Dirilis

13 Juli 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Tanpa konsumen, tentu bisnis tidak bisa sukses. Oleh karena itu, mampu menarik sebanyak mungkin konsumen adalah hal yang perlu Anda perjuangkan. Semakin banyak konsumen, maka semakin baik pula perkembangan dan pertumbuhan bisnis yang dijalankan.

Nah, Bila sudah memiliki jumlah konsumen yang cukup besar, Anda perlu menjaga kepuasan dan loyalitas mereka. Hal ini berkaitan dengan kelangsungan bisnis. Jika konsumen puas dan loyal, mereka akan menggunakan jasa atau produk Anda dalam kurun waktu yang lama.

1. Tawarkan berbagai macam program yang menarik
Banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan program menarik lewat kartu keanggotaan (member card). Biasanya, konsumen yang memiliki member card akan mendapat berbagai keuntungan, seperti diskon harga hingga bonus tertentu. Anda bisa menawarkan program seperti ini untuk menjaga loyalitas konsumen. Tawaran diskon akan menarik perhatian konsumen dan tentunya tidak akan merugikan bisnis Anda.

Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Anda juga bisa sesekali mengadakan program lain yang menguntungkan bagi konsumen. Misalnya membuka peluang re-seller untuk para konsumen setia Anda. Dengan begitu, konsumen setia Anda akan mendapatkan keuntungan dari peluang bisnis yang diberikan dan Anda pun dapat memperoleh konsumen baru dari bisnis re-seller tersebut. Hubungan yang saling menguntungkan tentu efektif untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan.

2. Berikan perhatian lebih kepada konsumen
Terkadang, dalam menjalankan bisnis Anda hanya fokus terhadap penawaran yang diberikan kepada konsumen tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Misalnya, Anda menawarkan produk kecantikan dan hanya menawarkan produk tersebut dengan sejuta keunggulannya tanpa menimbang kebutuhan konsumen. Cara ini sulit berhasil karena konsumen hanya akan menganggap Anda menjual produk.

Tujuan utamanya tentu adalah menjual produk, namun dalam prosesnya Anda perlu memberikan perhatian lebih kepada konsumen, baik sebelum maupun setelah melakukan transaksi. Contoh, Anda bisa memberikan katalog untuk menarik perhatian konsumen dan memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang ditawarkan. Menawarkan produk dengan memberikan perhatian pada konsumen cenderung membuat mereka lebih puas dan loyal nantinya.

3. Follow-up setelah transaksi
Bisnis yang sukses tidak didapat hanya dengan konsumen membeli produk atau menggunakan jasa Anda sekali kemudian pergi. Diperlukan konsistensi, kepuasan, dan loyalitas konsumen apabila Anda ingin bisnis yang dijalankan tumbuh lebih besar. Oleh karena itu, poin melakukan follow-up setelah terjadinya transaksi sangat penting untuk dilakukan. Hal ini menunjukkan kepedulian Anda pada konsumen dan dapat memperluas angka konsumen yang setia.

Anda bisa melakukan follow-up dengan menanyakan tingkat kepuasan mereka terhadap produk atau jasa yang diberikan bisnis Anda. Jika tengah mengadakan program menarik seperti give away, Anda mungkin bisa mengabarkan konsumen lama untuk ikut berpartisipasi dan memberikan peluang lebih besar kepada mereka. Ingat, bisnis yang sukses bukan hanya tentang mencari konsumen baru, namun menjaga konsumen lama untuk setia kepada bisnis Anda.

Follow-up ini juga bisa Anda lakukan dengan menunjukkan kepedulian terhadap konsumen dengan tidak mengabaikan mereka. Anda bisa mengirimkan email kepada konsumen yang berisi ucapan terima kasih dan permintaan pemberian rating atau masukan untuk pertumbuhan bisnis. Cara ini membuka peluang konsumen yang sudah melakukan transaksi dalam bisnis Anda akan kembali lagi nantinya.

4. Jalankan sistem simple point dalam loyalty program
Satu lagi cara umum yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, dengan mengadakan loyalty program. Loyalty Program ini menerapkan system simple point atau point sederhana untuk konsumen setia Anda. Setiap transaksi yang dilakukan oleh konsumen akan diberikan poin tertentu. Poin inilah yang nantinya bisa dikumpulkan oleh konsumen dan ditukarkan dengan berbagai reward menarik.

Cara ini tidak hanya sederhana namun juga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Apalagi diskon atau freebies pastinya selalu menarik untuk didapatkan. Cara satu ini sangat cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis penjualan produk berupa barang atau bisnis retail seperti toko kosmetik, supermarket, hingga department store. Karena dipercaya efektif dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.

5. Informasikan berbagai biaya tambahan dari awal agar konsumen tidak merasa tertipu
Khususnya bagi Anda yang menjalankan bisnis online, menginformasikan kepada konsumen bahwa mereka harus membayar biaya tambahan tertentu dari awal sangat penting dilakukan. Dilansir hubspot, sebuah studi menunjukkan bahwa cart abandonment pada bisnis fashion, retail, dan travel mencapai 75,6%. Angka ini disebabkan oleh adanya biaya tambahan seperti pajak dan shipping fee yang memaksa konsumen harus membayar biaya lebih.

Tentu biaya tambahan tidak ada salahnya, apalagi berbelanja online perlu biaya kirim dan sebagainya. Namun, yang penting adalah Anda sudah memberi tahu pelanggan mengenai biaya tersebut dari awal. Langkah ini akan meminimalkan konsumen yang kemungkinan merasa tertipu dan tidak jadi melakukan pembelian. Menginformasikan berbagai biaya tambahan dari awal juga akan membantu meningkatkan kepuasan konsumen dan loyalitasnya terhadap bisnis Anda.

Amazon merupakan salah satu perusahaan yang sukses menerapkan sistem satu ini. Sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia, Amazon mempunyai Amazon Prime yang merupakan layanan subscription berbayar. Layanan ini tidak hanya memberikan konten streaming video dan musik, namun juga akses pengiriman gratis.

Untuk menikmati semua layanan tersebut, Amazon dari awal telah menginformasikan kepada konsumen bahwa mereka harus membayar USD 10.99 per bulan. Cara ini berhasil meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen karena sudah mengetahui syarat tersebut sebelum melakukan transaksi, sehingga tidak merasa tertipu.

6. Lakukan kerjasama dengan pihak lain
Kunci menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen satu ini disebut dengan strategic partnership. Anda bisa melakukan kerja sama dengan pihak lain, seperti perusahaan yang bukan saingan untuk memberikan keuntungan lebih kepada konsumen. Cara ini sangat efektif untuk mempertahankan konsumen dan menjaga loyalitas mereka.

Apabila bekerja sama dengan perusahaan lain, Anda dapat memberikan keuntungan lebih besar kepada konsumen yang mungkin belum tentu bisa Anda lakukan sendiri. Misalnya, jika Anda menjual produk perawatan wajah, bekerjasamalah dengan beberapa salon kecantikan untuk menggunakan produk Anda dan memberikan penawaran khusus pada konsumen.

Anda bisa memberikan diskon atau voucher scrub wajah apabila konsumen membeli produk kecantikan yang Anda jual. Cara ini tidak hanya menarik bagi konsumen, namun juga dapat memperluas networking bisnis Anda.

Itulah beberapa cara menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen yang bisa dilakukan. Yang Anda butuhkan adalah kedisiplinan dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada. Ingatlah bahwa konsumen yang puas dan loyal akan mendorong bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS