Dirilis

22 Februari 2021

Salah satu sektor yang tidak bisa diabaikan dalam suatu perusahaan atau usaha adalah perihal manajemen SDM atau Sumber Daya Manusia. Hal ini menjadi penting sebab SDM yang baik dan profesional juga akan membawa kemajuan dalam perusahaan. Apalagi jika ditambah dengan keterampilan, skill, loyalitas, dan integritas terhadap perusahaan, maka akan menjadi nilai plus yang bisa membawa perusahaan ke arah kemajuan. 

Cara Membangun Manajemen SDM dengan Strategi yang Tepat di dalam Perusahaan

Perlu diketahui juga bahwa pembangunan SDM ini tidak hanya melalui pengembangan keterampilan dan pendidikan saja. Tapi juga banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangunnya. Berikut ini beberapa strategi yang tepat dan bisa Anda lakukan untuk membangun SDM di dalam perusahaan:

1. Melakukan Pelatihan

manajemen SDM melalui pelatihan

Langkah manajemen SDM bisa dilakukan dengan pelatihan. Pelatihan bisa dilakukan untuk pengembangan dan pembangunan individu, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan, sikap dan juga pengetahuan. Pelatihan ini tak hanya menguntungkan karyawan saja tapi juga perusahaan. Karena suatu perusahaan tidak akan berkembang apabila karyawannya tak punya minat serta keterampilan kerja yang tinggi.

2. Pendidikan

Pendidikan juga bisa menjadi cara lainnya dalam proses manajemen SDM di suatu perusahaan. Pendidikan juga bisa meningkatkan kemampuan kerja, artinya pengembangan yang sifatnya formal akan berpengaruh pada karir para karyawan tersebut. Mereka akan membutuhkan pendidikan untuk mengajarkan cara mengatasi permasalahan di kantor.

3. Pembinaan

manajemen SDM melalui pembinaan

Selain pendidikan dan pelatihan, pembinaan juga diperlukan dalam proses manajemen SDM. Pembinaan untuk karyawan bisa dilakukan dengan cara mengatur serta membina manusia, yang menjadi subsistem organisasi. Dengan melalui program penilaian dan juga perencana, misalnya dengan melakukan job classification, manpower planning, job analytic dan sebagainya. Hal itu menjadi strategi dalam menghasilkan SDM yang juga berkualitas dengan strategi lainnya.

4. Recruitment

Recruitment juga dilakukan untuk mendapatkan SDM atau karyawan yang sesuai dengan klasifikasi kebutuhan perusahaan, yang menjadi salah satu alat pembaharuan organisasi. Strategi yang satu ini bisa dilakukan oleh perusahaan ketika akan menilai calon karyawan yang menjadi bagian dalam perusahaan.

5. Perubahan Sistem

Tujuan dari dibuatnya perubahan sistem adalah untuk menyesuaikan sistem serta prosedur yang ada di organisasi. Selain itu juga menjadi jawaban dalam mengantisipasi setiap ancaman serta peluang yang berasal dari faktor eksternal. Sistem ini akan mendukung aktivitas dan operasional perusahaan yang berjalan saat itu.

6. Kesempatan

Beri kesempatan pada karyawan untuk menyalurkan gagasan dan juga ide yang mereka punya. Supaya karyawan bisa berkontribusi lebih untuk mengembangkan dan membangun perusahaan itu sendiri. Hal ini bisa membuat karyawan menjadi lebih dihargai dan mereka juga berkembang dengan sendirinya.

7. Penghargaan

Penghargaan juga menjadi hal penting dalam proses manajemen SDM. Beri penghargaan juga pada karyawan yang memiliki prestasi. Hal itu bisa menjadi strategi juga dalam pembangunan SDM. Karyawan pun akan lebih termotivasi dan menjadi lebih baik lagi. Hal itu juga akan memberi dampak yang besar untuk perusahaan. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam manajemen SDM yang baik dan tepat. Dari informasi ini, dapat kita ketahui bahwa manajemen SDM sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. Sebab, dengan SDM yang berkualitas, pengembangan usaha atau perusahaan bisa menjadi semakin cepat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar masalah manajemen SDM ataupun permasalahan lain seputar SDM dalam perusahaan. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

14 December 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS