian. Dan yang lebih parahnya lagi, usaha Anda tersebut akan semakin tertinggal jauh dengan para kompetitor yang sudah lebih unggul di pasaran bisnis. Apabila Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka sebaiknya kenali beberapa tips dan trik cari rekan bisnis yang tepat berikut ini untuk menunjang kesuksesan usaha Anda nantinya.

 

1.    Pilih rekan bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi


Salah satu tips dan trik yang perlu dilakukan dalam memilih partner bisnis, yakni pastikan mereka memiliki kesamaan visi dan misi pada bisnis usaha Anda. Hal ini penting dilakukan agar integrasi bisnis yang nantinya Anda dan rekan bisnis Anda lakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Di samping itu, adanya kesamaan visi dan misi juga bisa membantu kegiatan operasional bisnis semakin mudah dilakukan. Untuk itulah, jangan lupa Anda memperhatikan hal mendasar satu ini ketika akan memilih rekan bisnis demi kemajuan usaha yang Anda jalankan nantinya. 

Baca Juga : Langkah Mudah Membuat Perjanjian

 

2.    Pastikan rekan bisnis Anda memiliki apa yang dibutuhkan usaha Anda

Berikutnya, Anda juga perlu memastikan agar rekan bisnis yang dipilih memiliki apa yang Anda dan usaha Anda butuhkan. Ini dilakukan, dengan tujuan yakni untuk menjadikan usaha Anda nantinya lebih mudah untuk berkembang dan sukses di pasaran. Apalagi jika apa yang Anda butuhkan dalam rekan bisnis tersebut dapat diperoleh dengan biaya yang terjangkau dan berkualitas sama dengan yang lain, tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda ke depannya. Yang terpenting disini, pastikan Anda dan rekan bisnis dapat saling melengkapi satu sama lain.

 

3.    Cari rekan bisnis dengan mencermati kondisi keuangan calon rekan bisnis

Pada dasarnya, tujuan akhir dari terjalinnya kerja sama antara dua pihak yakni untuk bisa memperoleh keuntungan masing – masing. Dalam hal ini dikatakan, bahwa keuntungan bisa diperoleh jika produktivitas kerja sama yang dilakukan bisa berjalan dengan optimal. Selain itu, keduanya juga bisa saling berkontribusi dengan seimbang untuk menjalin kerja sama tersebut. Idealnya, sebuah perusahaan yang mampu bekerja sama dengan baik biasanya memiliki kondisi finansial yang stabil dan baik. Oleh karena itulah, di sini Anda perlu melihat dan mencermati baik – baik kondisi keuangan calon rekan bisnis tersebut.

 

4.    Pilih partner bisnis yang memiliki komitmen jelas dan bisa dipertanggungjawabkan


Ketika akan menjalin kerja sama dengan rekan bisnis, pastikan rekan bisnis yang dipilih memiliki komitmen yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Sebab kerja sama yang terjalin di sini bukan hanya sekadar mencari keuntungan saja, akan tetapi juga sebagai bentuk profesionalisme dalam menjalin kerja sama yang dilakukan. Beberapa komitmen yang bisa dipertimbangkan di sini yakni mengenai saling menaati aturan main dalam kontrak bisnis yang disepakati bersama, menjaga harkat dan martabat satu sama lain dan lain sebagainya. Dengan hal ini, maka dipastikan kerja sama yang terjalin antara Anda dan rekan bisnis Anda akan berjalan dengan baik dan saling memberikan keuntungan satu sama lain.

Itulah tadi sekiranya pembahasan yang sangat bermanfaat bagi Anda mengenai beberapa tips cari rekan bisnis yang tepat untuk menunjang perkembangan dan kesuksesan bisnis usaha Anda di pasaran. 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Budiyanto

09 Oktober 2023

πŸ‘

Balas

. 0

Budiyanto

18 September 2023

πŸ‘

Balas

. 0

Boby

04 September 2023

πŸ‘

Balas

. 0

Budiyanto

16 Agustus 2023

πŸ‘

Balas

. 0

Budiyanto

16 Agustus 2023

πŸ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS