Dirilis

25 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Memahami bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja di kantor harus dipahami setiap karyawan atau pekerja. Pasalnya, produktivitas yang dimiliki akan sangat menentukan hasil kerja kita. Produktivitas yang optimal dalam bekerja akan menghasilkan hasil kerja yang juga optimal, begitupun sebaliknya. Apabila sebagai karyawan atau pekerja kita memiliki produktivitas yang rendah, maka hasil kerja kita juga tidak akan maksimal. 

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Ampuh

Tidak hanya karyawan biasa yang mungkin membutuhkan tips cara meningkatkan produktivitas kerja ini, melainkan sebagai atasan atau pemimpin yang baik juga perlu memahami hal ini. Karena dengan produktivitas yang tinggi, bekerja di kantor jadi lebih efektif dan teratur. Serta mood saling support antara atasan dan karyawan semakin terjalin dekat. Nah, berikut beberapa tips dan cara untuk meningkatkan produktivitas kerja: 

1. Merencanakan Sesuatu Apa yang Ingin Anda Utamakan saat Bekerja

Bekerja memang akan ada banyak tugas, maka Anda bisa membuat suatu susunan jadwal pribadi. Namun, sebenarnya cara di sini ada 2 pendekatan tersendiri yang bisa Anda pilih, yang pertama adalah merencanakan suatu pekerjaan dikala weekend, misalnya ketika Minggu maka sore atau malam hari bisa Anda sibukkan sejenak.

Kemudian yang kedua, yakni Anda pun bisa berencana untuk mengerjakan pekerjaan sehari sebelumnya. Semua itu tergantung tipe selera Anda ya, karena ada beberapa orang yang lebih bersemangat jika sudah mendekati deadline, namun ada pula yang memiliki tipe tidak suka menunda pekerjaan.

2. Fokuskan untuk 3 Tugas yang Sekiranya Penting dan Mendesak

susun tugas penting untuk meningkatkan produktivitas kerja
Tumpukan pekerjaan yang menggunung, membuat Anda harus memilih 3 terlebih dahulu yang menjadi prioritas utama untuk dikerjakan. Apabila 3 yang tadi sudah selesai, maka silahkan pilih lagi sesuai kapasitas terpenting yang mendesak. Maka dengan cara meningkatkan produktivitas kerja yang satu ini, dijamin Anda akan terus aktif dan tertata saat di kantor.

3. Prediksi Waktu Pengerjaan yang Sanggup Anda Lakukan

Terkadang memang perkiraan ini tidak bisa sesuai dengan prediksi Anda yang tepat ya, hal tersebut juga karena dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti adanya gangguan kesehatan, masalah pribadi, atau bahkan masalah dalam diri kita sendiri. Namun, usahakan untuk bisa menepati itu semua, Anda bisa berlatih menentukan ini dengan berjalannya waktu dan pengalaman. Walaupun begitu, berlatihlah profesional dan selalu on time. Apabila Anda membutuhkan refreshing dan jeda, maka ambilah beberapa waktu luang.

4.    Singkirkan Gangguan yang Mendekat

abaikan gangguan untuk meningkatkan produktivitas kerja
Bisa diakui bahwa kadang kita tak bisa selalu cocok dengan lingkungan kerja, namun Anda bisa memilih untuk cuek dan menyingkirkan gangguan-gangguan itu, contohnya saja dengan cara memasang tulisan “Jangan Ganggu” atau “Jangan Berisik” di depan pintu Anda. Hal ini tidak masalah kok, karena itu juga merupakan hak pada masing-masing individu.

Adapun orang yang tak bisa bekerja dengan tenang, jika ada gangguan dari handphone. Maka silahkan matikan handphone, atau matikan saja koneksi yang terdapat dalam handphone dan laptop ketika Anda ingin fokus.

5.    Mengkaji Ulang Setiap Minggunya

Tips terakhir dalam meningkatkan produktivitas kerja yaitu, silahkan bandingkan ulang hasil kerja Anda yang telah selesai sekarang dengan target maksimal yang ingin dicapai. Dengan begitu maka pekerjaan pun bisa sesuai seperti yang Anda harapkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Mulai dari menyusun rencana kerja, menyusun tugas terpenting, memprediksi waktu kerja, menghiraukan gangguan yang muncul, dan melakukan penilaian kinerja setiap minggunya. Dengan produktivitas yang tinggi, hasil kerja juga bisa lebih optimal. 

Nah, apabila Anda adalah seorang karyawan dan butuh saran lebih lanjut, silakan bertanya kepada psikolog tepercaya di Tanya Ahli.
 
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

25 Januari 2021

Bagus sekali pembahasannya,thanks ya daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Wisnuwardhani, M.Psi.

Psikolog

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS