Dirilis

29 Oktober 2022

Penulis

Arief Akbar

Bonus merupakan upah tambahan yang karyawan Anda terima di luar gaji tetap. Besaran bonus yang mereka terima dapat berbeda-beda tergantung kebijakan dari perusahaan Anda.

Baca Juga: Tips dan Cara Memperhitungkan Bonus Tahunan

Tapi buat apa memberi bonus kepada karyawan?

Melansir dari The Balance Careers, bonus diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja mereka. Ketika perusahaan mengikat bonus dengan kinerja, hal itu dapat mendorong karyawan untuk mencapai tujuan mereka, yang pada gilirannya membantu perusahaan mencapai tujuan.

Bonus karyawan tidaklah sama dengan tunjangan yang sudah pasti karyawan terima setiap bulannya. Bonus karyawan hanya akan diberikan sesuai dengan tujuan dari masing-masing jenis bonus tersebut. 

Lalu, apa saja jenis bonus yang bisa Anda berikan kepada karyawan?

 

Alternatif Ide Bonus untuk Karyawan


Ada beberapa ide bonus yang bisa Anda terapkan di usaha Anda, yaitu:

 

1.Bonus Tahunan

Bonus tahunan biasanya didasari pada kinerja perusahaan secara keseluruhan. Besaran bonus yang Anda berikan akan sangat bergantung pada kinerja perusahaan dan seberapa besar kontribusi karyawan terhadap kinerja tersebut.

Umumnya, bonus jenis ini diberikan kepada karyawan pada akhir tahun. Perusahaan biasanya menunggu hingga satu tahun penuh agar dapat mengevaluasi kinerja karyawan secara keseluruhan. Kinerja tersebut umumnya dievaluasi menggunakan performance appraisal untuk menjaga loyalitas karyawan.

 

2. Bonus Penjualan

Karyawan Anda yang bekerja di bagian sales dan marketing, tentu tidak asing dengan istilah bonus penjualan. Bonus penjualan atau komisi adalah bonus yang diberikan oleh perusahaan jika karyawan mencapai target penjualan tertentu.

Bonus ini termasuk jenis bonus individual. Sehingga besaran bonus yang Anda berikan belum tentu akan sama antara karyawan satu dengan rekan kerjanya. Perhitungan bonus, seperti dilansir The Muse, biasanya dihitung menggunakan persentase. Contohnya, besaran bonus penjualan yang Anda berikan sekitar 10-15% dari gaji pokok karyawan.

Baca Juga: Strategi Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan yang Efektif

 

3. Bonus Referral

Sebagian perusahaan mendorong para karyawannya untuk merekomendasikan kandidat untuk bergabung dengan perusahaan. Untuk itu, perusahaan menyediakan jenis bonus tersendiri untuk karyawan mereka yang berhasil merekomendasikan kandidat.

Besaran bonus referral ini tergantung pada posisi yang diterima oleh karyawan tersebut dan jumlah kandidat yang direkomendasikan. Besaran bonus yang Anda berikan akan semakin besar jika kandidat yang direkomendasikan mendapatkan posisi yang cukup tinggi.

 

4. Bonus Liburan

Sebagian perusahaan asing mengenal istilah bonus liburan yang dibayarkan di akhir tahun. Jenis bonus karyawan ini sering juga disebut sebagai bonus hari raya Natal atau tahun baru.

Bonus liburan ini tidak sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR), sehingga perhitungannya tidak sama dengan perhitungan THR yang sudah diatur tentang Tunjangan Hari Raya, Permenaker Nomor 6 tahun 2016.

Perlu Anda ketahui, bahwa kebijakan bonus liburan sepenuhnya diatur oleh perusahaan. Hal ini membuat tidak semua perusahaan memberikan bonus liburan kepada karyawan. Di sisi lain, sebagian besar perusahaan di Indonesia sendiri sudah pasti memberikan THR alih-alih bonus liburan.

 

5. Bonus Prestasi


Ada juga bonus prestasi yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan atas kinerja mereka. Biasanya, bonus ini diberikan pada karyawan teladan atau karyawan yang memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan dirinya bekerja. 

Bonus prestasi ini biasanya hanya diberikan satu atau dua kali dalam saau tahun, atau pada event perusahaan tertentu seperti ulang tahun perusahaan, atau acara apapun yang berhubungan dengan perusahaan.

Baca Juga: Cara Menentukan Gaji Karyawan

Itulah 5 alternatif ide bonus untuk karyawan yang bisa Anda terapkan di tempat usaha. Meski tidak semua bonus di atas perlu Anda berikan. Karena aturan untuk pemberian bonus pada perusahaan kembali lagi kepada kebijakan dan kondisi usaha Anda. Tetapi bonus bisa membantu karyawan Anda tetap semangat bekerja, lho.

Jika Anda butuh saran lebih lanjut, Anda bisa bertanya pada ahli terkait usaha di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, jangan kunjungi Daya.id, ya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arief Akbar

31 October 2022

.

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS