Dirilis

08 Desember 2020

Penulis

Oky Setiarso

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang digemari banyak sekali masyarakat Indonesia. Selain itu, manfaat singkong juga terbilang baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya, olahan singkong dijadikan makanan khas suatu daerah, seperti contohnya peuyeum atau tape singkong khas Bandung, colenak atau tape singkong yang dicocol pada campuran gula merah dan kelapa, keripik singkong yang merupakan camilan di banyak daerah, dan berbagai olahan lainnya.

Selain diolah menjadi berbagai cemilan atau makanan ringan, singkong juga bisa dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat yang ternyata banyak dikonsumsi warga di negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia, Amerika Selatan, Afrika, dan beberapa Negara di Asia lainnya. Itu berarti, singkong bisa dijadikan alternatif makanan pengganti karbohidrat.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, singkong memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Mengobati Rematik dan Menurunkan Demam

Manfaat singkong untuk mengobati rematik bisa dari dalam maupun luar tubuh. Bisa menggunakan daun singkong untuk bagian luar, maupun rebusan batang singkong yang dicampur jahe untuk diminum. Singkong juga dipercaya dapat menurunkan demam dengan cara meminum air rebusannya secara rutin.

2. Mengobati Luka dan Diare

Ternyata luka atau infeksi yang kita alami, bisa disembuhkan dengan singkong atau ubi kayu ini dengan cara meletakkan tumbukannya di atas singkong tersebut. Selain itu, singkong juga bisa membantu kita untuk menyembuhkan penyakit pada pencernaan atau diare dengan cara meminum air rebusan daun singkong.

3. Meningkatkan Stamina dan Menyembuhkan Beri-beri

Stamina kita bisa meningkat dengan cara mengkonsumsi campuran singkong, angco, air dan madu. Penyakit beri-beri atau masalah kesehatan yang bisa dialami karena kekurangan vitamin B-1 bisa disembuhkan oleh singkong. Mengkonsumsi daun singkong dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ini.

4. Menyembuhkan Sakit Kepala

Ada cara lain untuk menyembuhkan sakit kepala selain dengan meminum obat, yaitu dengan menumbuk daun singkong dan mengkompreskannya di atas kepala.

Selain itu, dikutip dari laman website kesehatan Healthline, manfaat singkong lainnya adalah:

1. Merupakan Karbohidrat Kompleks

Singkong merupakan makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat mengendalikan gula darah sehingga mampu mengurangi resiko penyakit diabetes, meski penelitian akan hal ini harus dilakukan lebih lanjut.

2. Mempunyai Kandungan Antioksidan yang Baik Bagi Tubuh

Kandungan vitamin C, vitamin A dan betakaroten di dalamnya mampu menjadi antioksidan dan melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.

Kandungan Singkong

Dikutip dari laman www.verywellfit.com, singkong memiliki kandungan sebagai berikut:

  1. Calories: 165
  2. Fat: 0.3g
  3. Sodium: 14.4mg
  4. Carbohydrates: 39g
  5. Fiber: 1.9g
  6. Sugars: 1.8g
  7. Protein: 1.4g

Fakta yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Mengkonsumsi Singkong

Dikutip dari website kesehatan Healthline, ada beberapa hal yang perlu kita pahami sebelum mengkonsumsi singkong, yaitu:

  1. Singkong mengandung zat yang bernama glikosida sianogen dan mampu melepaskan sianida dalam tubuh sehingga cara mengolahnya harus benar.
  2. Mengkonsumsi singkong yang terlalu banyak saat hamil juga dianggap kurang baik, karena bisa mengakibatkan bayi mengalami kelainan tiroid.
  3. Mengkonsumsi singkong juga dapat menurunkan tiroid, sehingga tidak disarankan dikonsumsi oleh seseorang yang sedang terapi hormone tiroid.
  4. Mengkonsumsi singkong yang terlalu banyak dianggap dapat menyebabkan tubuh kekurangan yodium.

Lalu bagaimana cara mengolah singkong yang benar?

  1. Kupas kulitnya kemudian rendam batangnya yang berwarna putih dalam air bersih selama 48-60 jam.
  2. Masak singkong hingga matang sempurna. Bisa digoreng, direbus atau dikukus sekitar 25 menit.
  3. Berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk jumlah aman dalam mengkonsumsi singkong.

Singkong merupakan makanan yang enak dengan nutrisi yang cukup banyak. Mengenyangkan, juga menyehatkan. Tidak heran jika salah satu jenis umbi ini sangat populer untuk dikonsumsi. Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan manfaat atau nutrisi bahan makanan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah.

Sumber:

Diolah dari  berbagai sumber 

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS