Dirilis

31 Desember 2020

Salah satu jenis jeruk yang memiliki banyak manfaat dan sering digunakan untuk berbagai kebutuhan adalah jeruk nipis. Salah satu manfaat jeruk nipis ini adalah dapat membuang racun di dalam tubuh. Kebanyakan orang mengira bahwa jeruk nipis dan jeruk lemon itu sama, padahal sebenarnya keduanya merupakan dua jenis jeruk yang berbeda. 

Manfaat Jeruk Nipis Baik untuk Kecantikan Maupun Kesehatan

Mari simak apa saja manfaat dari jeruk nipis yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan, yang dilansir dari website kesehatan Medical News Today:

1. Meremajakan Kulit

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Manfaat pertama dari jeruk nipis adalah untuk kecantikan. Walaupun banyak produk perawatan wajah yang bagus untuk kulit, tetapi bahan alami tetap menjadi rekomendasi terbaik. Jeruk nipis juga mampu meremajakan kulit sehingga bisa mengurangi penuaan dini. Karena jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang fungsinya juga bisa menghidrasi kulit. Namun, jangan mengaplikasikan langsung jeruk nipis pada wajah karena kulit wajah bisa menjadi sensitif. 

2. Melancarkan Pencernaan

Sifat asam pada air jeruk nipis bisa membantu air liur di dalam mulut memecah makanan. Selain itu, jeruk nipis ini juga mampu merangsang pengeluaran enzim pencernaan karena di dalamnya terkandung flavonoid. Sifat asam pada jeruk nipis ini bisa merangsang pergerakan usus yang bisa mengatasi masalah sembelit. Sehingga sampah makanan yang menumpuk di usus terdorong dengan mudah. Asupan air pada air jeruk nipis juga dapat membuat lancar BAB.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis juga bisa menguatkan imun tubuh, sehingga mampu melawan segala jenis penyakit seperti misalnya pilek atau flu. Manfaat lain dari jeruk nipis ini adalah meningkatkan produksi pada sel sehat dalam membunuh mikroba yang menyebabkan suatu penyakit. 

Untuk itu, lama waktu sakit pada seseorang akan menjadi lebih sebentar. Segala jenis buah jeruk seperti misalnya jeruk nipis ini sangat direkomendasikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

4. Menurunkan Berat Badan

Air perasan jeruk nipis juga mampu membantu proses penurunan berat badan. Kandungan asam nitrat di dalam jeruk inilah yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga penyimpanan lemak menjadi sedikit dan pembakaran kalori menjadi lebih banyak. Tidak heran jika jeruk nipis sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet. 

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi jeruk nipis ini karena kandungan vitamin C di dalamnya bisa membuat kadar gula dalam darah menjadi tetap normal. Dengan kadar gula yang rendah pada jeruk nipis, penyerapan gula dalam darahnya juga menjadi lebih berkurang.

Itulah sederet manfaat jeruk nipis yang baik untuk segala kegiatan sehari-hari, terutama dalam hal kecantikan dan kesehatan. Diharapkan dengan mengetahui informasi ini, Anda menjadi lebih tahu tentang manfaat dari jeruk nipis untuk bidang kesehatan dan kecantikan. Namun, untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi sebelum mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin. Sehingga konsumsi jeruk nipis bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. 

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan penyakit lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS