Dirilis

31 Agustus 2020

Seluruh bagian tubuh memang sangat penting untuk dijaga tanpa terkecuali. Pasalnya, setiap organ dan bagian tubuh memiliki fungsi dan peranannya masing-masing, termasuk sendi pada tubuh. Nah, pernahkah Anda mendengar kalimat semangat seperti “Sendi Sehat Semangat Gowes”? Jika iya, apakah Anda tahu maksud dari kalimat ini? 

Sendi merupakan penghubung kedua tulang pada bagian tubuh, yang bisa menekuk. Contohnya yakni seperti siku, lutut, leher yang bisa menengok, tangan yang bisa menulis maupun melambai, dan lain sebagainya. Namun semakin bertambahnya usia, bantalan yang ada pada sendi pun bisa menipis.

5 Aktivitas Agar Sendi Sehat Semangat Gowes

Penyakit radang sendi atau arthritis, bisa terjadi apabila sendi kita tidak terjaga dengan baik. Mengapa begitu? Sebab cairan sinovium dan tulang rawan (kartilago) yang ada dalam sendi, dan berperan sebagai bantalan ini lama-kelamaan bisa menipis. Hal ini tentu membuat gesekan antar tulang, yang bisa membuat area sendi rusak dan radang. Sebab itu, simak rutinitas wajib berikut yang harus dilakukan agar sendi sehat semangat gowes.

1. Jaga Berat Badan Agar Tidak Obesitas

Supaya sendi selalu sehat semangat gowes, maka rutinitas pertama adalah menjaga berat badan, dalam artian makan makanan bergizi dan jangan terlalu sering mengkonsumsi lemak berlebih. Sebab jika Anda memiliki berat badan terlalu besar, maka risiko gangguan sendi pun makin meningkat.

Kemudian perlu diingat, bahwa ada banyak sekali cara mudah untuk menurunkan berat badan selain menjaga makanan. Anda bisa mencoba olahraga teratur 30 menit per hari, dan lain sebagainya.

Namun, olahraga rutin ini jangan yang berlebihan pula ya. Kenali tubuh Anda dengan baik, jika dirasa sendi maupun otot mulai nyeri dan membutuhkan istirahat, maka jangan dipaksa! Kemudian jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan ketika akan mulai berolahraga.

2. Hindari Merokok!

berhenti merokok demi sendi sehat semangat gowes

Jika ingin mempunyai sendi sehat semangat gowes, maka cobalah berhenti merokok. Sebab aktivitas merokok justru bisa berdampak negatif bagi kesehatan tulang dan sendi. Adapun risiko dari merokok ini bisa menyebabkan osteoporosis, nyeri pinggang, rheumatoid arthritis, tendinitis, dan penyakit tulang sendi lain yang ada.

3. Jangan Duduk Terlalu Lama

Kini banyak pekerjaan yang mengharuskan kita untuk duduk lama di kursi, baik itu mengetik ataupun mengendarai suatu kendaraan. Namun imbangi itu ya, jangan sampai terlalu lama duduk membuat kita meningkatkan risiko adanya gangguan sendi yang datang.

Maka supaya sendi tetap sehat semangat gowes, coba lakukanlah banyak gerakan. Hal ini supaya sendi bisa lebih lentur ya. Selain itu, Anda pun bisa lakukan peregangan minimal 15 menit ketika dirasa sudah terlalu lama duduk.

4. Perhatikan Seluruh Postur Tubuh

cara duduk yang benar demi sendi sehat semangat gowes

Tahukah Anda, bila postur posisi pada tubuh kita mempengaruhi sendi? Contohnya saja bila kita akan berdiri, duduk dan berjalan pada gerakan yang salah. Hal ini maka bisa membuat sendi rusak, karena terlalu menanggung beban tubuh kita.

Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan yang tak diinginkan, maka Anda harus mempertahankan postur tegak saat duduk, dengan posisi kedua bahu dan punggung lurus, serta telapak kaki yang menempel lantai. Kemudian jika sudah, Anda bisa mengubah posisi lagi ketika melewati waktu 30 menit.

Adapun untuk posisi tidur, jangan lupa juga tetap menjaga kelengkungan tulang belakang dan posisi tubuh agar nyaman. Yang terpenting, jangan pula memakai bantal yang terlalu tinggi untuk menyangga kepala, serta janganlah memakai posisi menyamping terlalu lama agar sendi tetap sehat semangat gowes!

5. Konsumsi Vitamin Tambahan

Langkah terakhir untuk menjaga kesehatan sendi adalah dengan mengkonsumsi vitamin tambahan, khususnya untuk orang yang sudah berumur. Vitamin terpenting untuk sendi, yakni vitamin D, vitamin C, asam lemak omega-3 dan antioksidan.

Memang ada beberapa obat yang berfungsi untuk menyehatkan sendi. Namun, jika Anda tidak memiliki masalah dalam persendian, sebaiknya tidak mengkonsumsi obat. Alangkah lebih baik untuk mengkonsumsi vitamin. Namun jika Anda memiliki masalah persendian, bisa konsultasi dengan dokter sebagai ahli kesehatan karena dokter akan tahu yang terbaik bagi kesehatan Anda.


Beberapa rutinitas tersebut bisa dilakukan untuk tetap menjaga sendi sehat semangat gowes. Jangan lupa untuk selalu melakukan aktivitas yang terbaik bagi sendi Anda, agar kesehatan sendi dan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Ada berbagai tips hidup sehat yang sebenarnya harus Anda ketahui demi menghindari penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Untuk mengetahui tips tersebut, Anda dapat mendaftar jadi member Daya.id dan selanjutnya bisa membaca semua informasi secara tak terbatas setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS