Dirilis

15 Juni 2020

Penulis

Linda Budiyarti

Pada tanggal 14 Juni 2020 tercatat jumlah kasus positif  COVID-19 di Indonesia mencapai 38.277 Jumlah kasus positif COVID-19 yang terus meningkat membuat pemerintah masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah zona merah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan lain-lain.

Pemberlakuan PSBB ini ternyata berdampak cukup besar terhadap perekonomian Indonesia. Tidak sedikit tenaga kerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan. Di lansir dari Kompas.com tercatat tenaga kerja yang telah di PHK per tanggal 16 April 2020 sebanyak 229.789 dan yang dirumahkan sebanyak 1.270.367 orang.

Selain berdampak pada sektor ekonomi, pandemi COVID-19 juga berimbas pada pergeseran perilaku manusia. Dikutip dari Katadata.com, diprediksi akan terjadi pergeseran perilaku manusia karena  masalah-masalah dan kebutuhan  yang muncul akibat pandemi. Beberapa pergeseran perilaku yang sudah mulai terasa adalah kebiasaan belajar dari rumah, bekerja dari rumah atau kos-kosan, perilaku hidup sehat yang semakin meningkat, dan lain-lain.

Pergeseran perilaku manusia ini akan memunculkan peluang usaha menjanjikan yang sebelumnya mungkin belum pernah terpikirkan. Nah, berikut ini ulasan beberapa peluang usaha baru berikut yang mungkin dapat Anda lakukan untuk  bertahan hidup di situasi krisis seperti saat ini.


1. Katering Harian
Di sejumlah lokasi kawasan industri atau perkatoran pada umumnya terdapat kos-kosan pegawai. Dengan pembatasan aktivitas selama PSBB membuat sebagian besar pegawai harus bekerja dari kosan. Katering harian bisa menjadi solusi bagi para pegawai yang enggan bepergian untuk mencari makanan. Selain itu kebersihan makanan pun bisa lebih terjamin karena Anda menawarkan katering harian yang terjaga kebersihannya.

2. Makanan Siap Masak (Ready to Cook)
Bagi seorang ibu pekerja, selama Work From Home (WFH) tidak hanya mengurus pekerjan kantor saja, tetapi juga urusan rumah tangga seperti memasak untuk anggota keluarga. Kesibukan kantor dan rumah tangga membuat seorang Ibu pekerja kerap kali bingung hendak masak apa yang mudah dan cepat namun rasanya tetap nikmat.

Makanan siap masak (ready to cook) ini menyediakan bahan masakan dan bumbu serta petunjuk langkah-langkah memasaknya. Sehingga ketika memasak Anda  hanya memasukan bahan-bahan dan bumbu  yang telah tersedia dengan urutan sesuai petunjuk yang ada di kemasan. Sangat mudah bukan?

3. Makanan Beku (Frozen Food)
Bagi orang yang malas memasak, makanan beku (frozen food) juga bisa menjadi andalan. Cukup masukan makanan beku ke dalam microwave atau panaskan sebentar (jika tidak mempunyai microwave), makanan bisa langsung disajikan. Kemudahan ini membuat makanan beku banyak digandrungi masyarakat. Selain itu makanan beku juga mudah didistribusikan melalui delivery online. Banyaknya peminat dan mudah didistribusikan membuat makanan beku ini menjadi peluang bisnis yang bagus.

4. Camilan (Snack) Kiloan Online
Camilan (snack) digemari semua kalangan. Situasi pandemi saat ini membuat sebagian besar orang belajar dan bekerja dari rumah yang lebih asyik ditemani camilan. Jual camilan kiloan secara online bisa menjadi peluang bisnis yang gurih, segurih rasa camilan. Langkah memulainya pun cukup mudah, Anda bisa menemukan produsen camilan di internet dan bisa mulai bisnis dengan mempromosikannya di sosial media Anda, atau orang-orang terdekat dengan Anda.


5. Sayur dan Buah Segar Online
Pembatasan sosial membuat sebagian besar lingkungan pemukiman melakukan pembatasan aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Salah satunya berkerumun di penjual sayur yang kerap terjadi. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan berjualan sayur dan buah ke sekitar lingkungan Anda melalui media sosial yang Anda miliki.

6. Les Private atau Kursus  Online
Salah satu kebijakan yang pemerintah keluarkan selama masa pandemik ini adalah belajar dari rumah. Kondisi ini membuat banyak orang tua kewalahan dalam mendampingi anak-anak mereka saat belajar. Hal ini bisa menjadi peluang usaha baru bagi para mahasiswa yang saat ini sudah lulus namun belum mendapat pekerjaan karena terkendala situasi pandemi.

7. Alat Kebersihan dan Kesehatan
Salah satu pergeseran perilaku yang cukup menonjol akibat pandemi ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan. kebutuhan alat-alat kebersihan dan kesehatan seperti masker kain, hand sanitizer, desinfektan, dan lain-lain meningkat tajam di kuartal pertama 2020. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Tidak dapat dipungkiri pandemi ini banyak merugikan masyarakat. Namun ternyata bencana pandemi ini juga memunculkan peluang-peluang usaha menjanjikan, yang dapat Anda coba untuk tetap bertahan hidup di masa krisis seperti saat ini.

Agar Anda dapat membuka usaha dengan cara yang benar simak artikel Pikirkan Ini Sebelum Memulai Usaha

Jika Anda masih ragu atau bingung bagaimana cara memilih berbagai peluang usaha yang ada silakan kunjungi fitur Peluang Usaha Baru untuk melihat peluang usaha yang ada di daya.id atau silahkan berkonsultasi dengan tim ahli kami di fitur Tanya Ahli. Jika tidak Anda mulai sekarang, mau kapan lagi?

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS