Dirilis

06 Agustus 2020

Menjadi seorang pemimpin di kantor atau perusahaan bukanlah hal yang mudah, karena kita harus mampu memimpin banyak orang sekaligus harus menghasilkan keputusan yang tepat dan adil. Lalu bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik di kantor? Tentunya dibutuhkan kerja keras dan usaha yang tepat untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan juga berwibawa.

5 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Menjadi seorang pemimpin tentu merupakan salah satu proses yang panjang bagi seseorang. Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh pemimpin tersebut untuk bisa menjadi contoh bagi bawahan, termasuk bagaimana cara agar pimpinan disayang oleh karyawan. Inilah 5 cara menjadi pemimpin yang berwibawa dan baik di mata bawahan: 

1. Harus Mampu Menjadi Role Model yang Baik

cara menjadi pemimpin yang baik di kantor
Seorang atasan tentu akan dipatuhi oleh bawahannya, baik peraturan atau perintahnya. Maka dari itu, Anda harus menjadi seorang pemimpin dengan role model yang baik dan bijaksana. Apapun yang Anda lakukan akan menjadi cerminan bagi bawahan Anda, sehingga Anda harus memberikan contoh yang baik bagi mereka. 

Misalnya jika Anda ingin memiliki tim yang disiplin dan selalu tepat waktu, maka Anda harus selalu datang ke kantor dengan tepat waktu. Sama halnya dengan cara berpakaian, jika Anda ingin mereka tampil rapi setiap bekerja maka Anda pun harus memiliki cara berpakaian yang baik. Mulailah segala sesuatunya dari diri sendiri, supaya Anda bisa lebih konsisten.

2. Jadikan Diri Anda Pemimpin, tapi Bukan Bos

Langkah kedua agar bisa menjadi seorang pemimpin yang baik adalah dengan memposisikan diri sebagai pemimpin. Anda bisa melihat bagaimana cara tim memperlakukan Anda untuk melihat apakah Anda seorang pemimpin di kantor atau seorang bos. Cara seorang pemimpin memberi perintah pada bawahan akan disertai dengan sikap keterbukaan, sikap rendah hati, dan mau menerima kritik dan saran apapun.

Berbeda dengan bos yang hanya memberikan perintah pada bawahan, biasanya hanya memberi perintah saja dan tidak mau tahu apa yang karyawan hadapi atau bagaimana kendala dalam pekerjaan tersebut. seorang bos juga tidak mau tahu akan tugas yang ia berikan, yang penting tugas itu selesai tepat waktu atau sesuai target. 

Sehingga sikap seorang pemimpin akan lebih disukai oleh bawahannya, karena pemimpin akan terlibat langsung pada pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawannya. Para karyawan juga akan memberi sikap hormat pada pemimpinnya.

3. Harus Pintar dan Mampu Mengelola Emosi

cara menjadi pemimpin yang baik dengan menciptakan role model yang tepat
Cara menjadi pemimpin yang baik lainnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memiliki sikap yang pintar mengelola emosi. Anda harus pandai mengontrol emosi Anda dalam menghadapi karyawan, jangan sampai emosi Anda berada di titik paling rendah tapi juga jangan menjadi seorang pemimpin yang emosional. 

4. Mengasah Keterampilan Pemimpin dengan Cara yang Konsisten

Dibutuhkan proses yang cukup panjang dalam menjadi seorang pemimpin yang ideal. Anda juga harus pintar menyesuaikan diri dengan gaya kepemimpinan dan kondisi yang ada di lapangan saat ini. Hal itu akan menjadi cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan Anda ketika sedang memimpin perusahaan. Sehingga Anda juga menjadi tahu bagaimana cara bersikap dalam menghadapi segala situasi yang terjadi saat itu.

Anda bisa mengasah keterampilan dengan bergabung program Sahabat Daya dari Daya.id. Karena disana Anda bisa berlatih dan menjadi relawan sekaligus untuk membantu pemberdayaan masyarakat.

5. Tidak Malu dan Harus Berani Mengakui Kesalahan

mengasah keterampilan sebagai cara menjadi pemimpin yang baik
Pemimpin yang baik bukanlah yang bebas dan sempurna dari kesalahan. Justru sebaliknya, jika Anda berani mengakui kesalahan yang Anda perbuat, justru hal itulah yang akan membuat Anda semakin disegani sebagai pemimpin. Pasalnya, itu menjadi tanda bahwa Anda sudah cukup berkomitmen dan bertanggung jawab atas segala hal yang Anda lakukan. 

Itulah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik di kantor dan memiliki wibawa yang disegani oleh para karyawan. Dengan mengetahui tips ini diharapkan Anda bisa memiliki bekal yang cukup untuk menjadi pemimpin yang baik.

Ingin tahu tips lainnya untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik? Anda bisa mendaftar di Daya.id untuk membaca informasi tanpa ada batasan setiap harinya. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.6

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS