Dirilis

17 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bisnis kue ulang tahun memiliki peluang yang masih terbuka lebar. Menjalankan bisnis ini juga berpotensi mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda. Alasannya, karena kebutuhan kue ulang tahun akan selalu tinggi dan tidak mengenal tren atau hari tertentu. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dekorasi kue yang unik dan cantik, maka potensi bisnis ini akan semakin besar untuk Anda.

 


4 Cara Bisnis Kue Ulang Tahun

Peluang bisnis ini memang sangat menjanjikan. Meski begitu, sebagai pemula diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara menjalankannya. Berikut beberapa caranya:

1. Rencanakan dengan Matang dan Buat Business Plan

membuat rencana bisnis kue ulang tahun
Perencanaan yang matang akan selalu dibutuhkan sebelum memulai bisnis apapun, termasuk bisnis kue ulang tahun. Perencanaan yang matang berguna untuk mengantisipasi segala rintangan atau hambatan yang akan dihadapi ketika menjalankan bisnis ini. Selain itu, rencana yang matang juga akan membantu memberikan gambaran kepada Anda apa saja yang memang masih kurang atau harus dipersiapkan lagi dalam bisnis tersebut.  

Anda bisa membuat business plan sederhana agar perencanaan usaha bisa dilakukan dengan lebih rinci. Setidaknya, ada beberapa hal yang harus Anda masukkan dalam business plan Anda:
  1. riset pasar dan kompetitor
  2. buat profil bisnis yang Anda miliki
  3. tentukan tujuan bisnis
  4. tulis dan jelaskan dengan lengkap semua bahan dan peralatan yang Anda butuhkan
  5. jabarkan rincian modal
  6. tentukan target pasar
  7. buat strategi marketing


 

2. Persiapkan Modal yang Dibutuhkan

Modal juga dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Modal tersebut harus dipersiapkan untuk membeli peralatan dan bahan-bahan kue, seperti telur, tepung, mentega dan sebagainya. Pastikan bahan-bahan kue yang dibeli berkualitas sehingga kue yang dihasilkan juga berkualitas. Inilah kisaran modal yang Anda butuhkan untuk bisnis ini:


Jadi, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini sebesar Rp 11.900.000. Namun, besarnya modal ini masih bisa berubah, tergantung pada kebutuhan Anda. Apabila Anda menjalankan bisnis kue ulang tahun dari rumah, maka biaya untuk sewa tempat dan etalase tentu bisa dikurangi. Jadi, sesuaikan modal ini dengan model bisnis yang Anda.


 

3. Menetapkan Harga yang Kompetitif

menentukan harga kue ulang tahun
Selanjutnya Anda harus menentukan harga jual kue ulang tahun. Dalam menentukan harga, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan jika kue dijual lebih murah dari harga pasaran maka Anda bisa rugi karena modal yang dikeluarkan tidak sesuai dengan harganya.

Sebaliknya jika terlalu mahal maka masyarakat enggan untuk membeli kue ulang tahun buatan Anda. Maka dari itu, usahakan untuk menentukan harga yang kompetitif sehingga Anda mendapatkan keuntungan dan harganya ringan bagi pembeli. Penetapan harga bisa Anda lakukan dengan menggunakan rumus margin pricing.
Margin = (Harga Jual - Harga Modal) / Harga Jual

Misalnya: Anda membuat kue ulang tahun dengan modal Rp. 150.000. Kemudian Anda ingin menjualnya seharga Rp. 280.000. Apakah keuntungan yang diambil nantinya terlalu besar?


Jadi, margin keuntungan yang nantinya Anda dapatkan dengan harga jual yang ditentukan adalah 46%. Umumnya, harga jual sebuah produk tidak akan lebih dari 50%. Anda juga bisa mengubah harga jual yang Anda tetapkan supaya margin yang nantinya diperoleh bisa pas.


 

4. Menentukan Cara Pemasaran dan Promosi yang Tepat

Kesuksesan dan kegagalan dalam menjalankan suatu bisnis, tergantung dari cara Anda melakukan pemasaran dan juga promosi. Anda bisa melakukan promosi dengan memberikan penawaran menarik supaya pembeli tertarik. Promosi bisa Anda lakukan secara offline maupun online.

Jika bisnis kue ulang tahun ini Anda buat dengan sistem offline yang memiliki tempat khusus seperti toko, maka promosi bisa memadukan sistem offline berupa brosur, baliho, spanduk dengan promosi online di media sosial. Namun, jika bisnis ini Anda buat dalam sistem rumahan, maka promosi menggunakan media sosial akan sangat sesuai untuk bisnis ini. Anda juga bisa memanfaatkan hadirnya Go-food dan Grabfood untuk promosi kue yang dijual.

Itulah informasi tentang cara bisnis kue ulang tahun agar banyak konsumen beserta rincian modal yang dibutuhkan. Pada dasarnya, bisnis ini masih memiliki peluang yang sangat besar untuk dijalankan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara memulai bisnis dengan tepat selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

15 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Iswahyu Wahono

07 November 2021

Sesuai👍

Balas

. 0

Sony Hermanto

06 November 2021

Ide baru

Balas

. 1

Ilham saputra

05 November 2021

👍

Balas

. 0

Wendi Purwanto

04 November 2021

👍

Balas

. 0

aris setyawan harsanto

04 November 2021

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS