Dirilis

15 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki permintaan tinggi setiap harinya. Karena memang, selain cukup mudah ditemui, telur merupakan salah satu asupan gizi baik, berupa sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran jika usaha agen telur menjadi salah satu peluang bisnis yang jika dimanfaatkan dengan baik dapat berbuah manis. Jika Anda masih pemula dan ingin memulai bisnis ini, simak uraiannya pada pembahasan kali ini.

Tips Memulai Usaha Agen Telur untuk Pemula

Bagi pemula, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha agen telur, diantaranya:

1. Menentukan Jenis Telur

menentukan jenis telur yang akan dijual sebagai agen

Sebagai langkah awal usaha agen telur, kita bisa menentukan jenis telur apa yang akan dijual. Apakah telur ayam kampung, ayam negeri, bebek atau puyuh. Memutuskan hal ini berdasar pada kebutuhan atau minat pasar. 

2. Jalin Kerjasama dengan Supplier

Hal berikutnya adalah, kita harus memiliki koneksi dan menjalin kerjasama dengan supplier atau pemasok telur. Carilah supplier besar yang tepercaya. Dengan kerjasama tersebut, kita bisa mendapat harga yang lebih rendah, atau bahkan bisa mendapat fasilitas lain seperti pengantaran telur dan lain sebagainya.

Selain itu, tak ada salahnya juga jika kita memiliki lebih dari satu link atau relasi pemasok telur. Karena memang distribusinya sangat cepat di pasaran. Hal ini butuhkan untuk menghindari kekurangan atau kehabisan stok yang dapat mengakibatkan lost sale.

3. Mencari Lokasi Bisnis

Hal yang jangan terlewatkan dalam usaha agen telur adalah menentukan lokasi penjualan. Memang sebetulnya, bisnis ini bisa dimulai dari rumah jika memungkinkan dan memadai. Dalam artian luasnya, strategisnya dan pertimbangan lainnya. Atau, sebaiknya kita memilih lokasi lain yang memang strategis, mudah dijangkau dan berpotensi tinggi. 

Seperti misalnya di pasar, dekat dengan beberapa warung atau berada di daerah permukiman yang memang membutuhkan telur sebagai bahan pangan sehari-hari. Nah, tentukan hal ini terlebih dahulu dengan pertimbangan yang matang agar usaha telur Anda bisa berkembang nantinya. 

4. Tentukan Harga Jual

menentukan harga jual agen telur

Sebetulnya, dalam persoalan harga sebagai agen telur tidak akan terlalu kesulitan. Sebab, pasaran harga telur memang tidak jauh berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain, karena harganya memang akan bergantung pada keadaan ekonomi. Namun, kita bisa melakukan survei pasar untuk menentukan harga yang kompetitif. 

Sebaiknya hindari mematok harga yang terlalu tinggi, meski mungkin untungnya memang besar. Namun, jangan juga terlalu rendah. Tetapkanlah sesuai selera dan keadaan pasar.

5. Forecast Stok Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang ketahanannya biasanya hanya sampai sekitar dua minggu, untuk itu kita harus cerdas dalam menentukan forecast stok telur supaya menghindari kerugian dan juga tidak mengalami lost sale. Salah satu caranya adalah dengan memperhitungkan pembelian di periode sebelumnya, atau kita juga bisa menyasar konsumen yang lokasinya memang dekat dengan lokasi usaha agen telur kita.

6. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan

Tips usaha agen telur yang terakhir adalah tentang pelayanan, dengan cara memberi kualitas telur terbaik dan pelayanan yang baik. Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka kepuasan pelanggan bisa terjaga dan akan kembali membeli telur di tempat Anda. Selain itu, kita juga bisa memberikan fasilitas layanan, seperti misalnya delivery atau pengantaran telur dengan minimal pembelian dan lain sebagainya.

Demikian beberapa tips memulai usaha agen telur bagi pemula. Sebelum memulai usaha telur ini, persiapkan berbagai hal di atas supaya pada pelaksanaannya nanti, semua dapat berjalan sesuai dengan rencana. Namun, yang penting dalam menjalankan bisnis adalah memulainya. Karena tanpa aksi, usaha hanyalah wacana. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai usaha ini agar persiapan usaha bisa berjalan lebih matang dan terencana. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha, investasi, SDM, karir, maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS