Dirilis

25 Agustus 2023

Penulis

Lucky Lombu

Menemukan ide bisnis yang tepat bisa jadi sangat menyulitkan, termasuk bagi Anda yang terbiasa menjadi karyawan, dan akan pensiun.

Tapi ada yang bilang, ide bisnis itu bisa ditemukan dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya seperti kisah sukses pelaku usaha penyetan yang sempat menjadi karyawan selama 15 tahun. Ia menemukan ide bisnis saat makan siang dan melihat penjual ayam penyet di dekat kantornya. 

Anda juga bisa menemukan ide bisnis, dari apa yang Anda lakukan selama ini, atau sesuatu yang Anda kuasai. Misalnya, seperti hobi Anda.

Baca Juga: 5 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal Besar

 

Ide Bisnis untuk Calon Pensiunan


Untuk membantu Anda, di bawah ini ada beberapa ide bisnis—atau tips menemukan ide bnisnis—yang bisa Anda pertimbangkan.

 

1.    Mulai dari Sesuatu yang Anda Suka

Apa hobi Anda? Coba cari cara agar hobi itu juga menghasilkan uang. 

Misalnya, jika Anda suka bermain tenis, Anda bisa coba membuka kursus tenis untuk anak-anak, menggelar turnamen tenis, dan lainnya. Atau jika Anda suka memasak, kenapa tidak Anda coba membuka jasa catering untuk acara ulang tahun, atau warung makan di depan rumah.

Tips untuk Anda, mulailah dengan menawarkan jasa Anda kepada teman atau kerabat, dengan biaya minimum sebagai uji coba.

 

2.    Jadilah Konsultan

Menjadi ‘senior’ membuat Anda lebih kaya pengalaman, dan lebih bijak. Nah, kedua softskill itu Anda bisa jadi modal untuk memulai usaha konsultasi. 

Coba tulis bidang apa yang menjadi keahlian Anda. Lebih baik lagi jika Anda punya latar pendidikan atau sertifikasi di bidang itu. Anda juga bisa membagi pengalaman Anda dengan menjadi YouTubers.

 

3.    Juragan Kontrakan atau Pemilik Penginapan

Jika Anda punya modal yang cukup untuk memiliki properti lebih dari sekadar rumah yang Anda tinggali sekarang, Anda bisa mengubah properti itu menjadi rumah kontrakan, kos-kosan, atau penginapan. 

Jangan memaksakan diri Anda untuk bersaing dengan pemain besar. Misalnya jika Anda ingin berbisnis penginapan, Anda bisa mulai dengan penginapan bed & breakfast di gang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat wisata.

 

4.    Beli Franchise

Dari sekian banyak ide bisnis, membeli franchise merupakan ide yang popular di antara calon pensiunan. Kenapa? Karena bisnis franchise biasanya sudah punya proses bisnis yang relatif rapi. Anda bisa mengikuti proses yang sudah ada, bahkan mendapat pendampingan dari pemilik franchise.

Jika Anda tertarik membeli bisnis franchise, Anda bisa mengajukan minat ke salah satu franchise di halaman Peluang Usaha Daya.id.

 

5.    Jual Lalu Beli

Jika Anda tahu dimana Anda bisa membeli barang dalam harga yang lebih murah, Anda bisa coba menjualnya lagi. Sesimpel itu. 

Anda bisa menjualnya di bazaar, menawarkan melalui media sosial atau aplikasi chatting, menjadi rekanan pihak yang membutuhkan jasa Anda, atau menjualnya secara online. 

 

Tips Umum yang Perlu Anda Antisipasi


Selain mencari ide, sebetulnya ada beberapa tips umum yang perlu Anda antisipasi, sebagai pelaku usaha pemula di usia pensiun. Berikut ini beberapa di antaranya:

 

1.    Jangan Pakai Seluruh Dana Pensiun Anda

Seberapapun Anda yakin dengan ide bisnis yang akan Anda jalani, jangan alokasikan seluruh dana pensiun Anda ke sana. Karena sebagai pelaku usaha pemula, Anda berisiko gagal. Jadi, Anda juga butuh mengamankan dana untuk kehidupan dan keamanan finansial Anda.

 

2.    Pertimbangkan Rekan Bisnis

Bekerjasama dengan rekan bisnis bisa membantu Anda memulai usaha. Bahkan, Anda bisa bekerjasama dengan rekan yang lebih muda, yang bisa bergerak lebih lincah. Sementara pengalaman dan kebijaksanaan Anda bisa jadi penyeimbang dalam menimbang strategi bisnis.

 

3.    Buatlah Jadwal yang Fleksibel

Ingat, Anda sudah tidak muda lagi, dan kemungkinan kemampuan fisik Anda sudah menurun. Anda perlu membuat jadwal yang bisa membantu Anda memaksimalkan waktu dan energi, secara fleksibel. Pastikan Anda juga sudah menyisipkan jadwal istirahat sebagai antisipasi jika fisik Anda butuh jeda.

 

4.    Miliki Mentor dan Jangan Ragu Minta Bantuan

Sebagai pelaku usaha pemula, Anda mungkin butuh mentor untuk membantu Anda menghadapi masalah bisnis yang rumit. Jika Anda butuh bantuan, Anda bisa juga berkonsultasi dengan pendamping UMKM di Tanya Ahli Daya.id.

 

5.    Jalin Hubungan dengan Sesama Pelaku Usaha

Bertemanlah dengan sesama pelaku UMKM. Anda bisa bergabung dengan komunitas tertentu, datang ke pertemuan, atau mengikuti forum baik secara offline ataupun online. Dengan demikian Anda bisa saling mendukung dalam menjalankan usaha.

Semoga Anda menemukan ide bisnis yang cocok untuk Anda jalankan sebagai calon pensiunan. Anda bisa menemukan tips lainnya di Daya.id. Pastikan Anda sudah mendaftar agar Anda bisa mendapat akses gratis ke seluruh fitur.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.9

22 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Grace

04 December 2023

Thank you tipsnya!

Balas

. 0

Khairunnisa

22 November 2023

Cocok untuk berdiskusi kembali dengan anggota keluarga yang ingin tetap produktif setelah pensiun

Balas

. 0

JUWENAH

18 November 2023

Saya bingung, karena saya bukan pegawai. Ngumpulin uang untuk bekal dimasa tua nanti

Balas

. 0

Budiyanto

09 November 2023

?

Balas

. 0

Budiyanto

09 November 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS