Dirilis

13 Desember 2020

Penulis

Tim penulis Daya

Kandungan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh biasanya berasal dari beberapa makanan sehat. Termasuk jenis makanan tinggi protein yang wajib Anda konsumsi setiap harinya. Kandungan protein adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk pertumbuhan, dan banyak manfaatnya. Manfaat kandungan gizi tersebut juga bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot.

Kandungan protein yang diperlukan manusia dengan rentang usia antara 17 sampai 60 tahun setiap harinya adalah 56-59 gr bagi perempuan, dan sekitar 62-66 gr bagi pria. Kandungan protein ini bisa Anda peroleh dari jenis makanan sehat dengan kandungan gizi lainnya yang juga tinggi. Jenis makanan yang berprotein tinggi ini harus Anda konsumsi setiap hari.

Berbagai Jenis-jenis Makanan Tinggi Protein


Dilansir dari website kesehatan Healthline, inilah berbagai jenis makanan dengan kandungan protein yang tinggi dan harus Anda konsumsi setiap harinya:
 

1. Telur

Sumber makanan tinggi protein yang pertama adalah telur. Makanan yang satu ini sudah dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein. Makanan sehat ini bukan hanya mengandung protein saja tapi juga mengandung mineral, antioksidan, vitamin, dan juga lemak sehat. Fungsinya adalah bagus untuk nutrisi otak dan melindungi mata. Jika Anda tidak mau makanan yang terlalu banyak lemak maka Anda bisa konsumsi putih telurnya saja. Di dalam satu butir telur ini mengandung 6 gr protein dan 78 kal.

 

2. Kacang Almond

Jenis kacang yang populer karena rasanya yang enak dan kandungan nutrisinya adalah kacang almond. Kacang ini mengandung vitamin E, magnesium, serat dan juga mangan. Kandungan protein yang ada pada kacang almond adalah 6 gr per 1 ons.

 

3. Dada Ayam


Bagian dada ayam merupakan bagian yang mudah dimasak. Selama Anda mampu memasaknya dengan cara yang benar dan tepat. Kandungan protein yang terdapat pada dada ayam adalah sekitar 53 gr dengan 284 kal.

 

4. Gandum


Jenis makanan sehat yang mengandung banyak serat yang sehat, vitamin B1, mangan dan jenis nutrisi lainnya adalah gandum. Jumlah protein yang terkandung di dalam gandum adalah sekitar 13 gr dengan 303 kal.

 

5. Keju Cottage

Jenis keju yang termasuk rendah lemak dan juga kalori adalah keju cottage. Kandungan zat yang bagus untuk tubuh yang ada di dalam keju ini diantaranya yaitu vitamin B12, kalsium, vitamin B2, fosfor, selenium dan jenis nutrisi lainnya. Di dalam secangkir keju cottage ini terdapat 2% lemak dan 194 kal serta 27 gr protein.

 

6. Olahan Susu Yoghurt


Minuman yang gizinya tinggi dan disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa adalah susu. Susu juga mengandung nutrisi tunggal yang diperlukan oleh tubuh dan mengandung vitamin B2, kalsium dan juga fosfor. Satu cangkir atau gelas susu mengandung 1% lemak dan 8 gr protein serta 103 kal. Susu yang difermentasikan akan berubah menjadi yoghurt. Makanan yang satu ini juga mengandung banyak protein. Dengan kandungan 100 kal, dan 17 gr protein di dalam 170 gr yoghurt.

Itulah berbagai sumber makanan tinggi protein yang bisa Anda konsumsi secara bergantian setiap harinya. Selain memiliki banyak gizi dan nutrisi, sumber makanan yang tinggi protein ini juga sangat mudah untuk ditemukan. Untuk informasi seputar nilai gizi dan kebutuhan gizi harian, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kebutuhan gizi harian Anda.
Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan nutrisi dari berbagai bahan makanan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Dioalh dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS