Dirilis

27 Januari 2021

Penulis

Yurissa

Masalah utama yang berkaitan dengan gizi balita dan anak-anak di Indonesia, biasanya terfokus pada masalah kekurangan protein, kekurangan vitamin, gangguan kekurangan yodium, dan sebagainya. Itulah sebabnya banyak masalah pada gizi balita di Indonesia, yang dikenal dengan masalah gizi ganda. Kekurangan atau justru kelebihan gizi yang menjadi masalah utama bagi gizi anak balita.

Untuk menciptakan SDM yang sehat, produktif serta cerdas maka masalah gizi pada anak-anak ini harus segera diatasi. Dalam meningkatkan SDM yang berkualitas di Indonesia, harus dimulai dari penanganan pertumbuhan anak, yaitu dengan cara memberi asupan gizi serta perawatan yang lebih baik. Lingkungan yang sehat juga akan menghindari serangan penyakit menular pada anak-anak. 

Cara Meningkatkan Gizi Balita dari Usia 1-5 Tahun

 meningkatkan gizi balita

Dilansir dari Feeding & Nutrition Tips, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam meningkatkan gizi untuk anak balita usia 1-5 tahun. Pada saat memberikan makanan pada balita perhatikan jenis makanannya, jangan sampai Anda memberi makanan yang membuat si kecil tersedak. Jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada anak balita tanpa pengawasan yaitu:
  1. Makanan licin seperti misalnya sosis, buah anggur, bakso, permen.
  2. Makanan yang ukurannya kecil seperti misalnya keripik, kacang, popcorn.
  3. Makanan lengket seperti misalnya selai dan marshmallow.

Ketika Anda memberikan makanan pada anak balita sebaiknya buat makanan itu menjadi potongan kecil. Agar makanannya mudah dikunyah dan tidak membuatnya tersedak. Perhatikan juga apakah ia mengalami alergi pada suatu jenis makanan. Berikut ini terdapat panduan dalam menentukan menu makan sehat untuk balita dengan gizi seimbang:

1. Makan Pagi

Dibutuhkan karbohidrat sekitar 6 kali dalam sehari untuk anak usia 4-5 tahun. Sebaiknya beri anak makan sedikit-sedikit tapi sering. Pilihan menunya yaitu:
  • Empat lembar daun selada
  • Dua lembar roti gandum
  • Segelas susu putih
  • Tiga iris tomat
  • Selembar daging asap rebus

2. Selingan

  • Dua buah potong pepaya ukuran besar

3. Makan Siang

  • Sepiring nasi putih
  • Sepotong tahu
  • Semangkuk sayur bening sedang
  • Sepotong dada ayam panggang tapi tidak pakai kulit.

4. Selingan

  • Buah-buahan

5. Makan Malam

  • Sepiring nasi putih
  • Sepotong tempe
  • Semangkuk tumis sawi hijau
  • Sepotong sup ikan patin

Panduan dan Menu Makan Balita Usia 1-3 Tahun

cara untuk meningkatkan gizi balita
Menu makanannya bisa disesuaikan dengan menu makan orang dewasa yang ada di rumah. Namun tetap pilih menu yang mengandung gizi yang seimbang. Berikut ini asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak balita usia 1-3 tahun:

1.  Karbohidrat

Menurut sumber dari Kids Health, karbohidrat alami terdapat pada jenis-jenis makanan yang mengandung gula putih, permen, buah, madu hingga susu. Sedangkan karbohidrat yang harus dikonsumsi anak-anak adalah singkong, umbi-umbian, gandum, pasta, jagung dan sebagainya.
 

2.  Protein

Penuhi kebutuhan protein si kecil dengan memberinya makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, telur, makanan laut, ayam dan sebagainya.
 

3.  Lemak

Direkomendasikan oleh American Heart Association, anak balita usia 2-3 tahun harus mengkonsumsi makanan dengan jumlah lemak total yaitu 30-35% dari jumlah kalorinya. Jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh diantaranya yaitu ikan dan kacang-kacangan.

 
Itulah beberapa cara meningkatkan gizi balita yang bisa dilakukan oleh para orang tua. Kesimpulannya adalah pada saat memberikan makanan pada balita perhatikan jenis makanannya, jangan sampai Anda memberi makanan yang membuat si kecil tersedak dan berikan makanan yang memang bisa ia serap dengan baik. Dengan begitu, penyerapan gizi pada balita bisa lebih maksimal. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi perihal menyusun menu makanan dengan gizi seimbang untuk si kecil. 

Untuk informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS