Dirilis

03 Juni 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Layanan spa dikenal karena manfaatnya dalam relaksasi tubuh dan pikiran, mengurangi nyeri sendi, bahkan melancarkan peredaran darah. Tapi tahukah Anda, tidak hanya orang dewasa saja yang butuh relaksasi, bayi juga lho! Selain membantu bayi agar lebih rileks, spa bayi juga dipercaya bisa melatih keseimbangan tubuh dan otot bayi. Tidak heran, setelah spa biasanya bayi lebih tenang dan lebih nyenyak saat tidur. 

Di Indonesia, layanan spa bayi dipopulerkan oleh Mom n Jo Baby Spa sejak tahun 2006. Beberapa tahun belakangan, bisnis spa bayi mulai marak dan berkembang seiring kesadaran masyarakat terhadap manfaat spa bagi bayi mereka. Meski demikian, belum banyak yang mendalami bisnis ini sehingga tingkat kompetisinya masih rendah. Nah, kalau di sekitar Anda belum ada bisnis ini, peluang Anda sangat besar nih! Apalagi kalau target pasar dan strateginya tepat.

 

Target Pasar Bisnis Spa Bayi

Karena spa bukan kebutuhan utama, bisnis spa bayi awalnya membidik kalangan menengah ke atas di kota-kota besar. Namun, saat ini bisnis spa bayi sudah merambah ke pasar menengah kebawah dengan konsep rumahan karena mulai banyaknya pengguna jasa pijat bayi tradisional yang mulai melirik spa bayi. Dengan fasilitas yang lebih baik, tenaga bersertifikat, tentu menjadi pilihan yang menarik buat para orang tua ya.

Target pasar yang mana yang Anda sasar? 

 

Strategi Bisnis Spa Bayi


Meski kompetitor belum banyak, bukan berarti memulai bisnis spa bayi tidak perlu strategi. Strategi ini penting untuk memastikan pelanggan yang datang merasa puas dan akan datang lagi di kesempatan selanjutnya. 

 

1.    Punya pembeda

Setiap bisnis tentu harus punya pembeda untuk menarik calon pelanggan. Demikian halnya dengan bisnis spa bayi. Pastikan Anda punya pembeda agar calon pelanggan notice dengan bisnis Anda. Misalnya, desain ruangan yang unik, atau siapkan balon bentuk lucu sebagai souvenir yang bisa dibawa pulang oleh pelanggan setelah selesai treatment. Wah, tidak hanya bayi, orang tua bayipun pasti ikut happy deh!

 

2.    Punya tempat yang nyaman

Meski saat appointment Anda sudah mengatur jadwal kedatangan pelanggan agar tidak menunggu terlalu lama, antrian tentu tidak dapat dihindari. Makanya, selain ruangan treatment harus nyaman, ruang tunggu juga harus dibuat senyaman mungkin. Tempat yang nyaman mencakup :
 

  1. Ruangan cukup luas untuk meletakkan ranjang bayi, kolam kecil, ruang tunggu dan area bemain
  2. Interior bertema anak-anak seperti wallpaper kartun, mainan anak, dan pelengkapan ramah anak lainnya


 

3.    Punya terapis berkualitas

Terapis merupakan ujung tombak dari bisnis ini. Apalagi target utama Anda adalah bayi, tentu orang tua ingin menyerahkan treatment buah hati mereka di tangan yang tepat dan profesional sehingga minim risiko. Karena itu, tidak boleh sembarang merekrut. Pilihlah terapis yang berpengalaman atau bekali terapis Anda dengan pelatihan yang mumpuni sebelum terjun langsung menangani pelanggan.

 

4.    Gunakan bahan yang aman dan berkualitas

Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi cenderung lebih sensitif. Penting bagi Anda untuk menggunakan minyak atau lotion dari bahan alami yang tidak hanya aman dari risiko alergi tetapi juga berkualitas seperti olive oil atau minyak biji anggur.

 

5.    Tawarkan paket lengkap

Tawarkan beragam pilihan treatment yang lengkap agar pelanggan tidak perlu repot-repot cari treatment serupa di tempat lain. Misalnya, aquaswim, baby massage, baby gym dan meni pedi khusus bayi. Anda juga bisa membuat layanan spa untuk ibu hamil dan toddler agar target pasar Anda lebih luas. Jadi bisa treatment sekeluarga deh!

Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan layanan home care. Layanan spa bayi dirumah tentu bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang belum nyaman membawa bayinya keluar rumah di masa pandemi ini.

 

6.    Punya surat izin usaha

Setelah menyiapkan hal-hal dipoint sebelumnya, jangan lupa untuk mengurus izin usaha yah.. Hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis jasa yang Anda jalankan. Surat izin usaha bisa diperoleh melalui dinas perizinan di tingkat kabupaten/kota.

Nah, itulah peluang dan 6 strategi bisnis spa bayi untuk Anda yang tertarik menggeluti bisnis ini. Melihat banyaknya yang perlu disiapkan, tidak heran modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Namun, berdasarkan pengalaman beberapa pengusaha bisnis spa bayi, keuntungan yang didapat juga setimpal bahkan bisa balik modal dalam 2 tahun.

Masih bingung? Bisnis jalur franchise aja! 

Mom n Jo salah satu franchise di bidang spa bayi yang juga melayani pijat postpartum (pasca melahirkan), pijat anak-anak, pelangsing dan contouring program untuk ibu pasca melahirkan, facial profesional, perawatan rambut, waxing, dan layanan kuku dengan komitmen terhadap standar kualitas pelayanan tertinggi, keamanan dan kebersihan. 

Investasi yang dibutuhkan untuk menjadi mitra Mom n Jo adalah Rp.1,5 miliar, diluar sewa tempat lokasi. Harga ini sudah termasuk renovasi non konstruksi, jasa pelatihan, dan cadangan modal kerja.

Sebagai pelopor layanan spa bayi di Indonesia, kualitas dan pelayanan  Mom n Jo memang tidak diragukan lagi. Tertarik? Daftar di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan juga diri Anda untuk akses ke tips dan info lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS