Dirilis

14 Mei 2022

Penulis

Mirna Risnasuci

Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang serius terhadap kesehatan fisik dan mental manusia. Rutinitas dan kebiasaan sehari-sehari seperti olahraga, bekerja di kantor, berkumpul dan bersosialisasi dengan teman dan kegiatan lainnya, menjadi sulit diikuti, karena adanya pembatasan kegiatan, jaga jarak, dan akhirnya membuat banyak dari Anda merasa merana, sehingga mengganggu kesehatan fisik dan jasmani Anda.

Baca Juga:  Untuk Apa Berpikir Positif?

Kira-kira, mana yang lebih penting? Kesehatan jasmani atau kesehatan mental? Pendapat Anda bisa jadi berbeda-beda lho. Ada yang mengatakan kesehatan fisik lebih penting dari kesehatan mental atau mungkin sebaliknya. Namun pada prakteknya, fisik dan mental merupakan dua sistem yang menyatu dan saling melengkapi, sehingga keseimbangan kesehatan fisik dan mental sangat penting. 
Sebagai contoh, ketika Anda sakit gigi, Anda tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan pikiran Anda pun akan terganggu karena hal ini. Atau jika Anda mengalami stres berlebihan, maka tubuh Anda akan melepas radikal bebas yang berlebih dan mengakibatkan penuaan dini.

 

Tips Sehat Jaga Keseimbangan Fisik dan Mental

Kesehatan fisik dan mental haruslah seimbang, kesehatan fisik yang baik akan menyebabkan kesehatan mental yang baik juga dan begitu pula sebaliknya. Agar tetap sehat baik fisik dan mental, simak beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam keseharian Anda untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental Anda.

 

1.    Rutin berolahraga dan aktivitas fisik

Sudah tidak diragukan lagi bahwa orang yang aktif dan rutin berolahraga dan aktivitas fisik akan lebih sehat. Olahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik Anda tetapi juga mental dan pikiran Anda. 

Untuk fisik, olahraga melatih kekuatan otot, membantu membakar lemak dan meningkatkan fleksibilitas Anda. Sedangkan untuk mental, olahraga akan menghasilkan endorfin yang akan membuat suasana hari Anda bahagia. Itulah mengapa banyak orang yang kecanduan olahraga. 

Berolahragalah dengan rutin minimal 30 menit dalam sehari, Anda dapat melakukan jogging di sekitar rumah, lari pagi, besepeda, badminton, berenangvatau aktivitas fisik lainnya yang menjadi kegemaran Anda, seperti menari, sit up, push up atau bahkan berkebun dan membersihkan rumah.

 

2.    Menjaga pola makan sehari-hari

Mulailah membiasakan dengan makan teratur tiga kali sehari (sarapan, makan siang dan makan malam) dengan porsi yang cukup dan sesuai. Aturlah komposisi makanan dengan seimbang mulai dari daging yang sehat, ikan, sayur, buah dan susu rendah lemak. 

Hindari atau kurangi makanan yang tinggi lemak, tinggi kadar garam dan gula, makanan siap saji atau daging mentah. Hindari juga makan malam dalam porsi besar sebelum tidur dan gunakan teknik memasak yang lebih sehat jika memungkinkan seperti mengukus, merebus, airfryer atau penggunaan oven. 

 

3.    Istirahat yang cukup

Badan Anda tetap membutuhkan istirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Usahakan untuk tidur selama delapan jam dalam sehari. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Kurang tidur atau istirahat dapat membahayakan tubuh, melemahkan ketajaman mental, mengurangi kemampuan Anda dalam mengelola stres dan mengganggu kestabilan emosi Anda. 

Masa sih? Bayangkan saja, Anda kurang tidur lalu esoknya Anda pasti akan merasa lelah, mudah marah bahkan tidak dapat berkonsentrasi. Jadi, usahakan untuk tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Jika Anda memiliki kesulitan untuk tidur, cobalah minum teh herbal hangat atau mandi air hangat ya.

 

4.    Tetap bersosialisasi dan berteman

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Teman dan orang terdekat merupakan faktor penting dalam kesejahteraan Anda. Tapi perlu diingat ya, teman yang dimaksud di sini adalah teman nyata bukan di media sosial. 

Teman dan orang terdekat dapat membantu Anda tetap sehat secara fisik dengan membantu Anda tetap aktif dan menjadi cermin untuk diri Anda. Teman yang baik akan memberitahu Anda jika kesehatan fisik Anda memeruluka sedikit perawatan. Menghabiskan waktu dengan teman yang baik adalah cara yang bagus untuk tetap sehat secara fisik, mental dan emosional.

Lalu, bagaimana jika tidak dapat bertemu tatap muka dengan teman atau keluarga, apalagi di masa pandemi seperti sekarang? Jangan khawatir, di tengah kecanggihan teknologi Anda dapat melakukan pertemuan virtual seperti video call dan video conference

Jagalah pertemanan, keluarga dekat atau bahkan hewan peliharaan Anda sedekat mungkin. Bahkan orang yang paling tertutup pun membutuhkan kontak dengan manusia. Sosialisasi juga merupakan bagian penting dalam hidup manusia, jadi jangan diabaikan ya!

Kesehatan fisik dan mental adalah hal penting jika Anda ingin hidup lebih lama dan bahagia. Selalu menjaga kebugaran dalam semua aspek hidup dapat membantu Anda membangun kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat. Jangan lupa, gunakan tips di atas untuk membantu Anda menjaga keseimbangan fisik dan mental agar Anda dapat lebih produktif dan bahagia selama bertahun-tahun ke depan.

Jika Anda punya pertanyaan lain terkait tips aktivitas sehat atau ingin lebih banyak mengetahui informasi lain seputar kesehatan lainnya, segera log in ke daya.id dan dapatkan langsung informasinya. Anda juga dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan ahli kami dan mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda mendaftar daya.id dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya mengenai kesehatan secara gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS