Dirilis

26 Januari 2021

Berenang memang menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat digandrungi banyak orang. Selain menyenangkan untuk dilakukan, ada banyak manfaat renang bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bagus untuk kardiovaskular. Dengan melakukan olahraga renang maka jantung akan terus dipompa supaya lebih aktif. Melakukan olahraga renang selama satu jam akan membakar kalori di dalam tubuh.
Seluruh tubuh ikut bergerak ketika seseorang sedang berenang, itulah sebabnya olahraga ini bermanfaat baik untuk kesehatan. Sistem kerja tubuh juga menjadi lebih baik, contohnya pada kardiovaskular tadi. Bentuk serta kekuatan otot juga akan terasah jika Anda rutin melakukan olahraga renang.

Manfaat Renang untuk Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

Menurut jurnal kesehatan Center for Disease Control and Prevention, dalam salah satu artikelnya yang berjudul Health Benefits of Water-based Exercise yang diterbitkan tahun 2016, ada banyak sekali manfaat dari olahraga renang ini, yang meliputi hal-hal berikut:

1. Membuat Seluruh Tubuh Aktif Bergerak

Seluruh otot di dalam tubuh akan bergerak dengan aktif pada saat Anda melakukan olahraga renang, bahkan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dengan gerakan pada seluruh tubuh itu maka detak jantung akan meningkat tapi tidak harus menekan tubuh, membuat otot menjadi lebih sehat, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan tenaga.

2. Melatih Organ Dalam Tubuh


Otot di luar dan di dalam tubuh, semuanya akan ikut terpompa ketika Anda berenang. Jantung dan paru-paru Anda juga akan menjadi lebih sehat. Bahkan berenang bisa mengurangi risiko kematian. Menurut penelitian yang dilakukan di Tiongkok, olahraga renang juga bisa menurunkan tekanan darah. Dan menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2016 lalu, renang bisa membuat gula darah menjadi lebih terkontrol.

3. Mengurangi Nyeri pada Radang Sendi

Bagi Anda yang mengalami radang sendi dengan nyeri yang luar biasa, bisa diatasi dengan melakukan olahraga renang. Berenang dan bersepeda menjadi alternatif pilihan olahraga yang mampu mengurangi nyeri pada sendi. Atau mengatasi kekakuan yang disebabkan oleh penyakit osteoarthritis.

4. Bermanfaat untuk Penderita Asma dan untuk Penderita Sklerosis Ganda


Berenang juga sangat baik untuk Anda yang memiliki penyakit asma. Menurut penelitian di B.J. Medical College, India, olahraga lari dan renang juga bisa meluaskan kapasitas pada paru-paru dan mengontrol pernapasan. Olahraga renang juga sangat bermanfaat baik untuk orang-orang yang terkena sklerosis ganda. Karena lengan serta kaki yang diapungkan di atas air akan memberi daya tahan yang lembut untuk tubuh.
Menurut penelitian yang dilakukan di Spanyol, penderita sklerosis ganda yang aktif berenang mengalami penurunan nyeri yang cukup signifikan. Hal itu dihasilkan dari program olahraga renang yang dilakukan selama 20 minggu.

5. Sangat Efektif dalam Membakar Kalori

Berenang juga akan menjadi olahraga yang sangat efisien dalam membakar kalori. Bahkan seseorang yang memiliki berat badan sekitar 72 Kg, akan membakar 423 kal per jamnya dengan melakukan olahraga renang. Dengan kecepatan yang lebih tinggi, kalori yang terbakar setiap jamnya bisa mencapai 715 kal.

Ada banyak sekali manfaat renang untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah untuk membuat seluruh tubuh aktif bergerak, melatih organ yang ada dalam tubuh, mengurangi radang pada persendian, bermanfaat untuk penderita asma dan bisa membakar kalori. Dengan banyaknya manfaat tersebut, tidak heran jika olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Namun, apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan Anda berhati-hati sebelum berenang, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis olahraga.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS