Dirilis

20 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan di dunia bisnis saat ini berjalan semakin ketat. Agar bisa memenangkan persaingan, tentu dibutuhkan strategi bisnis yang tepat. Tanpa adanya strategi, akan sangat sulit bagi suatu bisnis untuk dikembangkan dan memenangkan persaingan pasar. Bahkan, bukan tidak mungkin bisa mengarah ke gulung tikar atau kebangkrutan. 

 

Pengertian Strategi Bisnis 

Strategi bisnis adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh suatu bisnis untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Tujuan yang dimaksud disini yaitu memperoleh pendapatan yang maksimal dan juga mendapatkan keberhasilan dalam jangka panjang. Pengertian lain strategi bisnis adalah upaya yang dilakukan perusahaan dalam mengambil suatu kebijakan dan juga pedoman yang mempunyai komitmen serta tindakan yang terintegrasi. 

Dalam hal ini strategi bisnis dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis dengan tujuan untuk memenuhi serta mencapai tujuan bisnis. Lantas bagaimana suatu strategi bisa dikatakan baik untuk suatu bisnis? Sebuah strategi yang baik adalah strategi yang bisa berhasil membawa bisnis ke arah yang lebih berkembang dan berhasil mencapai tujuan. Beberapa contoh strategi bisnis diantaranya adalah: 

  • Melakukan diferensiasi produk 
  • Mengakuisisi perusahaan baru
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan 
  • Melakukan cross-selling lebih banyak produk 
  • Membuat produk atau layanan yang baru dan inovatif 



Jenis Strategi Bisnis

Perlu diketahui jika strategi bisnis memiliki 3 jenis, antara lain:

1. Pertumbuhan

Melalui strategi pertumbuhan suatu perusahaan bisa memperluas jumlah pasar serta produk yang ditawarkan. Pertumbuhan ini bisa melalui bisnis yang sudah lama dijalankan atau membuka bisnis baru. Bisnis yang menggunakan jenis strategi satu ini bisa meningkatkan jumlah pendapatan, jumlah karyawan dan juga pangsa pasar.  

2. Stabilitas

Strategi stabilitas adalah suatu strategi dalam suatu organisasi, dimana organisasi tersebut terus melakukan apa yang sedang dilakukan sekarang.  Contohnya terus melayani konsumen atau pelanggan yang sama dengan cara menawarkan produk maupun layanan yang sama, mempertahankan operasi bisnis saat ini dan terus mempertahankan pangsa pasar yang ada. Melalui strategi ini maka perusahaan tidak akan mengalami pertumbuhan dan tidak akan mengalami kemunduran.

3. Pembaharuan 

Jika suatu perusahaan sedang mengalami masalah maka harus segera melakukan sesuatu. Dimana manajer harus mengembangkan suatu strategi. Strategi yang dimaksud adalah strategi pembaharuan. Tujuan strategi ini untuk menangani penurunan kinerja bisnis, baik itu dari segi penurunan penjualan atau manajemen bisnis. 

 

Manfaat Strategi Bisnis 

Adapun manfaat strategi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Menyetujui kesepakatan-kesepakatan di antara mitra bisnis
  • Menetapkan nilai suatu bisnis untuk tujuan penjualan maupun keperluan hukum bisnis
  • Promosi
  • Bisa memperluas usaha
  • Bisa menilai suatu lini produk baru
  • Membantu mempertahankan fokus pada tujuan-tujuan utama
  • Memberikan referensi terhadap pengukuran hasil-hasil yang akurat
  • Alat untuk mengevaluasi jalan alternatif yang sesuai dengan perencanaan

 

Tips dan Strategi Bisnis untuk Mendapatkan Keuntungan yang Optimal 

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan keuntungan optimal

 

1. Memperhatikan Kualitas

Hari demi hari banyak bisnis baru bermunculan yang menawarkan produk yang beragam sehingga persaingan semakin ketat. Jika Anda ingin memenangkan persaingan tersebut maka harus memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan. Tidak hanya kualitas produk, tetapi juga kualitas jasa atau layanan.

2. Kenali Target Pasar 

Sebelum menjual produk, sebaiknya terlebih dahulu mengenali target pasar menggunakan strategi bisnis. Caranya Anda harus  menjadi konsumen terlebih dahulu dengan menggunakan produk yang Anda jual sendiri. Dengan cara ini maka Anda bisa memberikan tester kepada calon target pangsa pasar sehingga mengetahui apa yang diinginkan konsumen.

3. Melakukan Promosi

Promosi menjadi salah satu strategi bisnis yang tidak boleh dilewatkan untuk menambah calon konsumen. Saat ini promosi bisa dilakukan dengan mudah dan gratis melalui media sosial. 



Nah, itulah informasi tentang pengertian strategi bisnis dan manfaat secara lengkap. Pada dasarnya, strategi sangat penting dan harus dimiliki oleh suatu perusahaan agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan mengarah pada kemajuan. Anda bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar bagaimana strategi terbaik untuk kemajuan bisnis Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

22 September 2021

?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

22 September 2021

?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

22 September 2021

?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

22 September 2021

?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

22 September 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS