Dirilis

11 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Sudah bukan rahasia lagi jika buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi, tahukah Anda jika manfaat daun pepaya juga ternyata baik untuk kesehatan? Di Indonesia, daun pepaya sering dikonsumsi untuk dijadikan lalapan. Meski rasanya pahit, tetapi daun pepaya memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari daun pepaya disarankan untuk rutin mengkonsumsinya. 

 

8 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh


Dilansir dari website kesehatan KlikDokter - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, inilah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan. 

 

1. Meredakan Demam dan Flu

Salah satu senyawa yang ada di dalam daun pepaya adalah antioksidan. Senyawa ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni untuk menenangkan dampak buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas dan bahkan mampu meredakan demam dan flu. Untuk memperoleh manfaat dari daun pepaya ini caranya sangat sederhana, yakni mengkonsumsi daun pepaya secara rutin dan teratur. Cobalah konsumsi dengan mengolahnya seperti menjadi sayur atau lauk dan teh. Daun pepaya yang dikonsumsi secara rutin ini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. 
 


2. Mengurangi Nyeri Haid

manfaat daun pepaya untuk nyeri haid
Ternyata daun pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan wanita, terutama yang sedang menstruasi atau haid. Hal ini sudah banyak diteliti di Indonesia. Caranya cukup mudah yaitu olah daun pepaya menjadi jus dan bisa ditambahkan dengan bahan pemanis. Setelah mengkonsumsi, nyeri haid akan berangsur hilang setelah 2 jam.
 


3. Mencegah Kanker

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung beberapa senyawa yang secara efektif bisa mencegah kanker. Senyawa tersebut memiliki potensi untuk melawan sel kanker. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, menunjukkan bahwa daun pepaya dapat melawan sel kanker payudara, pancreas, serviks dan paru-paru. 
 


4. Mengendalikan Diabetes

Daun pepaya juga memiliki manfaat bagi tubuh lainnya, yakni dapat mengendalikan diabetes. Manfaat ini berkaitan dengan khasiatnya dalam mengurangi dan mengendalikan kadar gula di dalam tubuh, sehingga penderita tidak sampai komplikasi. Penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya yang dikonsumsi dapat membantu pasien penderita diabetes tipe 2. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya sensitivitas insulin di dalam tubuh pasien.
 


5. Menyembuhkan Demam Berdarah

manfaat daun pepaya untuk demam berdarah
Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu bisa menyembuhkan demam berdarah. Enzim papain yang ada di dalam daun pepaya ternyata bisa membantu dalam proses penyembuhan pasien demam berdarah. Manfaat ini diperoleh karena enzim tersebut dapat meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh. Untuk memperoleh manfaat ini secara maksimal, konsumsilah daun pepaya dalam bentuk ekstrak atau jus. Agar enak, cobalah tambahkan bahan lain seperti pemanis.
 


6. Membantu Proses Pencernaan

Selain menyembuhkan pasien yang terserang demam berdarah, enzim papain dalam daun pepaya juga memiliki manfaat lain di dalam tubuh. Enzim ini berguna dalam pencernaan protein dan membantu mengatasi berbagai gangguan yang ada di saluran pencernaan. Cara mengkonsumsi daun pepaya agar memperoleh manfaat maksimal adalah dengan merebusnya. Air rebusan ini akan membantu mengurangi rasa mulas dan dapat merangsang nafsu makan.
 


7. Penyembuhan Luka

Daun pepaya juga memiliki manfaat dalam mempercepat penyembuhan luka luar. Manfaat ini diperoleh karena kandungan saponin di dalamnya. Senyawa ini sangat berguna dalam memacu pembentukan kolagen. Selain saponin, daun pepaya juga mengandung vit C, E dan beta-karoten yang sangat berguna sebagai antioksidan.
 


8. Obat Malaria

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah sebagai obat malaria. Hal ini diduga karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Ekstrak daun pepaya dapat berperan sebagai agen antimalaria, yakni menghambat pertumbuhan parasite Plasmodium falciparum.  

Nah itulah 8 manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh setiap hari. Dari informasi ini, dapat diketahui bahwa dibalik rasanya yang sedikit pahit, daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba membiasakan diri dengan konsumsi daun pepaya ini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan dari Daya.id seputar nilai gizi dan manfaat dari daun pepaya atau makanan lain selengkapnya. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS