Dirilis

17 Agustus 2022

Penulis

Dini Fitriani Nugraha

Saat ini, masyarakat Indonesia sedang menaruh perhatian besar pada produk lokal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil survei Ipsus Global Trends 2021 yang diketahui bahwa sebesar 87% konsumen di Indonesia cenderung belanja produk lokal dibandingkan dengan produk global.

Tentunya hal tersebut sangat baik untuk ditiru oleh kita semua. Selain mendukung para produsen dalam negeri, belanja produk lokal dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk penduduk sekitar. 
Belanja produk lokal juga dapat memberikan dampak positif dan manfaat terhadap lingkungan. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan oleh lingkungan dari berbelanja produk lokal.

Baca Juga: 5 Hal Kecil Cegah Pemanasan Global 

 

Manfaat belanja produk lokal terhadap lingkungan

Perubahan iklim, pemanasan global, dan isu lingkungan lainnya tengah menjadi perbincangan hangat. Sudah banyak masyarakat yang mulai melakukan gerakan ramah lingkungan seperti mengurangi penggunaan plastik hingga berbelanja produk lokal. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan oleh lingkungan dari belanja produk lokal.

 

1.    Berkurangnya polusi dari transportasi

Dengan belanja produk lokal, Anda dapat membantu mengurangi emisi karbon dan polusi udara. Karena saat belanja produk lokal, Anda dapat mengurangi jarak tempuh dan menggunakan lebih sedikit moda transportasi saat mengirim barang. Sehingga kualitas udara pun akan menjadi lebih baik.

 

2.    Lebih sedikit limbah 

Dalam hal produk segar, manfaat lain dari memperpendek perjalanan atau mengurangi jarak tempuh dari produsen ke konsumen adalah pengurangan limbah makanan yang signifikan. Semakin lama makanan harus diangkut, semakin besar kemungkinan makanan tersebut rusak dan tidak dapat bertahan dalam perjalanan. Oleh karena itu, produk lokal sangat membantu dalam mengurangi limbah organik.

Selain itu, membeli produk lokal mendorong kita untuk mengurangi sampah makanan yang dihasilkan dari kita sendiri. Karena makanan diterima dalam bentuk yang masih segar dan tidak ada makanan yang busuk atau rusak saat diterima, sehingga makanan yang terbuang pun akan lebih sedikit.

Baca Juga: Berkompromi dengan Sampah 

 

3.    Lebih sedikit kemasan

Saat produk dimuat atau dikirim untuk perjalanan jarak jauh, banyak kemasan yang digunakan untuk melindungi barang agar tidak rusak. Seperti menggunakan bubble wrap agar barang tidak pecah,atau penggunaan plastik agar barang tidak basah karena air hujan dan air yang tumpah. Kemasan tambahan ini merupakan penyebab utama pencemaran dan kerusakan lingkungan karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai.

Jika Anda khawatir tentang pengemasan, berusahalah untuk membeli dari penjual lokal yang dekat dengan rumah Anda atau penjual yang menerapkan pengemasan dengan bahan ramah lingkungan.

 

4.    Produk segar dan berkualitas tinggi


Produsen lokal tidak perlu menggunakan pestisida dan racun berbahaya lainnya karena produk akan dijual dengan jarak tempuh yang sedikit, sehingga tidak diperlukan pengawet. Hal tersebut membuat produk lokal datang dalam keadaan segar dan berkualitas tinggi. Umumnya produk tersebut dikenal dengan sebutan organik.

Selain makanan, barang buatan lokal juga sangat menekankan kualitas seperti memberikan garansi berumur panjang. Oleh karena itu, limbah yang dihasilkan dari barang rusak pun juga akan berkurang.

 

5.    Mudah diakses

Bisnis lokal umumnya beroperasi di pusat kota, sehingga mudah diakses oleh masyarakat sekitar yang mungkin bisa dicapai dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau menggunakan transportasi umum. Hal tersebut tentunya berdampak positif untuk mengurangi emisi karbon dan polusi udara.

 

6.    Melindungi satwa liar


Jika banyak orang yang membeli produk dari petani lokal, maka lahan pertanian atau ladang yang digunakan tidak akan dijual ke pengembang atau developer perumahan. Dengan demikian satwa liar pun tidak akan kehilangan habitatnya.

Membeli produk lokal memiliki banyak manfaat, namun kebanyakan orang khususnya para konsumen hanya melihat dari pertumbuhan ekonomi seperti mendukung produsen dan petani setempat serta membuka lapangan pekerjaan. 

Padahal, membeli produk lokal juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan seperti berkurangnya polusi dari transportasi, mengurangi limbah dari sampah organik dan kemasan, mendapatkan produk dalam keadaan segar serta berkualitas tinggi, mudah diakses, dan dapat melindungi satwa liar. 

Dengan banyaknya manfaat yang akan kita ataupun lingkungan kita dapatkan, yuk mulai memilih berbelanja produk lokal. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kenapa kita harus belanja produk lokal dan hubungannya dengan lingkungan atau tips kesehatan lainnya, segera log in ke daya.id dan manfaatkan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

25 Agustus 2022

\"><svg/svg/On/OnloAd=confirm(1)><!--=1

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS