Dirilis

25 Mei 2023

Penulis

Linda Budiyarti

Apakah Anda seorang wanita yang bermimpi menjadi pemimpin hebat? Selain kemampuan mengelola berbagai aspek kecerdasan, empat keunikan ini penting untuk Anda ketahui agar bisa menjadi pemimpin yang tidak hanya disegani namun bisa dicintai oleh tim Anda.

Baca juga:  7 Tips Menjadi Pemimpin Wanita yang Efektif

 

4 Keunikan Penting untuk Pemimpin Wanita yang Disegani dan Dicintai


Berikut ini keunikan penting untuk pemimpin wanita yang disegani dan dicintai.

 

1.    Meski Menuntut Namun Tetap Peduli

Sebagai seorang pemimpin tentunya Anda memiliki tanggung jawab baik kepada institusi tempat Anda bernaung maupun kepada tim yang Anda pimpin. Tanggung jawab tersebut akan membuat Anda menuntut tim untuk memiliki kinerja yang baik agar dapat mencapai tujuan bersama seperti yang diharapkan. 

Namun, selain menuntut ada baiknya Anda juga menunjukan kepedulian kepada tim Anda. Misalnya, Anda menanyakan tantangan apa yang dihadapi oleh tim dan memberikan pengarahan yang dapat membantu tim Anda mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan demikian, tim Anda akan menganggap Anda sebagai sosok pemimpin yang tidak hanya menuntut tim memiliki kinerja yang baik namun juga rasa peduli. Sehingga tim dapat bekerja dengan suka cita meskipun dengan tuntutan kerja yang tinggi.

 

2.    Meski Menjaga Wibawa Namun Tetap Partisipatif

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu mengetahui cara bersikap yang tepat pada waktu yang tepat pula. Hal ini akan membuat Anda mengetahui kapan bersikap tegas untuk menunjukan wibawa Anda sebagai seorang pemimpin yang memiliki otoritas dan kredibilitas. Untuk itu Anda perlu mengenai diri Anda dan karakter tim Anda, agar Anda dan tim saling mengenal dan berkolaborasi. 

Sebagai seorang pemimpin, Anda juga sebaiknya dapat berpartisipasi secara aktif membantu dan mengarahkan tim mencapai tujuan. Di sisi lain, Anda juga tidak ragu untuk bersikap jujur atas hal-hal yang tidak Anda kuasai dengan meminta bantuan tim untuk mencapai tujuan bersama. Tentunya tidak lupa mengapresiasi setiap usaha tim agar mereka merasa Anda hargai. 

 

3.    Meski Menjaga Jarak Namun Tetap Akrab

Sebagai seorang pemimpin wanita yang disegani adakalanya Anda perlu tahu batasan pergaulan dengan tim. Anda perlu menunjukan wibawa sebagai seorang pemimpin. Kendati demikian, Anda juga sebaiknya menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi tim Anda. 

Baca juga: Tips Mengatasi Toxic Workplace

Misalnya, Anda tahu kapan Anda berbicara kepada tim dengan penekanan kata yang tegas untuk menunjukan hal-hal yang subtantif. Di lain waktu Anda juga tahu kapan bercanda bersenda gurau dengan tim untuk menciptakan suasana akrab yang hangat. Tim Anda akan tahu bahwa Anda bukanlah pemimpin yang kaku, namun pemimpin yang pandai menempatkan diri pada situasi tertentu.

 

4.    Advokasi Diri Namun Melayani Sepenuh Hati

Penting bagi seorang pemimpin wanita untuk bersikap seimbang antara pemenuhan kebutuhan dirinya sendiri. Jangan karena Anda ingin dicintai orang lain, Anda mengorbankan diri Anda sendiri sehingga Anda tidak bahagia. Mencintai diri sendiri atau popular dengan sebutan self-loved ternyata dapat mendorong Anda untuk merasa bahagia dan puas dengan hidup Anda sendiri. Sehingga Anda akan cenderung bersedia untuk menerima dan bertanggung jawab. Ketika hal ini sudah Anda rasakan, tentu akan mendorong Anda untuk dapat melayani dengan tulus baik melayani institusi ataupun tim Anda.

Baca juga: Mengatur Me Time untuk Menjaga Work Life Balance

Memang tidak mudah mempraktikan empat keunikan ini dalam dunia nyata. Namun Anda perlu belajar dan melatihnya dengan beberapa hal berikut ini:

 

Langkah-Langkah untuk Menerapkan 4 Keunikan Wanita


Berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan keunikan penting di atas.

 

1.    Kemampuan Beradaptasi

Siapapun penting memiliki kemampuan beradaptasi, tidak terkecuali Anda seorang pemimpin. Kemampuan beradaptasi akan membantu Anda untuk memahami situasi sehingga Anda dapat memilah sikap yang tepat ketika menghadapi suatu situasi.

 

2.    Kemampuan Berkolaborasi

Meskipun Anda seorang pemimpin, Anda membutuhkan orang lain untuk mendukung Anda mencapai tujuan. Sebagai seorang pemimpin yang tidak arogan, sebaiknya Anda tidak hanya menuntut tim melakukan sesuai kehendak Anda. Namun, Anda juga perlu memiliki kemampuan berkolaborasi dengan siapapun.

 

3.    Kemampuan Berempati

Penting bagi seorang pemimpin wanita memiliki kemampuan berempati. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda dicintai, namun juga akan membantu Anda mengenal dan memahami cara berpikir orang-orang yang ada di sekitar Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi, menyampaikan arahan, bahkan mengambil simpati dari orang lain.

 

4.    Kemampuan Memilah Sikap

Sebagai seorang pemimpin yang disegani dan dicintai, hal yang tak kalah penting adalah kemampuan memilah dalam bersikap. Anda perlu selalu mengingat bahwa sikap tegas ditunjukan pada pekerjaannya, namun pada orangnya Anda perlu tetap bersikap lemah lembut sebagaimana karakter dasar seorang wanita.

Nah, apakah sudah tergambar bagaimana menjadi seorang pemimpin wanita yang disegani dan dicintai? Bukan perkara mudah memang, namun Anda dapat memulainya dari sekarang dengan banyak membaca tips lainnya di website daya.id. Anda juga dapat konsultasi dengan ahli secara langsung tanpa dipungut biaya di fitur Tanya Ahli. Caranya juga sangat mudah, cukup daftar dan login saja untuk mendapatkan semua layanan yang ada di website. Jadi tunggu apalagi segeera kunjungi website daya.id sekarang juga.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.9

17 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Roy Ivan Fidelis

07 Desember 2023

Penulis benar-benar menguasai topik ini, terasa seperti saya belajar banyak.

Balas

. 0

Hendratno

02 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Hendratno

02 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

31 Mei 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

31 Mei 2023

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS