Dirilis

11 November 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Sebagai karyawan, pasti ada saatnya dimana Anda akan pensiun. Nah, makanya, Anda juga perlu lho mempersiapkan masa pensiun Anda terutama masalah keuangan. 

Anda perlu mempersiapkan dana pensiun, agar bisa menghidupi Anda bahkan pasangan Anda selama masa pensiun kelak. Selain menggunakan jasa program dana pensiun yang ada, salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan masa pensiun adalah dengan berbisnis.

Apalagi, setelah lamanya bekerja, tubuh Anda pasti sudah terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan saat masa kerja dulu. Sehingga pasti ada beberapa diantara Anda yang masih ingin melakukan aktivitas lainnya. Nah, menyalurkan energi dan semangat Anda lewat bisnis merupakan pilihan menarik lho!

Dengan melakukan bisnis, tentunya Anda akan mendapatkan sumber pendapatan baru yang dapat memberikan Anda keuntungan yang besar. Namun sebelum itu, yuk bahas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk usaha setelah pensiun Anda.

 

Tips Menyiapkan Usaha Setelah Pensiun


Pada dasarnya, mempersiapkan bisnis untuk masa pensiun sama saja dengan persiapan bisnis pada umumnya. Nah, berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam mempersiapkan bisnis Anda untuk masa pensiun nanti. 

 

1.    Siapkan Tabungan Untuk Usaha Anda

Dalam menghadapi masa pensiun, tentu akan ada banyak keperluan yang Anda harus penuhi. Jika Anda berniat untuk membuka bisnis nantinya, Anda perlu mengalokasikan sebagian dana yang Anda miliki untuk menjadi tabungan usaha Anda. Hal ini perlu dilakukan agar saat Anda ingin memulai bisnis, Anda tidak perlu pusing untuk mencari modal untuk usaha Anda.

 

2.    Siapkan Business Plan

Setiap bisnis pasti memerlukan sebuah perencanaan. Terutama apabila Anda mengharapkan bisnis yang minim risiko untuk masa pensiun Anda. Untuk meminimalisir risiko, tentu Anda perlu mempersiapkan perencanaan bisnis yang matang. Agar Anda bisa sedikit bersantai dalam menjalani usaha Anda nantinya.

 

3.    Cek Peluang Usaha

Selanjutnya Anda juga perlu untuk cek peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Anda bisa melihat bagaimana potensi bisnis Anda akan berkembang, lokasi bisnis, bagaimana respon masyarakat terhadap produk atau jasa yang Anda akan tawarkan, hingga menganalisis kompetitor bisnis serupa yang dekat dengan lokasi Anda. Dengan mengecek peluang usaha, Anda akan bisa memperkirakan perkembangan bisnis Anda kedepannya.

 

4.    Hitung dan Siapkan Modal

Kemudian, Anda bisa memperhitungkan modal yang harus Anda keluarkan untuk bisnis pilihan Anda dan mempersiapkannya. Jika Anda menyiapkan tabungan untuk bisnis Anda sesuai poin satu di atas, tentunya tabungan tersebut dapat meringankan beban Anda dalam mencari sumber modal. 

 

5 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Masa Pensiun

Jika Anda merasa berbisnis merupakan kegiatan yang cocok untuk Anda di masa pensiun nanti, jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal di atas ya! Berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan di masa pensiun Anda.

 

1.    Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk masa tua. Karena, Anda hanya perlu menunggu pelanggan untuk berbelanja ke toko Anda. Selain mempersiapkan barang sehari-hari, Anda juga bisa menjual galon, gas, token listrik, tagihan air, maupun pulsa dan kuota internet. Anda hanya perlu pintar-pintar mencari supplier agar bisa mendapatkan harga yang murah.

 

2.    Laundry Kiloan

Bisnis yang bisa Anda lakukan di rumah lainnya adalah laundry kiloan. Bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang besar. Anda perlu mempersiapkan modal usaha berupa mesin cuci dan pengering. Untuk permasalah menggosok, Anda bisa merekrut karyawan, atau meminta bantuan pada keluarga.

 

3.    Kos-kosan atau Kontrakan


Salah satu bisnis yang tidak pernah mati adalah kos-kosan atau kontrakan. Bisnis ini pun merupakan salah satu investasi properti yang minim risiko dan memberikan keuntungan yang menggiurkan. Anda juga tidak perlu khawatir akan sepi pelanggan, karena keperluan tempat tinggal merupakan kebutuhan primer bagi semua orang. Anda hanya perlu memerhatikan lokasi dan fasilitas yang akan diberikan nantinya.

 

4.    Membeli Usaha Franchise

Jika Anda mempersiapkan modal yang cukup, Anda bisa berbisnis dengan membeli usaha franchise. Bisnis franchise sendiri dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin cepat sukses. Terdapat beberapa kelebihan usaha ini yaitu, sudah terdapat sistem yang efektif sehingga Anda hanya perlu menjalankannya saja, hingga brand usaha franchise yang sudah dikenal banyak orang sehingga memiliki peluang sukses lebih cepat.


Nah, itu tadi beberapa tips menyiapkan bisnis beserta ide-ide bisnis yang cocok untuk masa pensiun Anda. Intinya, tidak ada kata terlambat dalam menjalankan bisnis. Untuk Anda yang ingin memulai usaha setelah pensiun, tentunya hal tersebut adalah langkah yang hebat! Anda hanya perlu memilih usaha yang cocok dengan Anda dan mempersiapkannya dengan matang. Selamat mencoba!

Apabila Anda masih bimbang dalam mempersiapkan bisnis Anda untuk masa pensiun kelak, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

18 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Itep saepulloh

10 Desember 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

JOS ISWADI SINURAT

06 Desember 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Hendratno

30 November 2022

Woow Keren

Balas

. 0

Asril

24 November 2022

Bagus seksli ๐Ÿ‘

Balas

. 0

Asril

24 November 2022

Bagus seksli ๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS