Dirilis

27 September 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Jika menyebut usaha ternak, sebagian Anda mungkin langsung mengaitkannya dengan sapi atau kambing. Padahal, banyak lho jenis hewan lain yang juga bisa menjadi peluang usaha ternak. Sama halnya seperti ternak sapi atau kambing yang memiliki peluang besar, pada artikel kali ini akan membahas mengenai ide usaha ternak modal kecil yang menjanjikan. Penasaran? Yuk baca artikel ini sampai habis!

 

Ide Usaha Ternak Modal Kecil

Selain ternak sapi atau kambing, masih banyak peluang ternak lainnya yang bisa Anda lakukan dengan modal ratusan hingga jutaan rupiah saja lho. Berikut beberapa ide usaha ternak dengan modal minim yang menjanjikan untuk Anda.

 

1.    Ternak Ayam

Anda bisa memilih antara ternak ayam pedaging atau petelur, karena kedua ayam tersebut berasal dari ras yang berbeda. Namun keduanya memiliki peluang usaha yang sama-sama besar. Di Indonesia sendiri, kuliner dengan olahan ayam sangat mudah dijumpai. Hal inilah yang membuat usaha ternak ayam pedaging atau petelur menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di samping maraknya industri kuliner berbahan dasar ayam.

 

2.    Ternak Ikan Lele


Terkenal dengan budi dayanya yang mudah, ternak lele menjadi salah satu peluang usaha dengan modal minim yang menjanjikan. Memulai usaha ternak lele bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan ember atau drum plastik jika Anda memiliki budget yang terbatas. Harga jual ikan lele yang siap panen pun beragam, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp28 ribu per kilonya tergantung jenisnya.

 

3.    Ternak Tikus Putih

Meskipun banyak orang yang menganggap tikus adalah hewan yang menjijikan. Namun siapa sangka, bahwa ternak tikus putih bisa membawa keuntungan lho. Anda bisa mendapatkan bibit tikus putih mulai dari Rp5 ribu per ekornya, dan bisa menjual tikus putih siap panen dengan harga Rp12 ribu sampai Rp 50ribu per ekor tergantung ukurannya. Target pasar tikus putih bukan hanya para pecinta ular atau reptil saja lho, namun tikus putih juga sering dicari untuk keperluan praktikum di berbagai universitas.

 

4.    Ternak Burung Puyuh

Santapan unggas lainnya yang tidak kalah enak tentu saja burung puyuh. Daging hingga telurnya sering disajikan menjadi makanan pendamping di berbagai restoran maupun warung makanan. Anda bisa mendapatkan bibit burung puyuh dengan harga sekitar Rp8 ribu per ekornya. Kandang yang diperlukan untuk ternak burung puyuh juga tidak terlalu besar, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

 

5.    Ternak Ikan Hias


Ternak hewan yang satu ini tentu bisa Anda mulai dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Jenis ikan hias yang dapat Anda jual pun beragam, mulai dari ikan air tawar seperti cupang, lohan, koi, dan ikan mas koki. Ataupun ikan hias air laut seperti blue tang, clownfish, dan angelfish. Harga bibit ikan hias sendiri pun beragam, tergantung jenisnya.

 

Kiat Memulai Usaha Ternak 

Meskipun hewan ternaknya berbeda, pada dasarnya ada hal serupa yang harus Anda perhatikan saat memulai usaha ternak hewan. Apa saja hal yang harus Anda perhatikan? Berikut kiat-kiat memulai usaha ternak Anda sendiri,

 

1.    Pilih Bibit Unggul

Hal utama yang harus Anda perhatikan tentunya memilih bibit yang unggul. Pastikan Anda memilih bibit dengan kondisi yang sehat. Anda juga bisa melihat bagaimana kondisi kandang, dan pakan yang diberikan oleh penjual bibit sebagai pertimbangan Anda dalam membeli bibit hewan ternak nantinya.

 

2.    Selalu Jaga Kualitas Kandang atau Kolam

Jika bibit hewan ternak sudah sampai ke tangan Anda, maka langkah selanjutnya adalah pastikan Anda menjaga kualitas kanda atau kolam ternak Anda. Jangan lupa untuk selalu cek kebersihan dan membersihkan kandang atau kolam sesuai dengan hewan yang Anda rawat. Menjaga kualitas kandang atau kolam dengan baik akan menghindari ternak Anda dari stress.

 

3.    Perhatikan Pakan dan Vitamin Hewan Ternak

Hal penting berikutnya adalah Anda harus tepat dalam memberikan pakan ternak Anda. Memberikan pakan yang sesuai dengan kualitas yang baik, tentu akan meningkatkan kualitas ternak Anda juga. Jangan lupa beri vitamin sesekali jika diperlukan.

 

4.    Perhatikan Prosedur Panen yang Betul

Terakhir, Anda juga perlu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memanen hewan ternak Anda. Diumur berapakah hewan ternak Anda siap untuk dipanen? Jika terdapat kesalahan prosedur pada tahap ini, dapat berdampak pada penurunan kualitas ternak saat sampai ke tangan konsumen. Bahkan hal ini bisa menyebabkan hewan ternak stres bahkan mati.

Nah, itu tadi lima ide usaha ternak dengan modal minim yang bisa Anda coba. Jangan ragu untuk memulainya ya.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam memulai usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Asril

30 November 2022

πŸ‘

Balas

. 0

Dedy rachim

21 November 2022

πŸ‘

Balas

. 0

Ahmadmunawari

07 November 2022

πŸ‘

Balas

. 0

Wendi Purwanto

31 Oktober 2022

πŸ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS