Dirilis

15 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Cemilan keripik memang banyak menjadi favorit masyarakat Indonesia. Baik keripik singkong, pisang, atau kentang bisa menjadi pilihan camilan enak untuk keluarga. Tingginya permintaan dan minat akan camilan keripik membuat usaha keripik rumahan bisa jadi peluang usaha menjanjikan untuk Anda coba. Selain itu, bisnis yang satu ini pun dapat dimulai dengan modal kecil. Penasaran seperti apa cara menjalankan usaha keripik ini? mari Anda ulas bersama-sama.

Strategi Menjalankan Usaha Keripik Rumahan


Berikut serangkaian langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan usaha keripik rumahan, yaitu:

 

1. Lakukan Persiapan Usaha 


Langkah pertama untuk memulai usaha keripik rumahan ini adalah tentu dengan melakukan persiapan. Apa saja yang dibutuhkan?
a.    Memahami dan menentukan produk yang akan dijual
Anda pasti mengenal berbagai macam keripik, bukan? Untuk itu, sebagai langkah awal memulainya Anda harus mengetahui serta memahami informasi mengenai jenis keripik tersebut termasuk memilih produk apa yang akan menjadi fokus bisnis Anda. Misalnya keripik singkong, kentang, pisang, apel dan lain sebagainya.
b.    Menyiapkan Modal
Dalam dunia bisnis, modal memang menjadi hal yang tak dapat dipisahkan. Inilah kisaran modal yang dibutuhkan: 
a.    Peralatan memasak                                  Rp. 1.000.000 
b.    Bahan baku (minyak, bumbu, dll)               Rp. 500.000 
c.    Bahan utama keripik (pisang/kentang/apel/dll)    Rp. 700.000 
d.    Biaya tambahan lain                                       Rp. 500.000 +
                                       Total                             Rp. 2.700.000
Perkiraan biaya ini bisa jadi lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada harga peralatan dan harga bahan baku keripik yang nantinya Anda gunakan. 

 

2. Menyiapkan Produk

Salah satu tantangan dari bisnis ini adalah banyaknya pesaing dengan usaha serupa, maka penting bagi Anda untuk menyiapkan kualitas produk agar mampu bersaing di pasaran. Selain itu, alangkah lebih baik jika Anda memiliki ‘value’ ataupun pembeda dari beragam produk yang sudah ada sebelumnya. 
Misalnya, nilai produk Anda terletak pada inovasi rasa keripik yang belum ada pada pesaing Anda, atau kemasan produk yang unik dan beda dari lainnya. Dengan nilai pembeda dari keripik lainnya, Anda memiliki modal yang sangat baik untuk memenangkan persaingan penjual keripik. 


3. Produksi


Setelah berbagai hal di atas selesai dipersiapkan, tentu supaya bisnis ini dapat berjalan baik, Anda harus melakukan produksi produknya. Dimulai dari memilih bahan, mengolahnya, pengemasan hingga selanjutnya pemasaran. Pastikan dalam produksi keripik ini Anda mengutamakan kualitas dan rasa keripik yang Anda buat. 

 

4. Strategi Pemasaran Usaha Keripik

Tahapan berikutnya ketika keripik selesai diproduksi adalah kemudian dipasarkan. Terdapat beberapa cara atau strategi pemasaran usaha ini, seperti:
a.    Melalui Sistem Konsinyasi
Sistem ini dilakukan dengan Anda menitipkan produk untuk dijual di toko milik orang lain atau biasanya pusat oleh-oleh, dimana mereka akan mempromosikan keripik yang Anda buat namun tentu dengan mendapat keuntungan pula.
b.    Gunakan Media Sosial
Saat ini, berbagai model usaha dapat dipasarkan melalui platform digital atau media sosial. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat menjangkau target pembeli yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook, instagram, dan sebagainya. 
Unggah foto produk yang menarik dan tulis deskripsi tentang produk keripik yang Anda jual. Unggah juga testimoni atau review keripik dari pembeli Anda untuk semakin meyakinkan pembeli akan kualitas dan rasa dari keripik yang Anda jual. 
c.    Direct Selling
Poin berikutnya ini maksudnya adalah dengan menjual atau penjualan langsung pada konsumen. Anda bisa menjual keripik di event tertentu, melalui sistem COD atau membuka pesanan melalui kontak whatsapp dan sebagainya. 

Itulah beberapa strategi untuk menjalankan usaha keripik rumahan untuk pemula. Mulai dari menyiapkan modal, produksi, hingga pemasarannya. Diharapkan dengan cara ini, Anda bisa membuka usaha keripik yang laris dan diserbu pembeli. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha rumahan yang baik dan benar. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS