Dirilis

27 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Melakukan perjalanan wisata menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia untuk melepas penat. Hal ini membuat usaha jasa wisata menjadi suatu bentuk usaha di bidang jasa yang sangat berpotensi untuk dijalankan. Sebab, saat berlibur banyak orang yang membutuhkan tiket perjalanan, tempat menginap, ataupun tour guide yang bisa menunjukkan rute perjalanan mereka, dan inilah yang menjadi dasar dari usaha jasa wisata itu sendiri. 

Cara Memulai Usaha Jasa Wisata dan Jenis Usahanya

tips memulai usaha jasa wisata
Bagi para pemula yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam memulai usaha jasa wisata:

1. Pilih Jenis Bisnis Travel yang Tepat

Bisnis jasa wisata ini sangat luas dan beragam. Sehingga sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini sebaiknya pilih dahulu bidang dan jenis usaha wisata apa yang cocok dan sesuai dengan passion Anda. Sehingga Anda bisa fokus pada satu bidang jasa wisata saja. Misalnya, ketika Anda memilih usaha penyedia tiket perjalanan liburan, baik tiket pesawat, tiket kereta api, ataupun kapal laut. Maka, berfokuslah pada usaha tersebut saja dan jangan terpecah fokus untuk usaha lainnya, karena hal itu justru akan membuat usaha Anda keteteran.

2. Tentukan Nama Bisnisnya

Kemudian tentukan apa nama bisnis dari usaha wisata Anda. Jangan pernah mengabaikan nama bisnis jasa wisata Anda, walaupun kelihatannya sepele. Karena nama menjadi hal yang penting dalam branding. Pilih nama yang unik, mudah diingat dan mudah juga diucapkan. Hal itu akan sangat membantu proses pemasarannya.

3. Memetakan Lokasi Wisata

Ketika merencanakan akan memulai bisnis jasa wisata, maka Anda juga harus memetakan lokasi wisata yang dipilih. Misalnya apakah tempat wisata yang Anda pilih dipromosikan sebagai destinasi utama dalam perjalanan wisata tersebut. Pastikan juga tempat wisata yang dipilih memang memiliki potensial dalam waktu panjang. Dan bukan tempat wisata yang viral tapi musiman saja.

4. Buat Marketing Plan yang Matang dan Tawarkan Paket Menarik  

Membuat marketing plan atau rencana pemasaran akan sangat penting untuk proses mempromosikan usaha jasa wisata Anda. Dengan rencana yang matang dan tepat, usaha yang Anda miliki bisa dipromosikan dengan lebih optimal. Selain itu, buatlah paket liburan atau paket wisata yang menarik untuk pelanggan. Apalagi dengan adanya destinasi yang unik dan kekinian, maka hal ini akan membuat pelanggan lebih tertarik dengan usaha jasa wisata Anda. 

Jenis-jenis Usaha Jasa di Bidang Wisata

jenis-jenis usaha jasa wisata
Ada beberapa jenis usaha jasa di bidang wisata yang bisa Anda pilih, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:
1.    Pengelolaan jasa penginapan seperti misalnya losmen, hotel, wisma, dan motel.
2.    Usaha penjualan barang cinderamata atau souvenir khas dari suatu daerah.
3.    Penyedia jasa pemandu wisata atau yang disebut dengan tour guide.
4.    Penyedia jasa pariwisata dan transportasi atau biasa disebut dengan tour and travel.
5.    Penyelenggaraan kegiatan hiburan serta rekreasi yang berkaitan dengan seni pertunjukan dan arena permainan.
6.    Jasa informasi di bidang pariwisata yang menyediakan segala jenis informasi berupa video, data, foto, berita, feature dan sebagainya. 

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa usaha jasa wisata adalah jenis usaha di bidang jasa liburan dan perjalanan wisata yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dijalani. Apalagi kebutuhan manusia akan perjalanan wisata atau liburan tidak akan pernah ada habisnya. Tidak heran jika usaha di bidang ini semakin banyak diminati. Anda juga bisa berkonsultasi kepada praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini. 

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa memiliki pengetahuan dan bekal yang matang untuk menjalani usaha ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS