Dirilis

12 Maret 2022

Penulis

Shaina Nabila

Memilih karyawan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan sangatlah penting untuk keberlanjutan organisasi Anda. Tetapi menemukan karyawan dengan keterampilan dan kualitas yang tepat seperti apa yang telah Anda uraikan dapat menjadi tantangan tersendiri.

Baca Juga: Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Tepat untuk Perusahaan 

 

Tips Untuk Menemukan Karyawan yang Baik


Nah, untuk membantu Anda, berikut ini tips untuk menemukan karyawan yang baik.

 

1.    Pahami resume atau curriculum vitae dengan cepat

Setiap hari, ribuan orang mengirim resume atau curriculum vitae untuk melamar pekerjaan, yang berarti setiap hari menghadirkan peluang baru untuk menemukan profesional berbakat yang cocok dengan perusahaan Anda.

Sisihkan waktu Anda untuk meninjau resume baru ini. Semakin cepat Anda mengetahui tentang pencari kerja yang memenuhi syarat, semakin cepat Anda dapat menjadwalkan wawancara dan memulai proses perekrutan.

Kemampuan untuk meninjau resume dengan cepat dan menyeluruh adalah komponen penting untuk menemukan karyawan yang paling cocok dengan daftar pekerjaan Anda. 

Untuk meningkatkan efisiensi, pertimbangkan untuk memindai dan meninjau setiap resume dalam 5 langkah utama ini:

 

a.    Tinjau surat lamaran 

Aspek ini adalah untuk mendapatkan informasi atau gambaran tentang pelamar seperti identitas, pendidikan, kepribadian pelamar dan apakah pengalaman mereka sebelumnya cocok untuk
perusahaan Anda.

 

b.    Lakukan scan resume

Carilah ejaan dan tata bahasa, serta kata kunci dan keterampilan khusus yang paling relevan dengan posisi yang Anda rekrut. Kemudian, lihatlah keterampilan dan kualifikasi. bandingkan daftar keterampilan pelamar dengan deskripsi pekerjaan.

 

c.    Lihat pekerjaan sebelumnya secara menyeluruh. 

Kemudian, yang Anda perlu lihat dari resume pelamar adalah penjelasan terperinci tentang pekerjaan sebelumnya, termasuk waktu senjang atau pengalaman kerja yang singkat.

 

d.    Tentukan apakah pelamar memenuhi syarat untuk tahap berikutnya. 

Pada tahap keputusan akhir ini, pastikan untuk menyimpan semua resume yang bagus. Bahkan jika mereka tidak cocok untuk satu pekerjaan, mereka bisa menjadi kandidat yang baik untuk posisi di masa depan.

 

2.    Lihat karyawan internal

Selain mencari kandidat yang memenuhi syarat di luar organisasi atau perusahaan Anda, pertimbangkan apakah ada karyawan saat ini yang mencari perubahan pekerjaan dan mungkin cocok. Anda tidak hanya sudah mengetahui kekuatan dan pengalaman orang ini, tetapi karena kandidat ini sudah mengetahui perusahaan, mereka mungkin tidak memerlukan pelatihan seperti karyawan baru.

Keuntungan lain dari mengisi pekerjaan dengan karyawan internal adalah mungkin mengurangi pergantian karyawan atau employee turnover. Mengurangi pergantian karyawan dapat membantu menarik bakat yang lebih baik karena calon karyawan biasanya lebih tertarik ke tempat kerja dengan pergantian karyawan yang rendah.

 

3.    Gunakan media sosial

Jaringan sosial memberikan peluang besar untuk menyebarkan berita tentang lowongan yang terbuka di perusahaan Anda. Jika Anda akan menggunakan saluran ini untuk membagikan informasi pekerjaan Anda, pastikan Anda bersedia menjawab pertanyaan dari pencari kerja yang tertarik.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar perekrutan calon karyawan lewat media sosial menjadi efektif : 

  1. Minta orang-orang untuk membagikan atau share informasi lowongan pekerjaan di jaringan mereka. Semakin banyak informasi yang tersebar mengenai lowongan pekerjaan, semakin luas kandidat yang berpotensi.
  2. Promosikan budaya perusahaan Anda. Sertakan foto dan video yang menggambarkan budaya perusahaan Anda untuk membantu membangkitkan semangat tentang peran dan perusahaan Anda.
  3. Cantumkan informasi kontak. Jangan lupa untuk menyertakan alamat email yang dapat dihubungi oleh pencari kerja.


 

4.    Pertimbangkan pencari kerja baru atau fresh graduates

Hanya karena seseorang tidak memiliki banyak pengalaman di bidang Anda, bukan berarti mereka tidak akan menjadi karyawan yang baik, terutama jika mereka memiliki soft skill dan ciri kepribadian yang Anda cari. urusanmu. Kecuali jika peran yang Anda rekrut secara khusus membutuhkan pengalaman industri, seperti posisi kepemimpinan. Sisanya, pertimbangkanlah kandidat yang baru lulus sekolah atau ingin melakukan perubahan karier. Jangan pernah meremehkan kekuatan individu yang termotivasi dan ingin belajar. Bagaimanapun, setiap orang harus memulai dari nol. 

 

5.    Tuliskan manfaat dan keuntungan perusahaan Anda

Gaji yang kompetitif, jam kerja yang fleksibel, cuti yang dibayar, peluang kerja remote atau secara jarak jauh, atau makanan gratis. Jika Anda menawarkan manfaat atau fasilitas yang sangat menarik, pastikan untuk menyiarkannya. Pencari kerja sangat tertarik dengan detail semacam ini, dan setiap ada keuntungan atau manfaat unik dapat membantu menarik orang-orang hebat dan membuat mereka lebih mungkin untuk melamar.

Pastikan untuk mencantumkan keuntungan Anda di website perusahaan Anda dan bagikan informasi ini di media sosial perusahaan Anda. Selain menarik bakat yang berkualitas, manfaat dan fasilitas membantu Anda mempertahankan karyawan. 

Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Human Resources dalam Menjaga Kesehatan Mental Karyawan



Jika Anda sedang kesulitan untuk mencari karyawan yang sesuai dengan perusahaan Anda, Anda tidak perlu khawatir. Anda tinggal mengikuti tips-tips di atas dan semoga Anda mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan perusahaan Anda.   

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS