Dirilis

20 Januari 2021

Usaha konveksi menjadi salah satu usaha yang tak ada matinya. Sebab, tren fashion terus mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga bisnis ini terus menjadi salah satu peluang usaha yang dirintis oleh para pengusaha pemula. Anda pun bisa memulai bisnis konveksi ini, walaupun modalnya masih terbatas. Karena Anda bisa memulai dengan skala kecil terlebih dulu.

Tips dan Cara Memulai Usaha Konveksi dari Skala Rumahan

Berikut ini beberapa tips dan cara memulai usaha di bidang konveksi yang bisa Anda lakukan:

1. Mempersiapkan Modal dengan Matang

Bisnis apapun tentu membutuhkan sejumlah modal yang mencukupi untuk memenuhi segala kebutuhan dalam menjalankan bisnis tersebut. Tak terkecuali bisnis konveksi ini, Anda juga harus memiliki modal yang mencukupi. Jadi, pastikan lagi bahwa modal yang Anda miliki untuk memulai produksi ini memang sudah siap. Jika modal yang dimiliki masih terbatas, maka Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha agar usaha konveksi yang Anda miliki bisa segera dieksekusi.

2. Menetapkan Supplier atau Pemasok yang Tepat

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis konveksi adalah menetapkan supplier yang tepat. Dalam bidang konveksi ini, supplier yang diperlukan diantaranya adalah pemasok untuk bahan-bahan konveksi, percetakan, penjahit, kemasan, sampai label pakaian. Pemilihan supplier bisa disesuaikan lagi dengan budget yang dimiliki dan strategi penjualan seperti apa yang Anda lakukan.

3. Menentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Persiapan awal yang bisa Anda lakukan dalam bisnis konveksi ini adalah jenis produk apa yang nantinya akan Anda produksi kemudian dijual. Misalnya, Anda akan memproduksi pakaian wanita saja, ditambah dengan pakaian anak-anak dan lelaki, atau bisa juga khusus pakaian anak-anak. Penentuan jenis produk juga bisa menentukan strategi pemasaran yang Anda lakukan.

4. Membangun Kepercayaan dan Membuat Brand Produk

Anda juga membutuhkan kepercayaan dari para pelanggan. Kepercayaan ini dibangun untuk reputasi bisnis yang dikenal baik oleh para pelanggan. Cara membangun kepercayaan ini bisa dengan membuat konten di media sosial. Selain itu, bangun juga brand produk dari mulai logo, desain konten yang sesuai, hingga menunjukkan visi usaha Anda. Selain itu, pelayanan yang baik dan profesional juga menjadi kunci lain dari kepercayaan konsumen. Berikan respon yang ramah dan cepat kepada para pelanggan. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai dan puas dengan usaha Anda.

5. Mengamati Tren Pasar

Dalam berbisnis konveksi, mengamati tren pasar adalah wajib dilakukan. Karena hal itu berkaitan dengan fashion yang sedang tren pada saat itu. Tren pakaian dari tahun ke tahun tentu berbeda-beda. Anda bisa melihat trend pasar pakaian melalui berbagai media seperti majalah fashion, pembahasan fashion di YouTube, atu dari media sosial. Jadi, jangan sampai Anda membuat produk pakaian yang ketinggalan zaman.

Jenis Usaha Konveksi yang Bisa Dipilih

Ada beberapa jenis usaha konveksi yang bisa dipilih untuk dijalankan. Diantaranya adalah:

  1. Konveksi Baju Anak
  2. Konveksi Kaos
  3. Konveksi Pakaian Muslim atau Jilbab
  4. Konveksi Khusus Baju Wanita atau Pria
  5. Konveksi Baju Olahraga

Usaha konveksi memang menjadi salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Sebab, manusia akan selalu membutuhkan pakaian untuk digunakan. Itulah beberapa strategi untuk memulai usaha konveksi agar bisa meraih keuntungan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha ini.

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan bekal dan pengetahuan yang cukup dan matang untuk menjalankan usaha ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS