Dirilis

19 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu fungsi utama dari jasa angkutan laut adalah sebagai alat transportasi pengangkutan barang. Kebutuhan akan jasa pengangkutan barang melalui laut saat ini memang cukup tinggi mengingat semakin banyaknya transaksi online baik dari dalam maupun luar negeri. Menggunakan kargo lewat laut dirasa lebih murah dari segi biayanya dan bisa mengangkut barang berukuran besar.

Jika Anda ingin melakukan usaha di bidang tersebut maka tidak bisa dilepaskan dari ekspedisi atau cargo. Selain harus mengurus perizinan, Anda juga harus mengetahui bagaimana kiat dan tips sukses menjalankan usaha tersebut.


5 Kiat dan Tips Sukses Membuka Jasa Angkutan Laut

Mengingat jumlah modal yang diperlukan dalam usaha di bidang jasa angkutan laut tidaklah sedikit maka Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Simak beberapa tips sukses usaha jasa angkutan laut berikut ini: 

 

1. Urus Izin dan Siapkan Modalnya

menyiapkan modal jasa angkutan laut

Ada beberapa izin yang harus Anda urus dan penuhi sebelum bisa memulai operasional usaha angkutan laut. Perlu diketahui khusus untuk jenis jasa ini memang izinnya agak rumit sehingga Anda harus telaten dan sabar saat mengurusnya. 

Beberapa dokumen harus Anda persiapkan lebih dulu seperti akta pendirian perusahaan angkutan laut, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), NPWP dan sebagainya. Selain itu siapkan juga besaran modal yang disetorkan minimal yang harus Anda miliki yaitu sekitar Rp12,5 miliar. Sedangkan modal dasar perusahaan minimal Rp50 miliar.


2. Lakukan Promosi Secara Tepat

Satu hal yang cukup penting dalam menjalankan usaha adalah pemasaran. Bagaimanakah caranya? Lakukan promosi tentang usaha Anda tersebut dengan cara yang tepat. Anda bisa melakukan strategi promosi online maupun offline. Untuk cara offline, Anda bisa menggunakan iklan, brosur, banner, atau baliho. 

Sementara itu, untuk promosi online, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Contohnya instagram, facebook, twitter, dan sebagainya. Buat akun media sosial untuk memperkenalkan jasa angkutan laut Anda. Promosi ini akan sangat berdampak pada jumlah orang yang mengetahui usaha Anda tersebut sehingga akan menggunakan jasa Anda. 


3. Jalin Kerjasama dengan Pihak Lain

menjalin kerjasama jasa angkutan laut

Jasa angkutan laut yang Anda kelola akan lebih menguntungkan jika dijalankan dengan menjalin kerjasama. Sebab, ini akan membuat peluang dipakainya jasa angkutan laut yang Anda miliki jadi semakin besar. Anda bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan ekspedisi untuk menggunakan kapal Anda sebagai sarana pengangkutan paket.

Selain itu Anda juga bisa bekerjasama dengan perusahaan asuransi dalam rangka memberikan jaminan pada barang yang diangkut menggunakan kapal milik Anda.  Tanpa adanya asuransi maka barang yang dikirimkan dengan kapal Anda tidak akan terjamin jika terjadi kehilangan ataupun kerusakan. Kondisi seperti ini tentu sangat merugikan Anda karena tidak ada jasa ekspedisi yang mau bekerjasama lagi.


4. Jalin Kerjasama dengan Usaha yang Sejenis

Sebagaimana usaha di bidang lainnya, menjalin kerjasama dengan perusahaan sejenis akan memperlancar kegiatan operasional Anda. Meskipun mereka adalah kompetitor Anda di bidang usaha tersebut namun ada kalanya Anda membutuhkan sesuatu dari pesaing.

Contohnya jika perusahaan kompetitor tersebut tidak bisa menerima proyek dari klien atau pelanggan karena alasan tertentu maka mereka bisa melimpahkannya pada perusahaan Anda. Inilah salah satu contoh keuntungan yang didapatkan ketika bekerjasama dengan perusahaan sejenis.


5. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Semua usaha yang bergerak di bidang jasa harus bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan kalau tidak ingin ditinggalkan. Alasan orang menggunakan jasa Anda karena menganggap perusahaan Anda lebih baik daripada lainnya.

Hal tersebut bisa terjadi karena perusahaan Anda selalu mengedepankan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen dan pelanggan. Kalau konsumen merasa puas mereka bisa dipastikan akan loyal dan selalu menggunakan jasa Anda.

Itulah beberapa cara membuka usaha jasa angkutan laut. Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar namun peluang usaha jasa angkutan laut juga cukup menjanjikan. Sebab, jasa ini akan selalu dibutuhkan untuk kebutuhan pengiriman barang dan pengangkutan barang. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha Daya.id untuk cara menjalankan usaha jasa ini selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS