Dirilis

27 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Jika Anda sedang memulai atau membangun sebuah usaha, selain menyiapkan perencanaan dan strategi usaha, maka evaluasi berkala terhadap usaha adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa? Karena hasil dan kinerja kondisi usaha Anda ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah: kondisi pasar, tingkat persaingan, produktifitas menurun, biaya produksi, kondisi pandemi dan lainnya. 

Evaluasi dan monitoring bagi seorang pengusaha dapat menjadi sarana belajar dan proses upgrade diri dan usaha yang sedang Anda bangun atau mulai. Di dalam proses setiap tahapan evaluasi, akan ada temuan baru atau inovasi dan strategi baru untuk mencapai tujuan dari usaha Anda.
 

Tahapan Evaluasi Usaha

Hal yang paling mendasar dari evaluasi usaha adalah membandingkan rencana usaha yang sudah Anda buat sebelum usaha Anda mulai dengan apa yang sudah dicapai pada akhir periode usaha Anda. 

Sedangkan tujuan evaluasi usaha adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat keberhasilan dari strategi usaha yang Anda jalankan, apakah usaha tersebut sudah berjalan sesuai dengan target yang direncanakan dan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan di awal?

Berikut tahapan evaluasi terkait usaha yang bisa Anda lakukan:
1.    Analisis & evaluasi dari aspek Pasar 
Yaitu untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan pangsa pasar dri produk yang bersangkutan.

2.    Analisis & evaluasi dari aspek teknis 
Yaitu untuk menentukan jenis teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha yang sedang dikaji.

3.    Analisis & evaluasi dari aspek finansial 
Yaitu untuk mengetahui karakteristik finansial dari suatu perusahaan melalui data-data akuntansinya.



Hal yang Perlu Dievaluasi

Lalu, hal penting apa saja yang perlu dievaluasi dalam sebuah usaha? Berikut ini diantaranya: 

1.    Kondisi keuangan usaha Anda
Pada tahap ini Anda  mengukur kinerja usaha Anda melalui evaluasi keuangan usaha Anda, sehingga kondisi keuangan  usaha Anda dapat diperbaiki segera jika ada temuan yang menuju kerugian

2.    Kondisi pasar usaha Anda
Naik turunnya kondisi pasar usaha Anda sangat berpengaruh pada perkembangan usaha Anda.

3.    Target market Anda
Salah satu tanda  usaha yang sehat biasanya ditandai dengan tepatnya pemilihan terhadap kebutuhan, selera, biaya, kenyamanan, dan komunikasi dengan konsumen yang tepat.

4.    Tingkat kemajuan usaha Anda
Ukur dan review kemajuan  usaha Anda secara berkala (minimal 6 bulan) 

5.    Kondisi  pertumbuhan dan pengembangan usaha Anda
Cek bagaimana hasil dari target jangka pendeknya? Apakah ada pencapaian  keuntungan  dan  pertumbuhan  seperti  yang diharapkan? Bagaimana pangsa pasarnya? Apakah memenuhi Target di awal?

6.    Bagaimana kepemimpinan (Leadership) Anda
Saat  Anda kehilangan visi serta energi yang pernah Anda miliki pada saat pertama kali membuka usaha, maka segera lakukan evaluasi usaha sebelum usaha Anda berada dalam titik yang mengkhawatirkan, semakin cepat evaluasi yang  dilakukan  maka  hal ini  merupakan  tindakan mencegah dari kegagalan usaha Anda



Waktu yang Tepat untuk Evaluasi

Kapan saatnya Anda melakukan evaluasi usaha? Evaluasi usaha Anda terhadap perkembangan usaha dapat dilakukan dalam beberapa kondisi, yaitu:

1.    Evaluasi rutin/berkala.
Dengan adanya evaluasi secara rutin, maka masalah-masalah yang timbul dalam usaha Anda akan lebih cepat diatasi dan peluang untuk pengembangan bisa lebih cepat dilakukan. 
Anda dapat menentukan sendiri mau berapa lama sekali melakukan evaluasi rutin ini. Bisa 1 tahun sekali, 6 bulan sekali, 3 bulan sekali, bahkan untuk beberapa kasus dilakukan 1 bulan sekali.

2.    Evaluasi Insidental
Evaluasi jenis ini dilakukan jika terjadi masalah atau penurunan pada usaha Anda. Evaluasi ini termasuk yang kurang baik, karena masalahnya sudah terjadi dan tindakan pencegahan pun sudah tidak bisa dilakukan. Yang terpenting adalah tindakan koreksi.

Untuk menghindari kerugian dalam usaha, sebaiknya Anda melakukan evaluasi rutin yang baik. Harapannya masalah yang akan ada bisa ditekan, sehingga evaluasi insidental ini pun bisa dikurangi.

Manfaat Evaluasi Usaha
Dengan menjalankan tahapan evaluasi usaha Anda dengan baik dan maksimal, maka akan ada banyak manfaatnya, diantaranya:
1.    Dapat membuat atau meningkatkan strategi Inovasi produk Anda di pasaran
2.    Sebagai pemilik usaha dapat mengevaluasi kinerja karyawan  di usaha Anda 
3.    Menghindari kebangkrutan saat  memperluas usaha Anda 
4.    Untuk memperkecil resiko kegagalan investasi dan dapat memperbesar peluang keberhasilan investasi yang bersangkutan.
5.    Untuk panduan pemilik dana (investor) dalam mengoptimalkan penggunaan dana yang dimiliki.

Dengan mengenali cara dan tujuan dalam evaluasi usaha di atas, semoga usaha Anda semakin cepat berkembang dan meminimalisir bahkan mencegah kerugian yang akan terjadi pada usaha Anda

Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar dan praktisi usaha dari Daya.id seputar masalah evaluasi usaha ini.  Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun cerita sukses dari usaha lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi terkait usaha bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! Selamat Bertumbuh!

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS