Dirilis

07 Pebruari 2023

Penulis

Achmad Fauzan Alfansuri

Tidak diragukan lagi manfaat olahraga bagi tubuh. Sayangnya, tidak semua orang punya waktu untuk berolahraga. Lantas, bagi para pekerja kantoran yang berangkat pagi dan pulang sore, bagaimana cara berolahraga yang efektif?

Bagi Anda yang juga pekerja kantoran, waktu olahraga yang mungkin akan Anda pilih adalah sepulang kerja. Anda bisa saja mengunjungi gym, bermain futsal, jogging malam, ataupun bersepeda bagi Anda yang sehari-hari bike to work. Tetapi apakah boleh jika setelah bekerja dilanjutkan dengan berolahraga?

 

Bolehkah Berolahraga Sepulang Kerja?

Olahraga biasanya dilakukan pada pagi hari, namun terkadang pekerja kantoran memilih untuk melakukannya setelah bekerja, misalnya pada sore atau malam hari. Olahraga sepulang kerja pada dasarnya boleh dilakukan, akan tetapi, Anda disarankan untuk memilih olahraga yang memiliki intensitas ringan. Hal ini dikarenakan biasanya tubuh Anda sudah tidak sebugar ketika di pagi hari.

Tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian, jika dipadukan dengan latihan intensitas tinggi akan terasa lebih melelahkan dan hasilnya pasti tidak maksimal. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk berolahraga, maka olahraga yang cocok untuk sepulang kerja adalah jenis olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, atau yoga.

Baca Juga: Olahraga di Rumah? Kenapa Enggak?

 

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Berolahraga Setelah Bekerja

Selain intensitasnya perlu diatur, ada beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan jika hendak berolahraga setelah bekerja, diantaranya:

 

1.    Waktu Terbaik untuk Olahraga

Waktu terbaik untuk berolahraga setelah bekerja adalah setelah matahari terbenam hingga jam 9 malam. Waktu ini sangat ideal karena dengan begitu Anda bisa tidur dengan normal. Namun pada dasarnya, tetap harus ada waktu sekitar 1 hingga 2 jam antara latihan dan tidur. Hal ini dikarenakan tubuh Anda akan menjadi bugar sehingga Anda akan sulit tidur di malam hari.

 

2.    Durasi Olahraga


Anda harus mempertimbangkan bahwa kondisi tubuh setelah Anda bekerja tidak sebaik di pagi hari. Itu sebabnya Anda tidak perlu melakukan olahraga berat setiap malam dalam waktu yang lama. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa durasi olahraga harian yang ideal adalah 30 hingga 60 menit. Sehingga Anda tidak disarankan memaksakan diri untuk berolahraga jika kondisi fisik tidak memungkinkan. Misalnya karena kelelahan atau mual akibat beban kerja.

 

3.    Asupan Nutrisi

Sama halnya seperti berolahraga di pagi hari atau sebelum bekerja, Anda juga perlu mengisi dan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Makanlah makanan yang tepat dalam porsi yang tidak berlebihan. Alasannya adalah semua yang Anda konsumsi sebelum dan sesudah olahraga akan berdampak besar pada hasil latihan Anda. Selain makan, jangan lupa juga untuk mengisi kembali asupan cairan sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk membantu mencegah dehidrasi.

 

4.    Pemanasan dan Pendinginan

Selain hal-hal di atas, olahraga sepulang kerja juga sebaiknya diawali dengan pemanasan dan juga diakhiri dengan peregangan atau pendinginan, agar tubuh tidak mudah cedera. Pemanasan dan pendinginan sangat membantu dalam mengendurkan otot dan memperlancar peredaran darah.

 

5.    Membersihkan Badan Setelah Olahraga

Sekalipun Anda melakukan olahraga di malam hari, tidak ada alasan untuk tidak membersihkan badan setelah berolahraga. Karena setelah berolahraga, tubuh pasti akan mengeluarkan banyak keringat. Itulah mengapa mandi menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan tubuh kembali. Namun, sebaiknya tidak langsung mandi setelah tepat selesai olahraga. Tunggu dulu sekitar 30 menit setelahnya agar suhu tubuh Anda kembali normal. Mandi tidak hanya membuat tubuh Anda lebih bersih tetapi juga meningkatkan kualitas tidur Anda.

Pada prinsipnya, kedua waktu olahraga, yaitu pada pagi maupun sore hari sama-sama memiliki efek menyehatkan jika dilakukan secara konsisten untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, perlu diperhatikan juga kondisi tubuh sebelum melakukan olahraga agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: Cara Agar Tidak Malas Berolahraga

Jika Anda butuh saran dan diskusi lebih lanjut terkait pilihan waktu terbaik untuk berolahraga, Anda dapat berkonsultasi di Tanya Ahli. Dan pastikan Anda juga sudah terdaftar di Daya.id agar bisa mendapatkan informasi terkini seputar kesehatan dan juga dunia usaha.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

12 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS