Dirilis

13 Januari 2021

Penulis

TIm Penulis Daya

Salah satu manfaat senam aerobik adalah menstimulasi pernapasan kita. Jenis senam ini cukup populer untuk dilakukan. Senam aerobik sendiri bisa diartikan sebagai rangkaian gerakan yang menggerakkan otot-otot pada tubuh yang tentu jika dilakukan dengan baik dan rutin akan mendatangkan berbagai kegunaan. 

Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh


Seperti dilansir dari website Dokter Sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, senam aerobik dapat membawa sejumlah manfaat, seperti:

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama dari senam aerobik adalah untuk membantu proses penurunan berat badan. Senam aerobik ini akan menggerakkan tubuh kita dalam kurun waktu yang cukup lama, hasilnya adalah lemak bisa terbakar dengan lebih optimal. Hasil akhirnya tentu penurunan berat badan yang cukup signifikan, tentunya senam ini harus dilakukan secara rutin. 

2. Menjaga Kesehatan Otot

manfaat senam aerobik untuk kesehatan otot
Selain menurunkan berat badan, manfaat senam aerobik berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan otot. Karena dengan gerakan-gerakan yang dilakukan, aliran darah akan lebih lancar yang menjadikan suplai oksigen pada otot pun ikut lancar.

3. Melatih Tulang dan Sendi dan Menjaga Sistem Pernapasan 

Olahraga yang satu ini juga bermanfaat bagi tulang dan sendi. Jika aerobik dilakukan sejak muda, maka hal ini dapat bantu melatih tulang kita agar lebih kuat saat menginjak usia yang lebih dewasa nantinya. Selain itu, melakukan senam aerobik secara rutin sekaligus mampu melatih pernafasan kita agar tak mudah habis ataupun ngos-ngosan saat beraktivitas lainnya.

4. Meningkatkan Imun Tubuh dan Stamina

Berolahraga, termasuk aerobik memang dapat meningkatkan imunitas dan menjauhkan diri dari serangan berbagai penyakit. Tak hanya itu, manfaat senam aerobik pun dapat meningkatkan stamina dan menjadikan tubuh lebih bugar juga bertenaga.

5. Meningkatkan Fungsi Jantung dan Menurunkan Kolesterol 

manfaat senam aerobik untuk kesehatan jantung
Senam aerobik ini berfungsi sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan denyut jantung. Hal ini tentu akan menjadikan kinerja atau fungsi jantung bekerja lebih baik.
Senam aerobik ini dapat meningkatkan kinerja jantung, sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh akan lebih banyak. Hal ini akan membawa dampak baik karena lemak jahat tidak akan banyak mengendap, hasilnya kadar kolesterol juga bisa menurun. 

6. Mengontrol Kadar Gula

Gerakan-gerakan aktif pada senam aerobik dapat membakar kalori dengan cepat dan gula merupakan salah satu sumber kalori yang cukup besar. Oleh karenanya, aerobik dapat menstabilkan kadar gula tersebut.

7. Mencegah Resiko Penyakit

Manfaat senam aerobik yang dilakukan secara rutin lainnya adalah mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis. Seperti contohnya kolesterol, hipertensi, serangan jantung maupun stroke.

8. Melancarkan Proses Persalinan

Bagi ibu hamil, manfaat senam aerobik ini bisa dapat membantu proses persalinan nantinya. Karena aktivitas ini dapat melatih kekuatan juga elastisitas otot perut juga vagina. Tapi, perlu diingat dan menjadi catatan bahwa senam aerobik pada ibu hamil ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar tetap aman. Anda bahkan bisa bergabung pada kelas aerobik yang dikhususkan untuk ibu hamil.

Selain poin-poin di atas, manfaat senam aerobik lainnya juga mampu menghilangkan atau menghindari stress karena menghasilkan hormone endorphin yang membuat bahagia, menjadikan kita lebih terlihat awet muda dan membatu kulit terlihat lebih kencang, bahkan dipercaya mampu membuat kita panjang umur. Karena kesehatan fisik dan mental bisa terjaga melalui gerakan olahraga yang satu ini.

Gerakan senam aerobik dapat membawa manfaat jika kita melakukannya secara rutin. Apabila saat menjalankan senam ini Anda menemukan masalah tertentu, maka akan sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, bisa diketahui dengan pasti masalah tersebut dan cara penanganan yang tepat. 
Untuk informasi lain terkait tips kesehatan maupun seputar penyakit lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS