Dirilis

02 Maret 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Tumbuh Usaha

Memiliki pegawai bisa menjadi solusi saat permintaan barang atau jasa melebihi kemampuan produksi Anda. Tapi Anda harus memilihnya secara selektif. Pastikan calon pegawai tersebut bersedia serius menggeluti bidang usaha Anda. Lalu, setelah mendapatkan yang sesuai, coba terapkan tiga kiat penting ini:

1. Bekerjasama
Pahami bahwa sukses adalah milik bersama. Pencapaian target menjadi tujuan bersama. Bekerja bersama pemilik dan pegawai, memperlakukan pegawai sebagai teman akan menjadikan mereka lebih produktif dibanding dengan pola atasan dengan bawahan.

2. Berikan Harapan
Harapan Anda merupakan harapan pegawai juga. Sehingga Anda harus memberikan penjelasan mengenai harapan agar pegawai bisa mengerti apa yang Anda inginkan. Biasakan meminta umpan balik dari pegawai agar Anda tahu perbedaan antara harapan dengan kenyataan, dan Anda bisa segera mendapat solusinya.

3. Jadilah Penentu
Anda harus sering menggerakkan kreatifitas pegawai dengan menuangkan ide-ide kreatif Anda bersama dengan pegawai dalam sesi sharing. Seluruh tanggapan dan ide-ide tersebut harus Anda catat, nantinya dapat dikombinasikan menjadi sebuah ide penting yang harusnya ditentukan untuk mendukung kemajuan usaha Anda.

Melakukan tiga kiat di atas memang bukan hal yang mudah. Anda harus menjadikannya sebuah rutinitas yang nantinya berubah menjadi sebuah kebiasaan yang bagus untuk usaha Anda. Konsep menerima dan memberi bukanlah cara yang tepat di dalam sebuah usaha. Jadikan memberi dan memberi sebagai cara Anda untuk memajukan usaha bersama dengan pegawai Anda.

Sumber:

Modul Pelatihan Manajemen SDM, BTPN.

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Andrie Darusman

08 December 2017

Only 3 things but powerful. Thanks daya! ✊?

Balas

. 0

Koekoeh Gesang Setyonugroho

07 December 2017

Keren tipsnya! Terima kasih Daya!

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS