Dirilis

16 Mei 2024

Penulis

Ari Handojo

Banyak orang menganggap bisnis itu sebuah perjalanan panjang dengan banyak tantangan. Apakah Anda sepakat? Yap, banyak sekali tantangan, hambatan, dan kendala tetapi tidak mungkin bukan jika tidak memiliki strategi untuk menghadapinya?

Strategi yang baik bisa tercipta jika Anda memahami area medan yang perlu ditaklukkan. Seperti halnya, berbisnis perlu mengetahui pasar. Menganalisis pasar menjadi penting untuk Anda mengambil keputusan bisnis.

Ingatkah Anda dengan Perusahaan Nokia? Hampir setiap orang memiliki HP Nokia di era akhir tahun 1990-an. Tapi apa yang terjadi? Berkali-kali sudah memunculkan inovasi tetapi belum bisa berjaya seperti dulu. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya Nokia menganalisis kebutuhan pasar.

Belajar dari kasus tersebut, maka penting bagi Anda untuk menganalisis pasar dalam mengambil keputusan bisnis. Mengapa demikian? Apa peran dari analisis pasar? Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

 

Apa itu Analisis Pasar ?


Analisis pasar adalah menilai kondisi pasar secara mendalam baik dari segi konsumen, persaingan, peluang, hambatan masuk dan lingkungan ekonomi. Anda melihat pasar untuk memahami segmen permintaan dan penawaran produk yang Anda miliki.

Menganalisis pasar juga turut melihat tren pasar yang terjadi seperti apa dan bagaimana perkembangannya. Dengan begitu Anda mampu melihat potensi pasar yang bisa menjadi peluang berharga untuk Anda.

Analisis pasar pun bisa menjadi landasan Anda untuk mengambil keputusan bisnis. Keputusan yang baik pasti muncul dari data dan fakta yang akurat.
6 Peran Analisis Pasar dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Bisnis

Analisis pasar memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan manajemen bisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa analisis pasar penting dalam pengambilan keputusan bisnis:

 

1.     Pemahaman Pelanggan

Analisis pasar membantu dalam memahami kebutuhan, preferensi, perilaku, dan tren pelanggan. Dengan pemahaman yang baik tentang pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, mengoptimalkan strategi pemasaran, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Dapatkan Kepuasan Konsumen Melalui Hal Berikut Ini

 

2.     Identifikasi Peluang

 Analisis pasar membantu dalam mengidentifikasi peluang pasar yang baru atau berkembang. Dengan mempelajari tren pasar, perubahan permintaan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pasar, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk memanfaatkan peluang tersebut. Ini dapat melibatkan pengembangan produk baru, ekspansi pasar, atau diversifikasi bisnis.

 

3.     Evaluasi Kompetitor

Analisis pasar memungkinkan perusahaan untuk melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap pesaing di pasar. Dengan memahami kekuatan, kelemahan, strategi, dan taktik pesaing, perusahaan dapat mengembangkan strategi kompetitif yang efektif. Analisis pasar membantu mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang dapat dimanfaatkan dan mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh pesaing.

Anda dapat menerapkan competitor analysis, identifikasi apa yang Anda miliki dan apa yang dimiliki kompetitor Anda. Pada analisis itu akan terlihat apakah sebenarnya Anda lebih unggul atau tidak dari para kompetitor. Jika tidak, maka Anda perlu berpikir kembali, apa yang bisa Anda tawarkan tetapi kompetitor tidak menawarkan itu.

Baca juga: Mengenal Pengertian Kompetitor dan Cara Menghadapinya

 

4.     Pengembangan Strategi Pemasaran

Analisis pasar membantu dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memahami preferensi konsumen, perilaku pembelian, kanal distribusi, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pemasaran, perusahaan dapat mengoptimalkan upaya pemasaran mereka. Analisis pasar membantu dalam penetapan harga yang tepat, penentuan saluran distribusi yang efektif, dan pengembangan pesan pemasaran yang relevan.

 

5.     Pengambilan Keputusan Investasi

Analisis pasar penting dalam pengambilan keputusan investasi. Dengan memahami potensi pertumbuhan pasar, tren industri, dan risiko-risiko yang terkait, perusahaan dapat melakukan evaluasi yang baik terhadap proyek investasi. Analisis pasar membantu perusahaan untuk mengidentifikasi mana investasi yang menguntungkan dan yang merugikan serta mengurangi risiko-risiko yang terkait.

 

6.     Perencanaan Strategis

Analisis pasar menjadi dasar yang kuat untuk perencanaan strategis bisnis. Informasi tentang pasar dan lingkungan bisnis membantu perusahaan dalam merumuskan visi, misi, tujuan, dan strategi jangka panjang. Analisis pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada di pasar, serta mengembangkan rencana tindakan yang tepat.

Banyak bukan manfaat analisis pasar yang sangat berpengaruh untuk bisnis? Dalam rangka membuat keputusan yang baik, manajemen bisnis harus mengandalkan analisis pasar yang cermat dan menyeluruh. 

Banyak informasi menarik lainnya tentang dunia bisnis yang dapat Anda temukan di Daya.id. Yuk segera daftarkan diri anda di sini  secara Gratis dan jika Anda ada pertanyaan yang ingin didiskusikan. Jangan lupa gunakan fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

33 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Dewi Khotijah

05 July 2024

Sangat menarik, terimakasih sudah berbagi informasi

Balas

. 0

UUN SOLEHAH

02 July 2024

Tetap menjadi yang terbaik daya.id

Balas

. 0

Rofai

02 July 2024

Top mantap the best

Balas

. 0

Nayla

02 July 2024

Tetaplah menjadi inspirasi terimakasih

Balas

. 0

Rohyati

02 July 2024

Jaya selalu terimakasih inspirasinya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS