Dirilis

31 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Di dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya Anda akan memiliki pesaing, rival atau kompetitor yang bisa saja mengancam perusahaan. Kompetitor adalah pihak yang menjadi pesaing dalam bisnis Anda. Sebenarnya adanya kompetitor dalam sebuah usaha maupun bisnis merupakan sesuatu yang wajar dan lumrah. Anda tidak perlu merasa patah semangat hanya karena adanya kompetitor.

 

Sebenarnya, Apakah Kompetitor Itu?

Pengertian kompetitor
Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kompetitor adalah satu pihak yang memiliki jenis bisnis yang sama dengan milik Anda. Kompetitor bisa saja hanya satu di sekitar Anda namun seringkali jumlahnya cukup banyak. Lalu apakah Anda harus menyerah dan berkecil hati karena adanya kompetitor tersebut? Jawabannya tidak!
Justru Anda harus memiliki persepsi dan pandangan yang sebaliknya bahwa kompetitor menjadi titik awal pengembangan bisnis Anda tersebut. Adanya kompetitor sebaiknya Anda jadikan sebagai tantangan dan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Anda harus jeli dan memahami apa yang harus dilakukan kepada kompetitor tersebut. Kalau sekali saja Anda salah memperlakukan kompetitor bisa menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Pelanggan Anda bisa beralih ke lain hati dan lebih memilih kompetitor Anda tersebut.

 

Trik untuk Menghadapi Kompetitor

trik menghadapi kompetitor
Agar pelanggan tetap loyal dan tidak beralih kepada kompetitor Anda maka ketahui dulu apa yang harus Anda lakukan. Pahami bahwa untuk mengalahkan kompetitor Anda membutuhkan trik dan strategi tertentu bukan hanya berdasarkan emosi saja. Nah, inilah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan agar bisa mengalahkan kompetitor bisnis Anda.

 

1. Jangan Jadi Peniru

Meskipun Anda merasa kesal dengan kompetitor jangan sampai salah mengambil tindakan yang bisa merugikan. Sebesar apapun kekesalan Anda tetaplah berpikir dengan jernih demi masa depan bisnis. Satu hal penting yang harus Anda pegang adalah jangan menjadi peniru dari kompetitor.

Sekalipun Anda melihat kelebihan konsep pada bisnis kompetitor jangan sampai menjadi plagiat. Jika Anda melakukannya justru akan merusak reputasi bisnis dan sudah membuat kompetitor menjadi pemenangnya. Pelajari saja apa yang menjadi kelebihan konsep bisnis kompetitor Anda lalu pikirkan bagaimana membuat konsep yang lebih bagus. Anda mungkin bisa mengembangkan konsep yang sudah diusung oleh kompetitor melalui sisi yang berbeda.

 

2. Jangan Meremehkan Persaingan

Seringkali hal yang buruk terjadi karena kebiasaan menyepelekan sesuatu termasuk kompetitor Anda. Kompetitor Anda tersebut mungkin memang pemain baru dalam bidang bisnis yang Anda geluti namun jangan pernah menganggapnya enteng.

Tidak menutup kemungkinan kompetitor justru telah mempelajari kelemahan dari bisnis Anda dan itu akan membantu mereka lebih cepat menjadi lebih besar. Di saat Anda masih santai dan menganggap kecil kompetitor kemungkinan besar mereka sudah siap-siap berlari dan menyalip bisnis Anda.

 

3. Tetap Waspada dengan Persaingan

Sebuah keuntungan jika masyarakat yang menjadi konsumen Anda tetap memilih produk Anda sekalipun sudah banyak kompetitor. Itu semua juga berkat kerja keras Anda dan tim dalam perusahaan membangun branding yang kuat. Tetapi apakah Anda harus berhenti sampai disitu saja?

Ingatlah bahwa setiap hari akan muncul bisnis dan produk sejenis yang menjadi kompetitor Anda. Mungkin hari ini konsumen masih menyukai produk Anda tapi siapa yang bisa menjamin itu akan berlangsung lama. Selera konsumen dinamis dan berubah sehingga bisa saja suatu saat meninggalkan Anda.

Tetap waspada dengan kemungkinan munculnya kompetitor sehingga Anda tidak akan berhenti melakukan inovasi. Melakukan inovasi dalam sebuah bisnis menjadi salah satu faktor yang bisa membuat konsumen tetap loyal.

 

4. Tetap Bermain Bersih

Bagaimanapun kondisinya jangan pernah berpikir untuk mengalahkan kompetitor dengan cara kotor. Lebih baik lakukan evaluasi dan inovasi terhadap bisnis Anda sehingga bisa menemukan cara terbaik untuk mengalahkan kompetitor. Bermain kotor hanya akan merusak citra dan reputasi bisnis Anda sendiri di mata masyarakat.
Itulah pengertian dan cara untuk menghadapi kompetitor. Jika dicerna lebih dalam, sebenarnya kompetitor adalah faktor yang bisa mendorong perubahan lebih baik pada bisnis Anda. Dengan adanya kompetitor Anda bisa memikirkan kembali apa yang harus diperbaiki dari bisnis Anda tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar kompetitor usaha dan bagaimana agar bisa memenangkan persaingan.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS